Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

shutterstock-523619266_84a3nJxa3y

5 Keluhan di Trimester Akhir Kehamilan dan Cara Mengatasinya

Yuk, simak ragam keluhan ibu hamil trimester ketiga serta cara menyiasatinya, Mum!

Memasuki trimester akhir kehamilan, tentu ada banyak hal yang perlu Mum siapkan untuk menyambut kelahiran calon buah hati. Sayangnya, di momen penting seperti ini, beragam keluhan yang berpotensi membuat Mum merasa tak nyaman justru datang secara bersamaan. Mulai dari susah tidur, sering ingin buang air kecil, mudah pegal, kaki bengkak, keputihan, pusing, sampai kelelahan. Meski begitu, Mum tak perlu khawatir. Asal tahu triknya, beragam keluhan ibu hamil trimester 3 tadi bisa disiasati. Penasaran bagaimana caranya? Simak info selengkapnya di bawah ini, Mum!

Aktivitas yang bisa dilakukan

1.Keinginan Buang Air Kecil Meningkat

Seiring membesarnya rahim, ruang untuk kandung kemih di tubuh pun kian mengecil. Ini sebabnya, frekuensi buang air kecil Mum meningkat. Minum air dalam jumlah sedikit saja sudah cukup memicu Mum buang air, lho. Selain itu, urin juga bisa keluar saat Mum tertawa, batuk, maupun bersin. Inilah yang menjadi keluhan para ibu hamil di trimester 3.

Supaya keluhan ini tak terlalu mengganggu, Mum bisa menyiasatinya dengan melakukan beberapa hal berikut.

  • Pastikan Mum selalu buang air kecil terlebih dulu sebelum bepergian, terutama bila bepergian ke tempat yang jauh.
  • Kenakan panty liners agar cairan urin tak langsung membasahi celana Mum.
  • Usahakan latihan kegel secara teratur (1-2 kali per minggu) agar otot tubuh bagian bawah lebih terlatih, sehingga memudahkan kontrol buang air kecil.

2.Kaki Bengkak

shutterstock-621228704_LXbyTanFJi

Keluhan ibu hamil di trimester 3 berikutnya yang juga umum terjadi ialah kaki bengkak, Mum. Pembengkakan yang cukup mengganggu ini biasanya terjadi karena kelebihan cairan pada tubuh serta meningkatnya kadar hormon estrogen. Mengingat pembengkakan ini tak mengganggu penampilan dan menyulitkan untuk bergerak, Mum perlu menyiasati kondisi ini. Beberapa caranya yaitu:

  • Lakukan olahraga ringan seperti berenang maupun berjalan kaki secara rutin. Hal ini akan membantu melancarkan peredaran darah pada tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan terjadi
  • Ganjal kaki dengan bantal, baik saat duduk maupun tidur. Dengan begini, sirkulasi darah lebih lancar dan tidak terjadi penumpukan cairan di area pergelangan kaki.
  • Usahakan untuk tidak duduk dan berdiri dalam waktu yang lama.
  • Kurangi asupan garam, karena garam mengikat cairan di tubuh sehingga berpotensi menyebabkan pembengkakan.

3.Keputihan

Membahas seputar kehamilan trimester ketiga, biasanya tak lepas dari masalah keputihan. Ya, keputihan termasuk masalah yang umum terjadi saat hari perkiraan lahir kian dekat. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh perubahan kadar hormon tubuh.

Seiring meningkatnya kadar hormon tubuh, organ vagina memproduksi cairan berwarna putih yang encer dan tidak berbau, yang dalam dunia medis disebut cairan lokore. Selama cairan lokore ini tidak bertambah banyak, mengeluarkan bau, berubah warna, dan mengakibatkan gatal atau iritasi, keputihan yang Mum alami terbilang normal.

Beberapa hal yang bisa dilakukan agar keputihan ini tidak makin parah dan mengganggu aktivitas Mum di antaranya:

  • Jaga agar vagina senantiasa bersih dan tidak terlalu lembap.
  • Hindari menggunakan pakaian dalam yang ketat.
  • Ganti pakaian dalam sesering mungkin agar tidak basah maupun lembap.

Pilih pakaian dalam berbahan katun sehingga mudah menyerap keringat

4.Sulit Tidur Nyenyak

Dengan ukuran perut yang kian membesar, Mum kian sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Bila dibiarkan, hal ini tentu membuat Mum tidak bisa tidur nyenyak. Padahal, istirahat yang cukup adalah salah satu cara menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Mum selama menjalani kehamilan. Oleh sebab itu, siasati dengan beberapa cara ini agar Mum bisa tetap tidur nyenyak di trimester 3 kehamilan:

  • Gunakan bantal khusus ibu hamil. Mum juga bisa menggunakan beberapa bantal kecil biasa untuk menopang area-area tertentu seperti leher, pinggang, punggung, dan kaki.
  • Tidurlah dengan posisi menyamping, dengan kaki agak ditekuk di bagian lutut.

Konsumsi camilan berkarbohidrat seperti roti, buah, dan crackers sebelum tidur. Camilan ini membantu memperlancar pelepasan hormon serotonin yang berfungsi membantu tubuh lebih rileks, sehingga Mum lebih cepat tertidur.

5.Pusing Dan Kelelahan

shutterstock-567024502_bUTwknl1X0

Pusing dan kelelahan menjadi keluhan terakhir yang biasa dialami ibu hamil di trimester ketiga. Meski terbilang ringan dibanding keluhan-keluhan sebelumnya, pusing dan kelelahan jelas tak kalah mengganggu, Mum. Kondisi ini membuat Mum malas beraktivitas dan cenderung ingin terus beristirahat. Padahal, makin dekat hari kelahiran si buah hati, sebaiknya Mum semakin rutin berolahraga agar proses persalinan kelak bisa berlangsung lancar.

Oleh sebab itu, bila Mum mengalami pusing dan kelelahan di trimester 3 kehamilan, coba lakukan hal-hal berikut untuk meringankannya:

  • Cobalah lebih santai dan hindari stres.
  • Jaga pola makan sehat.
  • Perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.
  • Olahraga ringan secara teratur setiap pagi.
  • Sempatkan diri untuk tidur siang di sela-sela aktivitas.

Nah, itulah lima keluhan ibu hamil trimester 3 yang paling umum terjadi, Mum. Semoga info ini bisa membantu Mum menyiasati keluhan-keluhan yang muncul, sehingga kehamilan yang dijalani terasa lebih mudah, ya.

O iya, di samping mengatasi keluhan di masa kehamilan, ingat untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi harian untuk Mum dan calon buah hati, ya. Misalnya, rutin mengonsumsi susu ibu hamil kaya nutrisi seperti FrisoMum Gold.

Dengan kandungan Asam Folat, ALA, LA, Nukleotida, Kalsium, dan Zat Besi, FrisoMum Gold tak hanya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Mum selama hamil dan menyusui, tetapi juga membantu mengoptimalkan perkembangan janin dengan memperkuat dan melindungi tubuhnya dari dalam.