Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Gaya Renang yang Bisa Mum Lakukan Selama Kehamilan

Gaya Renang yang Bisa Mum Lakukan Selama Kehamilan

Saat memasuki trimester kedua, apa Mum melihat perbedaan pada tubuh saat bercermin? Perut yang semakin membesar, serta kaki dan tangan yang membengkak merupakan beberapa hal yang tentu dialami oleh ibu hamil. Ya, perkembangan fisik ini pun menyebabkan Mum jadi mudah lelah dan tidak nyaman saat bergerak. Untuk mengembalikan kebugaran tubuh, berenang bisa jadi pilihan yang menyenangkan, lho!

Menurut American Pregnancy Association, berenang adalah olahraga yang sangat direkomendasikan untuk menjaga kebugaran tubuh ketika hamil. Ini karena berenang memiliki banyak manfaat, yang salah satunya adalah dapat meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. Apalagi pada masa kehamilan ini, Mum bisa jadi mulai merasa sulit bernapas akibat perubahan fisik yang terjadi. Berikut adalah tiga teknik yang aman bagi ibu hamil.

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Persiapan

    Sebelum merencanakan untuk berenang, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter tentang apa yang boleh dilakukan dan perlu dihindari. Sebaiknya, ajak Dad untuk menemani dan menjaga Mum ketika di dalam kolam.

  2. Peregangan Dan Pemanasan

    Siapkan perlengkapan untuk mendukung aktivitas berenang nanti, seperti pakaian renang khusus ibu hamil, sandal anti slip agar tidak terpeleset, serta air minum secukupnya. Jangan lupa melakukan peregangan dan pemanasan untuk mengurangi risiko cedera.

  3. Breaststroke Technique

    Breaststroke Technique

    Teknik berenang ini dikenal juga dengan sebutan gaya dada. Gerakan meluncur dapat meringankan ketegangan di punggung akibat perut yang membesar. Sementara gerakan tangan mengayuh bisa melenturkan otot tangan. Gerakan kaki juga dapat melancarkan peredaran darah.

  4. Freestyle Technique

    Freestyle Technique

    Teknik berenang gaya bebas ini memiliki gerakan tangan yang memutar satu per satu secara bergantian. Gerakan ini bisa membantu menguatkan otot tangan, bahu, dan punggung.

  5. Backstroke Technique

    Backstroke Technique

    Biasa dikenal juga dengan sebutan gaya punggung, teknik berenang dengan posisi terlentang ini bisa membuat tubuh Mum menjadi rileks. Gerakan tangan yang memutar ke belakang secara bergantian bisa melatih otot-otot lemah di area tangan, bahu, dan pungung.

  6. Abadikan Momen Ini

    Ketika berenang nanti, ajak juga Dad atau kerabat lainnya untuk menemani Mum. Biarkan mereka mengabadikan momen seru ini. Kemudian, share foto dan videonya ke FB page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoID dengan hashtag#FrisoMoments sebagai inspirasi untuk Mums lainnya.

Manfaat Bagi Mum

Nikmati momen ketika otot-otot yang biasanya terasa pegal perlahan mulai terasa rileks. Rasanya seperti dipijat ya, Mum? Baiknya lagi, masih banyak manfaat yang bisa Mum rasakan dari berenang, seperti melancarkan sirkulasi darah, menguatkan otot-otot rahim dan panggul sehingga memudahkan saat bersalin, menambah daya tahan tubuh, hingga membuat kualitas tidur lebih nyenyak. Aktivitas ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari selama 15 - 20 menit, untuk menghindari paparan sinar ultraviolet dan udara panas yang tidak baik untuk janin.

Manfaat Bagi Si Kecil

Nikmati momen ketika otot-otot yang biasanya terasa pegal perlahan mulai terasa rileks. Rasanya seperti dipijat ya, Mum? Baiknya lagi, masih banyak manfaat yang bisa Mum rasakan dari berenang, seperti melancarkan sirkulasi darah, menguatkan otot-otot rahim dan panggul sehingga memudahkan saat bersalin, menambah daya tahan tubuh, hingga membuat kualitas tidur lebih nyenyak. Aktivitas ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari selama 15 - 20 menit, untuk menghindari paparan sinar ultraviolet dan udara panas yang tidak baik untuk janin.

Info Nutrisi

Pastikan Mum mendapatkan asupan makanan satu jam sebelum melakukan aktivitas berenang. Pilih menu bernutrisi lengkap yang dapat memberikan energi untuk Mum dan baik untuk perkembangan si Kecil. Mum bisa mengkonsumsi telur dan kacang kedelai dengan kandungan Kolin yang baik untuk pembentukan saraf janin. Jus alpukat bisa dijadikan pilihan minuman karena buah ini merupakan sumber serat, Vitamin K, Folat, Vitamin C, Kalium, dan Vitamin B6 yang baik untuk pertumbuhan jaringan otak si Kecil.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Mum setiap hari, Frisomum Gold diperkaya dengan protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Baiknya lagi, Friso diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak diproses dan dipanaskan secara berlebih sehingga kualitas nutrisinya tetap terjaga dan mudah diserap tubuh. Dengan begitu, Mum bisa menikmati manfaat nutrisinya dengan optimal hingga proses persalinan nanti.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang