Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

5 Tips Jitu Agar Persalinan Normal Berjalan Lancar

5 Tips Jitu Agar Persalinan Normal Berjalan Lancar

Persalinan normal merupakan istilah bagi para Mums yang melahirkan melalui vagina. Ini menjadi proses yang akan dijalani Mums ketika janin dalam kandungan sudah siap untuk dilahirkan. Proses melahirkan tersebut tentu menjadi momen yang mendebarkan sekaligus sangat ditunggu oleh Mums.

Usia kehamilan yang tepat untuk melahirkan umumnya antara minggu ke-37 hingga ke-42. Proses persalinan akan dimulai dengan kontraksi otot rahim, pembukaan leher rahim (serviks), dan dibantu dengan dorongan dari otot panggul Mums, sehingga si Kecil dapat keluar melalui vagina. Persalinan normal ini akan berjalan semakin mudah jika Mums telah melakukan persiapan yang matang.

Artikel ini akan membahas berbagai persiapan yang bisa Mums lakukan agar bisa menjalani persalinan normal. Pelajari berbagai tips dalam artikel ini untuk kelancaran persalinan. Walaupun tidak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin untuk bisa melahirkan normal tanpa hambatan ya, Mums. Langsung saja, simak info lengkapnya di bawah ini.

Lakukan Pertimbangan untuk Persalinan Normal

5 Tips Jitu Agar Persalinan Normal Berjalan Lancar

Sebelum memutuskan untuk menjalani persalinan normal, sebaiknya Mums melakukan pertimbangan yang matang. Langkah pertama yang bisa Mums lakukan adalah memastikan kehamilan dalam kondisi sehat dan tidak mengalami kelainan. Kondisi kesehatan Mums dan si Kecil harus menjadi pertimbangan utama saat memilih persalinan normal. Mums bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan lebih lanjut.

Pahami risiko yang mungkin terjadi saat menjalani persalinan normal. Persalinan memanjang (tidak maju), tali pusat menumbung (prolaps), dan si Kecil terlilit tali pusat adalah risiko yang mungkin terjadi saat melahirkan normal. Untuk meminimalkan risiko tersebut, Mums harus memahami kondisi yang tepat saat membutuhkan tindakan medis. Berbagai pertimbangan ini perlu Mums lakukan agar persalinan normal dapat berjalan sesuai yang telah direncanakan.

Lakukan Persiapan Fisik dan Mental

Jelang proses melahirkan, Mums bisa melakukan berbagai persiapan fisik dan mental untuk mendukung kelancaran persalinan. Ikuti kelas persalinan dan lakukan aktivitas fisik yang bisa mengurangi rasa sakit pada saat melahirkan normal. Mulailah melatih pernapasan agar Mums bisa lebih rileks saat melahirkan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk tetap berpikir positif agar kesehatan mental tetap terjaga. Lupakan cerita-cerita tentang pengalaman teman atau keluarga saat mereka melahirkan. Mums harus memiliki keyakinan yang kuat bisa melewati persalinan dengan baik. Pada prinsipnya, melahirkan tidak hanya membutuhkan fisik yang prima, namun juga mental yang kuat. Maka, mulai lakukan persiapkan kedua hal tersebut dari sekarang ya, Mums.

Baca Juga: Yoga Sederhana untuk Atasi Kram Saat Hamil

Menentukan Tempat Kelahiran si Kecil

5 Tips Jitu Agar Persalinan Normal Berjalan Lancar

Tips persalinan normal selanjutnya adalah memilih rumah sakit atau klinik bersalin. Pastikan tempat yang Mums pilih memiliki tenaga medis yang cukup terlatih dan peralatan medis yang lengkap. Fasilitas yang tersedia pun harus memiliki tempat tidur yang memadai untuk Mums dan si Kecil. Cari lokasi terdekat dari tempat tinggal yang siap mendukung Mums untuk melahirkan secara normal. Dengan menentukan lokasi kelahiran berdasarkan pertimbangan tersebut, risiko darurat yang mungkin saja terjadi saat proses melahirkan dapat cepat tertangani.

Istirahat yang Cukup

Waktu istirahat yang cukup terbukti efektif untuk memperlancar persalinan. Hal ini dikarenakan istirahat yang cukup membuat kesehatan fisik dan mental Mums tetap terjaga. Mums harus memiliki waktu istirahat kurang lebih 7 jam setiap hari untuk persiapan persalinan yang lebih cepat dan lebih lancar. Selain itu, Mums sebaiknya memiliki lingkungan tidur yang nyaman seperti kondisi ruangan hangat dan tempat tidur yang lembut. Lingkungan tersebut akan membuat Mums semakin rileks, sehingga waktu istirahat bisa lebih optimal.

Konsumsi Gizi Seimbang

5 Tips Jitu Agar Persalinan Normal Berjalan Lancar

Asupan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral harus tetap Mums dapatkan selama kehamilan. Bahkan, asupan vitamin seperti Vitamin A, B, C, dan E perlu ditambah untuk menjaga keseimbangan hormon pada tahap akhir kehamilan. Selain itu, Vitamin K juga perlu Mums konsumsi untuk mengurangi kemungkinan pendarahan setelah melahirkan normal. Semua gizi yang Mums perlukan tersebut bisa diperoleh dari makanan bernutrisi seperti buah dan sayuran. Rutinlah mengonsumsi makanan bernutrisi agar proses persalinan dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

Pada dasarnya, melahirkan normal acapkali menjadi keinginan Mums karena proses penyembuhannya yang relatif cepat. Namun demikian, Mums tetap membutuhkan berbagai persiapan agar proses persalinan berlangsung dengan mudah. Untuk menunjang seluruh persiapan, Mums bisa mengonsumsi susu ibu hamil supaya lebih kuat dan siap menghadapi proses persalinan. Frisomum Gold Dualcare+ diperkaya dengan Asam Folat, ALA, LA, Nukleotida, Kalsium, dan Zat Besi yang baik untuk melindungi Mums dan si Kecil dari dalam. Baiknya lagi, Frisomum Gold Dualcare+ diproduksi dengan Single Process, sehingga kualitas nutrisi di dalam susu tetap terjaga. Jadi, Mums bisa menikmati manfaat nutrisi susu ibu hamil ini secara optimal hingga proses kelahiran si Kecil.