Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ciri-Ciri Hamil yang Mums Alami, Paahami Selengkapnya!

Ciri-Ciri Hamil yang Mums Alami, Pahami Selengkapnya!

Buah hati jadi salah satu anugerah terindah yang bisa didapatkan oleh sepasang suami istri. Biasanya, sepasang suami istri sudah mengetahui benar apa saja ciri-ciri hamil yang mungkin dialami. Ciri hamil memang sudah bisa diketahui secara luas, dan dapat secara langsung dipastikan ke dokter kepercayaan yang sudah memahami pola dan siklus datang bulan yang dimiliki.

Beberapa ciri yang wajar, seperti misalnya terasa mual dan muntah, sensitif pada bau-bauan, badan menjadi lekas lelah, keluarnya bercak darah dari area kewanitaan, terjadinya kram perut, perubahan pada bagian payudara, hingga telat datang bulan selama lebih dari satu minggu, tentu sudah dipahami dengan baik. Namun demikian, ternyata ada gejala lain yang muncul ketika seorang istri mengalami kehamilan.

Ciri-ciri hamil selain dari yang disebutkan di atas memang tidak selalu muncul. Namun demikian, tetap bisa menjadi indikasi awal bahwa seorang istri mengalami kehamilan dan akan lekas menjadi seorang Mums. Nah, untuk lebih memahami ciri-ciri hamil yang tidak disebutkan di atas, simak penjelasan di bawah ini.

Buang Air Kecil dengan Intensitas Lebih Tinggi

Ciri-Ciri Hamil yang Mums Alami, Paahami Selengkapnya!

Ketika seorang Mums sedang berada dalam kondisi hamil muda, ada kalanya intensitas buang air kecil menjadi semakin tinggi. Memang ciri ini sangat jarang disadari, karena dianggap sebagai hal yang biasa saja. Hal ini muncul biasanya pada rentang waktu 6 hingga 8 minggu setelah terjadinya pembuahan.

Ketika tubuh Mums tengah hamil, maka terdapat perubahan hormon yang membuat kandung kemih menjadi lebih sensitif. Perubahan hormon ini dapat menyebabkan refleks otot yang biasanya berguna untuk membantu menahan buang air kecil menjadi berkurang, dan gerakan alami seperti batuk atau tertawa bisa memicu keluarnya air seni.

Terjadinya Sembelit

Well, memang sembelit tidak bisa selalu diartikan sebagai tanda kehamilan karena juga dialami banyak orang, tak hanya Mums yang tengah hamil. Namun demikian, Mums yang tengah hamil juga bisa menunjukkan kondisinya dengan terjadinya sembelit akibat naiknya hormon Progesteron.

Peningkatan produksi hormon ini akan menyebabkan pergerakan usus melambat, sehingga proses penyaluran makanan dari usus ke bagian pembuangan terhambat dan membuat sulitnya buang air besar. Tanda yang masih berkaitan dengan masalah pencernaan biasanya adalah perut terasa kembung dan begah pada minggu awal kehamilan.

Mengalami Mood Swing

Ciri-Ciri Hamil yang Mums Alami, Paahami Selengkapnya!

Mood swing atau perubahan mood yang mendadak juga bisa menjadi salah satu tanda terjadinya kehamilan. Memang mood swing juga sangat awam terjadi ketika masa sebelum datang bulan, namun yang satu ini disebabkan oleh perubahan hormon pada bagian dalam tubuh yang memicu rasa gelisah dan mudah marah.

Mood swing yang terjadi juga tergolong ekstrim. Misalnya ketika sedang bercanda dan tertawa, tiba-tiba dirasakan dorongan yang kuat untuk menangis atau marah. Tanda ini biasanya muncul sebagai ciri-ciri hamil pada Mums yang baru mengalami kehamilan untuk pertama kalinya.

Ciri-Ciri Hamil : Sakit Kepala

Merasa sering mengalami sakit kepala juga bisa jadi salah satu ciri-ciri Mums sedang dalam masa kehamilan. Bukan tanpa sebab, hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi secara tiba-tiba.

Hormon yang berubah dalam tubuh secara tiba-tiba dapat mengakibatkan peningkatan aliran darah yang cukup tinggi. Idealnya ketika hamil, tubuh Mums akan menampung jumlah volume darah 50% lebih besar dibandingkan ketika tidak hamil. Hal ini yang menyebabkan rasa pusing yang melanda.

Mimisan dan Gusi Berdarah

Ciri-Ciri Hamil yang Mums Alami, Paahami Selengkapnya!

Kerja jantung akan semakin keras ketika Mums mengalami kehamilan. Hal ini bersamaan dengan meningkatnya jumlah darah yang beredar di seluruh tubuh, sehingga tak jarang akan terjadi mimisan atau gusi berdarah. Selama jumlah darah yang keluar tidak terlalu banyak, hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena hal yang wajar.

Mimisan yang terjadi, serta gusi berdarah, biasanya akan terjadi pada trimester pertama usia kehamilan. Pada lapisan dalam hidung serta bagian gusi terdapat pembuluh darah kecil yang rapuh, sehingga ketika terjadi penambahan volume darah di dalam tubuh dan dibarengi dengan kerja jantung yang semakin keras, pembuluh ini menjadi mudah pecah dan menyebabkan pendarahan ringan. 

Sebenarnya, tanda hamil yang disampaikan di atas, baik yang tanda hamil secara umum atau yang tidak sering terjadi, sangat relatif tergantung dengan kondisi tubuh dan kebiasaan. Setiap Mums akan memiliki ciri dan pola yang unik dan khas, jadi poin-poin di atas sekedar sebagai acuan umum saja. Untuk memastikannya, segera gunakan alat khusus untuk memeriksa kehamilan atau periksakan ke dokter kepercayaan.

Mengetahui ciri-ciri hamil dapat menjadi langkah awal yang baik untuk mengantisipasi kehadiran si Kecil sebagai anggota keluarga baru di keluarga. Tentu, kemudian asupan nutrisi yang dikonsumsi harus selalu dicukupi selama masa kehamilan karena akan berpengaruh pada tumbuh kembangsi Kecil di dalam kandungan. Konsumsi makanan sehat serta tambahan Frisomum Gold Dualcare+ bila diperlukan. Frisomum Gold Dualcare+ dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian selama masa kehamilan dan menyusui, sehingga kecukupan nutrisi bisa tetap terjaga.