Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Amankah Bila Ibu Hamil Aktif Bekerja?

Amankah Bila Ibu Hamil Aktif Bekerja?

Ketika sedang hamil, kondisi tubuh Mum yang tidak stabil membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya. Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Mum, susu ibu hamil yang mengandung Kalsium, Protein, Zat Besi, Asam Folat, Nukleotida, serta Prebiotik bisa menjadi pilihan. Terlebih jika Mum adalah wanita karier yang masih aktif bekerja.

Hal inilah yang kemudian menimbulkan pertanyaan, Amankah bekerja saat hamil? Sejatinya, jika kehamilan berjalan normal, Mum bisa tetap bekerja dengan mempertimbangkan beberapa faktor berikut. Kita simak bersama-sama yuk, Mum!

Lingkungan Kerja yang Berisiko

Lingkungan kerja yang berisiko adalah lingkungan kerja yang bersentuhan dengan bahan kimia atau sinar X, seperti laboratorium, rumah sakit, atau salon, dan berpotensi mengganggu kesehatan Mum dan janin. Berapa banyak dan berapa lama radiasi yang terpapar menjadi satu hal yang perlu diwaspadai. Semakin kuat paparan radiasi, maka semakin besar risikonya bagi kesehatan. Untuk itu, Mum dapat melakukan beberapa tindakan preventif, seperti menggunakan masker untuk mencegah terhirupnya bahan kimia atau kuman, mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, dan rutin meminum susu ibu hamil.

Satu hal yang penting untuk diperhatikan, Mum juga perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui kemungkinan adanya kondisi khusus yang perlu diperhatikan saat bekerja. Beritahu juga soal kondisi Mum pada para rekan kerja. Tujuannya agar mereka ikut menjaga kehamilan Mum, misalnya dengan memberikan tugas dengan penuh pertimbangan atau istirahat/cuti saat diperlukan.

Jam Kerja yang Sehat

Poin lain yang perlu Mum perhatikan adalah jam kerja, yaitu jangan sampai melebihi 40 jam per minggu. Ibu hamil yang bekerja dengan jam kerja terlalu panjang atau sering lembur, dapat menyebabkan risiko anak lahir dengan ukuran yang lebih kecil dibanding ibu hamil yang tidak lembur. Saat bekerja dengan jam kerja normal, asupan nutrisi ibu hamil juga tetap perlu diperhatikan agar sang janin dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Istirahat Sejenak

Bekerja di depan komputer memang tidak berbahaya secara langsung bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Namun, mengetik atau menggunakan komputer terlalu lama dapat menyebabkan pegal-pegal, atau bahkan mati rasa pada jari-jemari. Beristirahatlah setiap satu jam dan lakukan gerakan ringan seperti berdiri atau berjalan-jalan. Mum juga bisa menaruh bantal di sandaran kursi agar posisi duduk menjadi lebih nyaman.

Kelola Stres

Mum tidak perlu merasa tertekan atau stres karena memikirkan masalah pekerjaan. Kelola stres dengan berpikir positif dan latihan pernapasan, peregangan, yoga, atau relaksasi dengan meminum susu untuk ibu hamil selagi hangat. Metode lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres berlebih adalah dengan sesekali menghirup udara segar di luar ruangan kantor.

Perhatikan Nutrisi untuk Ibu Hamil

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 300 kalori lebih banyak saat mengandung. Oleh karena itu, bawalah susu dan salad buah atau sayur ke kantor sebagai camilan sehat.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Mum setiap hari, Frisomum Gold diperkaya dengan protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Baiknya lagi, Friso diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak diproses dan dipanaskan secara berlebih sehingga kualitas nutrisinya tetap terjaga dan mudah diserap tubuh. Dengan begitu, Mum bisa menikmati manfaat nutrisinya dengan optimal hingga proses persalinan nanti. Itu dia alasan pentingnya mengonsumsi susu ibu hamil.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang