Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

64666-8-tips-menjaga-nafsu-makan-ibu-hamil-di-trimester-pertamajpg

8 Tips Menjaga Nafsu Makan Ibu Hamil di Trimester Pertama

Kehilangan nafsu makankerap menjadi keluhan di masa awal kehamilan. Hal ini disebabkan karena Mummengalami morning sickness yaitu mual-mual dan kemudian muntah. Ya, keadaan ini kerap membuat ibu hamil sulitmengonsumsi makanan. Padahal, Mum perlu mengonsumsi asupan seimbang yang bisadiperoleh dari aneka makanan bergizi dan susu ibu hamil, agar tubuh lebih kuat dan janin tetap sehat.

Nah, untuk menjaga nafsu makan Mum selama masa kehamilan, sebaiknya simak beberapa tips berikut ini,yuk!

Pastikan tetap makan

Beberapa jenis makanan mungkin akan membuat Mum semakin mual. Meskipun susah payah, pastikan Mum tetap mengonsumsi makanan. Pilih makanan yang bisa Mum konsumsi. Usahakan memilih makanan yang mengandung Kalsium, Zat Besi, dan Karbohidrat kompleks. Bila Mum bisa mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, daging, dan susu, tentu akan lebih baik. Pada prinsipnya, nutrisi ibu hamil dan janin harus tetap terpenuhi.

Hindari makanan berbau tajam

Pada awal kehamilan, Mum akan merasa tidak nyaman dengan segala sesuatu yang berbau tajam. Bau tajam ini kemungkinan akan semakin memicu rasa mual. Oleh karena itu, hindari makanan yang berbau tajam, termasuk makanan pedas dan berlemak, agar perut Mum terasa nyaman.

Tidak perlu memaksakan diri

Mum memang harus tetap memenuhi asupan ibu hamil dan janin. Namun, tidak perlu memaksakan diri mengonsumsi makanan tertentu. Misalnya, jika hati ayam akan membuat Mum semakin mual, pilihlah makanan lain seperti bayam sebagai sumber Zat Besi.

Konsumsi makanan ringan

Selain tetap memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, makanan ringan membuat Mum mungkin merasa lebih nyaman. Pisang, yoghurt, dan biskuit gandum bisa menjadi pilihan untuk membuat Mum kenyang lebih lama, menjaga kadar gula darah tetap stabil,dan sebagai asupan Protein dan Kalsium.

Makan dalam porsi sedikit tetapi lebih sering

Siasat lainnya adalah, Mum dapat mengonsumsi makanan dalam porsi kecil. Namun, frekuensinya lebih sering. Pada saat ini Mum memang tidak bisa makan banyak karena rasa mual yang timbul dan perut terasa sakit. Cara ini membuat Mum tetap mendapat asupan makanan,sehingga ibu hamil dan janin tidak kekurangan nutrisi penting.

Cukup minum

Mum membutuhkan asupan cairan yang cukup selama masa kehamilan. Jadi, pastikan Mum cukup minum setiap hari. Delapan gelas air putih dalam sehari tetap harus dipenuhi. Jika sulit mengonsumsi air putih, ganti dengan minuman lain yang dapat meredakan mual,misalnya air jahe.

Penuhi kebutuhan Vitamin

DHA yang rutin dikonsumsi sebagai Vitamin sejak sebelum masa kehamilan dan masa pembuahan, akan memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil pada masa-masa morning sickness. Mum juga dapat mengonsumsi Vitamin B6 atau kombinasi Vitamin B dan Antihistamin,yang dapat membantu meredakan mual serta menjaga nafsu makan. Untuk bantupenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh Mum, susu ibu hamil bisa menjadi pilihan, lho.

Frisomum Gold mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh ibuhamil, seperti Asam Folat, Kalsium, Zat Besi, ALA/LA, dan Protein. Ya, asupan denganrasa yang lezat ini dapat membantu memenuhi kebutuhan Mum selama masa kehamilan.Selain itu, Protein yang terkandung di dalam Frisomum Gold juga mudah dicerna,karena susu ibu hamil ini tidak diproses secaraberlebihan, sehingga nutrisi yang terkandung tetap terjaga.