Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

shutterstock-337486829_eB0Tvbz7aP

7 Manfaat Konsumsi Semangka untuk Ibu Hamil

Apa saja keuntungan mengonsumsi semangka secara rutin di masa kehamilan? Berikut infonya, Mum!

Selain daging merah, ikan, sayur-mayur, susu, dan kacang-kacangan, selama hamil, Mum juga dianjurkan mengonsumsi aneka buah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi diri sendiri dan calon buah hati. Terkait hal ini, semangka menjadi salah satu buah untuk ibu hamil yang cukup sering direkomendasikan. Alasannya, di balik rasanya yang segar, semangka memiliki beragam manfaat, baik untuk kesehatan Mum maupun tumbuh kembang janin dalam kandungan di tiap trimesternya. Mau tahu info lengkapnya? Yuk, simak artikel berikut, Mum!

Manfaat Konsumsi Semangka di Trimester Pertama

- Meringankan Gejala Morning Sickness

Morning sickness adalah sensasi mual yang kerap mengganggu aktivitas ibu hamil di trimester pertama kehamilan. Gejala yang biasa berlangsung di pagi hari ini sering membuat ibu hamil enggan sarapan karena khawatir memuntahkannya kembali. Akibat melewatkan sarapan, tubuh pun lemas saat beraktivitas.

Bila Mum mengalami morning sickness, konsumsi semangka dapat membantu meringankan gejala yang terasa. Dengan kandungan air yang tinggi serta rasa manisnya yang tidak terlalu dominan, semangka membantu menenangkan perut Mum dengan mengusir rasa mual di dalamnya. Hal ini tentu membuat Mum bisa menikmati sarapan pagi seperti biasa, sehingga lebih fit dan bertenaga saat beraktivitas.

- Mencegah Dehidrasi

Di momen kehamilan ini, penting untuk memastikan tubuh Mum mendapat asupan cairan yang cukup, sebab dehidrasi di masa kehamilan bisa berakibat fatal bagi perkembangan janin di dalam kandungan. Saat Mum dehidrasi, peluang kontraksi dini akan semakin tinggi. Dampaknya, si Kecil lebih berisiko terlahir dalam kondisi prematur.

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, semangka mengandung air yang tinggi (mencapai 92%). Dengan kandungan air di dalamnya, semangka mampu membantu menghidrasi tubuh Mum, sehingga kontraksi dini pun bisa dicegah. Inilah salah satu faktor utama yang membuat semangka masuk ke dalam daftar buah terbaik untuk dikonsumsi ibu hamil.

- Sumber Vitamin A

Tahukah, Mum? Mata termasuk organ vital di tubuh si Kecil yang terbentuk sejak trimester pertama kehamilan, lho. Ini alasannya, Mum perlu mengonsumsi asupan kaya Vitamin A agar pembentukan organ penglihatan si Kecil dapat berlangsung optimal. Semangka adalah satu contoh asupannya. Menurut penelitian, setiap 100 gram semangka mengandung 569 IU Vitamin A. Jumlah ini mampu memenuhi sekitar 10-15% kebutuhan Vitamin A harian untuk orang dewasa, Mum.

 

Manfaat Konsumsi Semangka di Trimester Kedua

- Membantu Menetralisir Asam Lambung

Selain morning sickness, perubahan kadar hormon tubuh selama kehamilan juga sering kali memicu naiknya kadar asam lambung. Inilah yang menyebabkan banyak ibu hamil mengalami heartburn (sensasi panas di area dada) yang cukup mengganggu.

shutterstock-266172254_fzs3ye6BJw

Nah, bila Mum mengalami heartburn yang mengganggu, semangka dapat membantu mengatasinya. Cukup makan 2-3 potong semangka yang sudah didinginkan, sensasi panas yang terasa mengganggu perlahan akan hilang.

- Membantu Mengatasi Masalah Hiperpigmentasi pada Kulit

Beberapa ibu hamil mengeluh kulit mereka menghitam selama masa kehamilan. Apa Mum pun demikian? Bila iya, mengonsumsi semangka bisa menjadi solusi, Mum. Kandungan Serat dan kadar air yang tinggi pada semangka mampu membantu sistem pencernaan berlangsung lebih lancar. Hal ini akan membuat usus lebih mudah menyerap nutrisi yang dibutuhkan kulit, sehingga tekstur kulit Mum lebih halus dan warnanya pun lebih merata.

 

Manfaat Konsumsi Semangka di Trimester

- Membantu Mengurangi Pembengkakan (Edema) pada Kaki dan Tangan

Berbicara seputar kehamilan, di trimester ketiga, biasanya ibu hamil mengalami pembengkakan di kaki dan tangannya, atau dikenal dengan istilah edema. Pembengkakan ini dipicu oleh perubahan kadar hormon yang mengakibatkan banyak sodium (garam) tertahan di dalam tubuh danmenyumbat pembuluh darah serta otot.

Kadar air yang melimpah pada semangka membuat buah ini mampu mengikis sumbatan tadi, sehingga cairan di tubuh tidak berkumpul di pembuluh darah dan otot. Dengan begini, masalah edema yang Mum alami perlahan akan berkurang.

- Membantu Mencegah Kram Otot

Selain kaya kandungan air, Vitamin A, Vitamin C, dan Antioksidan Lycopene, semangka juga mengandung Citruline, Mum. Senyawa ini merupakan bahan baku pembentukan nitric oxide dan keratin yang berguna meningkatkan sirkulasi darah dan ketahanan otot.

shutterstock-675069658_Ax3CPxJkk6

Dalam studi yang hasilnya dipublikasikan pada Journal of Strength and Conditioning Research tahun 2010, Citruline terbukti mampu mengurangi nyeri pada otot hingga 40%. Jadi, mulailah lebih rutin mengonsumsi semangka bila Mum merasa otot di tubuh sering kram seiring meningkatnya berat badan di masa kehamilan, ya.

Nah, itulah tujuh manfaat yang bisa Mum peroleh bila rutin mengonsumsi semangka di masa kehamilan. Semoga info ini bermanfaat, ya.

Di samping memperbanyak konsumsi buah untuk ibu hamilMum juga dianjurkan untuk menutrisi tubuh dan calon buah hati lewat konsumsi susu kehamilan secara rutin. Dalam hal ini, Frisomum Gold bisa menjadi pilihan. Frisomum Gold membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Mum selama hamil dan menyusui agar senantiasa sehat, sekaligus membantu memperkuat dan melindungi janin dari dalam.