Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Atasi Nyeri Punggung & Pinggul dengan Gerakan Stretching ini

Atasi Nyeri Punggung & Pinggul dengan Gerakan Stretching ini

Selamat, Mum! Momen yang ditunggu-tunggu sudah semakin dekat. Meski antusias dengan kehadiran si Kecil, Mum umumnya merasakan ketidaknyamanan fisik pada trimester ini. Salah satunya adalah nyeri punggung dan pinggul akibat bertambahnya beban tubuh.

Gangguan fisik seperti nyeri punggung dan pinggul merupakan hal yang wajar kok, Mum. Trimester ketiga memang masa yang paling menantang bagi ibu hamil, baik secara fisik ataupun emosional. Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, ada baiknya Mum mengikuti gerakan stretching sederhana berikut ini.

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Persiapan

    Sebelum melakukan gerakan stretching ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau instruktur yoga. Saat sudah diperbolehkan, Mum bisa memulai aktivitas ini di dalam rumah atau di alam terbuka. Jika hendak melakukan stretching di luar rumah, ada baiknya mengajak Dad untuk menemani Mum.

  2. Perlengkapan Yang Perlu Disiapkan

    Baju olahraga yang nyaman, matras, dan air minum secukupnya.

  3. Peregangan Ke Samping

    Peregangan ke Samping

    Pertama-tama, duduk dengan posisi kaki bersila. Kemudian, regangkan satu kaki ke arah samping. Sentuh kaki yang sedang diregangkan dengan satu tangan, lalu angkat tangan lainnya seperti gambar di atas. Tak hanya mengurangi rasa nyeri di punggung dan pinggul, posisi ini juga melemaskan panggul dan kaki Mum.

  4. Posisi Segitiga

    Posisi Segitiga

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah membungkukkan badan ke arah samping. Lalu, sentuhlah lantai dengan satu tangan, sembari tangan lainnya diangkat ke atas. Tidak perlu dipaksakan jika tidak sampai menyentuh lantai, atau di tumit saja. Lakukan juga pada posisi yang berlawanan supaya lebih efektif.

  5. Membungkukkan Badan Ke Belakang

    Membungkukkan Badan ke Belakang

    Posisi stretching yang satu ini bisa diawali dengan duduk berlutut. Kemudian, letakkan kedua tangan di belakang. Jika sudah, lanjutkan dengan posisi kepala yang mendongak ke atas. Posisi stretching tentu dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada punggung dan pinggul jika dilakukan secara rutin.

  6. Abadikan Momen Ini

    Ketika sedang stretching nanti, ajak Dad atau kerabat lainnya untuk menemani Mum. Biarkan mereka mengabadikan momen ini. Foto dan video Mum nanti bisa diunggah ke FB page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments. Semoga menjadi inspirasi bagi Mums lainnya, ya!

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang