Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Atasi Heartburn saat Hamil dengan Tanaman dari Kebun Sendiri

Atasi Heartburn saat Hamil dengan Tanaman dari Kebun Sendiri

Memasuki trimester kedua, morning sickness yang Mum alami perlahan mulai mereda. Namun, peningkatan hormon progesteron dalam tubuh ternyata menimbulkan ketidaknyamanan lain, seperti rasa panas di dada atau biasa disebut heartburn. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Tanaman seperti lidah buaya atau jahe bisa membantu meredakan kondisi tersebut. Baiknya lagi, jenis tanaman ini bisa ditanam dan dipanen di halaman rumah sendiri. Berikut adalah langkah-langkah membuat home remedies untuk mengatasi heartburn pada masa kehamilan.

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Konsultasi Dengan Dokter

    Sebelum membuatnya, Mum bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter seputar waktu dan takaran yang tepat untuk mengonsumsi sajian ini.

  2. Persiapan

    Persiapan

    Siapkan pisau, blender, gelas saji, serta beberapa lembar daun lidah buaya sebagai bahan utama. Siapkan juga buah-buahan seperti melon dan pisang atau bahan lain seperti madu untuk dijadikan campuran. Hindari penggunaan buah sitrus seperti jeruk dan lemon, karena jenis buah ini memiliki tingkat keasaman tinggi yang justru dapat memicu peningkatan asam lambung.

  3. Kupas Kulit Lidah Buaya

    Kupas kulit lidah buaya

    Kupas kulit bagian luar dari daun lidah buaya secara perlahan menggunakan pisau. Kupas juga lapisan berwarna kuning yang ada di bawah kulit hingga hanya tersisa gel berwarna putih bening.

  4. Takaran Gel Lidah Buaya

    Ulangi proses di atas hingga Mum mendapatkan gel lidah buaya sebanyak 30 ml atau dua sendok makan, lalu masukkan ke dalam blender.

  5. Campurkan Bahan-bahan Lainnya

    Campurkan bahan-bahan lainnya

    Masukkan juga bahan campuran yang sudah disiapkan sebelumnya, lalu haluskan denganblender, dan diamkan sebentar. Setelah semua bahan bercampur dengan sempurna, tuang ke dalam gelas, dan jus lidah buaya pun sudah bisa dinikmati. Selain lidah buaya, tanaman seperti jahe dan kemangi juga bisa Mum tanam di kebun rumah untuk digunakan dalam mengatasi heartburn.

  6. Abadikan Momen Ini

    Ketika membuat resep ini, minta Dad atau kerabat lainnya untuk mengabadikan proses pembuatannya. Kemudian, bagikan foto dan videonya ke FB page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMomentssebagai inspirasi untuk Mums lainnya.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang