Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Bahayakah Jika Ibu Hamil Sering Begadang?

Bahayakah Jika Ibu Hamil Sering Begadang?

Guna meningkatkan sistem imun tubuh pada masa kehamilan, penting bagi Mum untuk rutin mengkonsumsi susu ibu hamil dan beragam jenis makanan bergizi. Pasalnya, kondisi tubuh yang lemah ketika hamil, membuat Mum lebih rentan terserang berbagai penyakit. Tidak hanya itu, kondisi tersebut juga mengharuskan Mum untuk mendapatkan istirahat yang cukup, setidaknya delapan jam dalam sehari.

Namun, begadang atau terjaga hingga larut malam, tak jarang dilakukan oleh sebagian Mum karena berbagai alasan. Padahal, kebiasaan ini tentu berisiko mengganggu kesehatan Mum dan perkembangan janin. Oleh karena itu, yuk kenali penyebab begadang dan dampaknya bagi kehamilan berikut ini!

Penyebab Begadang ketika Hamil 

Perubahan fisik yang terjadi ketika hamil, seperti sering buang air kecil, heartburn, kram pada kaki, dan rasa tidak nyaman akibat perut yang terus membesar, kerap mengganggu tidur Mum di malam hari. Selain itu, faktor psikis seperti rasa khawatir akan kesehatan janin dan proses persalinan, juga bisa menjadi alasan mengapa Mum sulit tidur dan sering begadang.

Dampak Begadang bagi Kehamilan

Jika tidak segera ditangani, sering begadang ketika hamil dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti:

Tips Menghindari Begadang

Ada beberapa tips yang bisa Mum lakukan untuk mendapatkan tidur malam yang lebih optimal, yaitu:

Selain tidur yang cukup, optimalkan kesehatan Mum dan janin dengan mengkonsumsi Frisomum Gold. Susu ini diperkaya dengan Protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh karena diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak diproses dan dipanaskan secara berlebih, sehingga kualitas nutrisinya tetap terjaga. Dengan begitu, Mum bisa menikmati manfaat dari nutrisi susu ibu hamil ini hingga proses persalinan nanti.

  • Menyebabkan Kelelahan

    Begadang dapat mengakibatkan tubuh Mum kurang mendapatkan waktu istirahat yang cukup untuk proses pemulihan. Alhasil, Mum akan merasa lelah tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas di pagi harinya. Jika terus terjadi, kondisi ini dapat meningkatkan risiko Mum melahirkan bayi secara prematur .Untuk itu, Mum disarankan agar rutin mengkonsumsi makanan bergizi dan susu ibu hamil, yang dapat membantu memberikan nutrisi dan energi tambahan bagi tubuh.

  • Menimbulkan Stres

    Menurut Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, kurang tidur dapat menyebabkan stres pada Mum yang mengalaminya . Ketika stres, otak bereaksi dengan memproduksi beberapa hormon, yang salah satunya adalah hormon kortikotropin. Kondisi inilah yang kemudian membuat Mum berisiko mengalami keguguran serta melahirkan bayi prematur atau berat badan kurang.

  • Melemahkan Sistem ImunTubuh

    Ketika kurang tidur,beberapa sel yang membentuk sistem imun tubuh perlahan mulai berkurang. Jika terus dibiarkan, sistem imun tubuh Mum pun akan semakin lemah, sehingga Mum akan lebih rentan terserang berbagai penyakit. Guna mengatasinya, susu kehamilan dan beragam asupan bergizi bisa Mum konsumsi untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh yang melemah karena begadang.

    • Hindari mengkonsumsi Kafein dan gula menjelang tidur, karena dua kandungan tersebut dapat memberikan energi berlebihan yang bisa membuat Mum terjaga di malam hari.
    • Agar Mum tidak sering terbangun karena ingin buang air kecil,sebaiknya hindari mengkonsumsi banyak air sebelum tidur.
    • Guna mencegah terbangun di tengah malam karena lapar, Mum bisa mengkonsumsi makanan ringan sebelum tidur; seperti keju, roti gandum, atau susu ibu hamil dalam kondisi hangat.
    • Buat tubuh Mum lebih tenang dan relaks sebelum tidur dengan mandi air hangat.
    • Pastikan kamar dalam kondisi tenang, sejuk, dan gelap,sehingga Mum bisa tidur dengan lebih nyaman.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang