Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

6 Sumber Makanan yang Bisa Memperlancar Proses Kehamilan

6 Sumber Makanan yang Bisa Memperlancar Proses Kehamilan

Apakah Mums ingin memperlancar proses kehamilan sesuai dengan program hamil yang Mums lakukan bersama pasangan? Jika iya, sebaiknya Mums mengetahui cara-cara untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satu cara yang terbukti efektif adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat dan protein. Sumber makanan yang kaya akan asam folat dan protein dapat memicu produktivitas hormon estrogen di dalam tubuh. Hormon estrogen ini akan berperan penting dalam memperlancar proses kehamilan.

Selain makanan yang kaya akan kandungan tersebut, Mums juga harus menjaga kecukupan Zat Besi dan Zinc agar masa kehamilan dan tumbuh kembang janin dapat berlangsung lebih optimal. Lantas, apa saja sumber makanan yang dapat mendukung kelancaran selama proses kehamilan? Simak informasi lengkapnya di bawah ini ya, Mums!

Sayuran Berdaun Hijau

6 Sumber Makanan yang Bisa Memperlancar Proses Kehamilan

Penelitian membuktikan sayuran berdaun hijau seperti bayam, arugula, brokoli kaya akan asam folat, Vitamin B, dan Zat Besi yang baik untuk kehamilan. Pasalnya, nutrisi tersebut dapat membantu pengembangan lapisan endometrium (lapisan dalam rahim) menjadi lebih kuat. Selain itu, Zat Besi yang terkandung dalam sayuran berdaun hijau dapat membantu proses pembentukan janin di dalam rahim.

Tak hanya bisa dikonsumsi oleh Mums, sayuran berdaun hijau juga baik dikonsumsi oleh pasangan. Kandungan asam folat dari sayuran berdaun hijau dapat membuat kualitas sperma pasangan menjadi lebih sehat, sehingga mengurangi potensi keguguran atau masalah genetik pada si Kecil nantinya.

Salmon

Bagi Mums yang gemar mengonsumsi makanan Jepang, terutama sushi dan sashimi, hal ini merupakan kabar baik. Pasalnya, makanan yang Mums sukai ini ternyata bisa menjadi makanan untuk memperlancar kehamilan. Kandungan Omega-3 dalam ikan salmon menjadi kunci penting dalam meningkatkan kesuburan dalam tubuh Mums.

Tak hanya itu, Omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon dapat mengatur hormon reproduksi dengan cara meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi. Dengan demikian, proses pembuahan menjadi lebih sering terjadi dan kemungkinan Mums segera mengalami proses kehamilan akan semakin besar.

Tiram

6 Sumber Makanan yang Bisa Memperlancar Proses Kehamilan

Jika Mums merupakan penggemar seafood, tiram tentu menjadi sumber makanan yang tidak akan pernah terlewatkan. Tak hanya menyajikan cita rasa yang lezat, sumber makanan ini juga dikenal sebagai viagra alami bagi pasangan. Kandungan Zinc di dalam tiram sangat baik untuk menjaga kesehatan organ reproduksi Mums dan pasangan. Selain itu, Zinc juga bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi sehingga akan membantu pembuahan dan memperlancar kehamilan.

Baca Juga: Zat Besi: Nutrisi Penting untuk Daya Tahan Ibu Hamil & Janin

Biji Labu

Mineral seng atau Zinc yang terkandung dalam biji labu sangat baik bagi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, nutrisi lain yang terkandung dalam biji labu seperti asam folat dan protein sangat baik untuk memperlancar kehamilan dan mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Biji labu terkenal sebagai sumber makanan rendah kalori sehingga bermanfaat untuk menjaga berat badan Mums selama masa kehamilan. Serat yang padat pada biji labu juga dapat membantu Mums mengatasi masalah konstipasi yang kerap terjadi saat hamil.

Kubis

6 Sumber Makanan yang Bisa Memperlancar Proses Kehamilan

Kubis mengandung asam folat yang baik untuk menjaga kesehatan DNA janin. Kandungan serat yang tinggi pada sumber makanan ini membuat Mums dapat membantu menjaga tekanan darah stabil, serta mengurangi risiko diabetes selama masa kehamilan.

Kubis juga mengandung Diindolylmethane, suatu zat kimia yang memainkan peran penting dalam metabolisme hormon estrogen sehingga dapat mencegah pembentukan fibroid atau tumor otot jinak pada dinding rahim. Selain itu, kandungan Diindolylmethane bisa mencegah terjadinya endometriosis, sebuah peradangan yang menyebabkan endometrium tumbuh merambat keluar rahim.

Bawang Putih

Tak hanya untuk meningkatkan cita rasa pada olahan makanan, bawang putih juga dapat membantu proses pembuahan oleh sel telur. Kandungan Selenium di dalam bawang putih dapat memberikan perlindungan janin sehingga terhindar dari ancaman keguguran pada usia kandungan yang masih dini. Selain membantu mempercepat kehamilan, bawang putih sangat berperan penting untuk memperkuat rahim dan melindungi kesehatan janin.

Itulah beberapa sumber makanan yang bisa Mums konsumsi untuk memperlancar proses kehamilan. Pada prinsipnya, pilihlah makanan yang bernutrisi tinggi selama proses kehamilan. Terutama, makanan yang banyak mengandung asam folat, Zat Besi, dan Kalsium. Mums juga perlu menjaga atau memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat. Perhatikan makanan yang Mums konsumsi sehari-hari. Sebaiknya Mums menghindari makanan manis, terlalu asin, dan berlemak tinggi. Makanan tersebut bisa membuat Mums terkena risiko diabetes selama masa kehamilan.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Mums selama masa kehamilan, Mums juga bisa mengonsumsi susu ibu hamil seperti Frisomum Gold Dualcare+. Susu Frisomum Gold Dualcare+ diperkaya dengan asam folat, ALA, LA, Nukleotida, Kalsium, dan Zat Besi sehingga mampu mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh Mums. Ingat, asupan nutrisi yang tepat dapat membantu mempersiapkan tubuh Mums untuk kehamilan yang sehat dan ideal.