Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Jangan Panik, Ini Cara Menyikapi Bayi Susah BAB

Jangan Panik, Ini Cara Menyikapi Bayi Susah BAB

Kejadian bayi susah BAB mungkin akan membuat sebagian besar Mums merasa khawatir. Hal ini wajar, pasalnya pencernaan jadi hal krusial untuk tumbuh kembang si Kecil. Ketika ia sulit BAB, maka ada indikasi bahwa pencernaan si Kecil terganggu. Tentu, Mums juga tidak boleh gegabah dalam menyikapi hal ini. Ketenangan dan kecermatan jadi kunci utama, agar susah BAB yang dialami si Kecil bisa diatasi dengan cepat.

Secara mendasar sebenarnya gangguan pencernaan yang dialami si Kecil mudah dideteksi, namun mungkin agak sulit dalam menentukan penyebabnya. Mudah, karena setiap anak akan memiliki pola aktivitas dan pencernaan yang unik. Jam makan, jam bermain, hingga jam BAB, pasti memiliki pola yang sama. Sulit, karena banyak sekali hal yang bisa menyebabkan masalah pada pencernaan si Kecil.

Lalu apa yang perlu dipahami mengenai kejadian bayi susah BAB ini?

Pertama, Identifikasi Gejalanya

Pertama, Identifikasi Gejalanya

Setiap gangguan kesehatan apapun yang menghampiri si Kecil selalu menunjukkan gejala. Apapun bentuknya, apapun penyebabnya, pasti akan membawa perubahan pada si Kecil. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuhnya yang belum benar-benar terbentuk dengan sempurna, sehingga ia akan cenderung lebih mudah mengalami infeksi dan gangguan pencernaan.

Ada beberapa tanda yang muncul ketika bayi susah BAB. Pertama tentu adalah pola BAB yang berubah. Intensitas yang menurun dan nampak sangat jelas. Biasanya hal ini akan dapat Mums pahami dengan naluri, sebab perubahan pola BAB sangat mudah dideteksi.

Si Kecil juga akan menjadi rewel ketika ia akan BAB. Rewelnya si Kecil biasanya akan disertai dengan gerakan mengangkat kaki, seolah feses yang ingin dikeluarkan memerlukan saluran yang lebih besar.

Soliditas dari feses bayi juga akan berubah menjadi lebih padat, sebagai bentuk dari sulitnya feses tersebut dikeluarkan. Biasanya ketika hal ini terjadi, si Kecil mengalami kekurangan cairan yang masuk ke tubuhnya.

Kedua, Lihat Apa Saja yang Bisa Jadi Penyebabnya

Kedua, Lihat Apa Saja yang Bisa Jadi Penyebabnya

Susah BAB pada bayi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Karena daya tahan tubuh dan fungsi saluran cerna yang belum benar-benar optimal, maka gangguan kesehatan apapun mungkin terjadi.

Bayi susah BAB bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

Makanan Terlalu Padat

Organ pencernaan yang belum dapat bekerja optimal sebenarnya tidak mengijinkan makanan dengan tekstur terlalu padat masuk ke dalamnya. Memang, MPASI bisa diberikan pada usia 6 bulan ke atas, namun MPASI yang diberikan juga teksturnya tetap harus lembut dan mudah dicerna. Ketika makanan terlalu padat masuk ke dalam organ pencernaannya, maka makanan tersebut akan sulit dicerna oleh tubuh si Kecil.

Asupan Cairan

Si Kecil memerlukan sejumlah cairan untuk masuk ke dalam tubuhnya. Setiap hari, asupan cairan ini harus dijaga agar fungsi tubuh tetap baik serta fungsi organ pencernaan bisa optimal. Kurangnya asupan cairan pada bayi dan anak-anak, bahkan orang dewasa, bisa jadi pemicu sulitnya BAB dan gangguan kesehatan lainnya.

Susu Formula Kurang Tepat

Kurang tepatnya susu formula yang diberikan untuk mendampingi ASI sebagai sumber asupan nutrisi bisa jadi penyebab bayi susah BAB. Ketika hal ini terjadi Mums bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memilih kira-kira susu formula mana yang tepat untuk diberikan pada si Kecil. Pastikan susu formula memiliki segala kualitas alami nutrisi susu sapi murni, sehingga nutrisinya akan lebih mudah diserap tubuh si Kecil.

Ketiga, Langkah Penanganan Jika Susah BAB Ringan

Ketiga, Langkah Penanganan Jika Susah BAB Ringan

Disebutkan demikian karena ketika susah BAB yang dialami si Kecil sudah cukup parah, rekomendasi yang diberikan adalah mendatangi dokter dan berkonsultasi, serta penanganan profesional. Jangan berpikir dua kali untuk yang satu ini ya Mums.

Ketika masih dalam tahapan ringan, Mums bisa melakukan beberapa hal sederhana di rumah. Misalnya seperti mengajaknya beraktivitas fisik lebih banyak agar makanan yang masuk bisa dicerna dengan lebih mudah, memijat bagian perut secara lembut, memilih MPASI yang teksturnya tepat tanpa mengesampingkan nutrisi, memandikannya dengan air hangat, serta mengganti susu formula dengan yang berbahan dasar susu sapi asli dan diproses dengan teknologi terbaik sehingga nutrisinya tidak rusak.

Beberapa langkah sederhana di atas bisa Mums lakukan sebagai pertolongan pertama pada bayi susah BAB. Dalam tempo beberapa hari, lihat respon yang diberikan tubuh si Kecil. Jika semakin membaik, Mums mungkin tak perlu membawanya ke dokter. Namun jika tak kunjung membaik, Mums bisa membawanya ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang lebih akurat dan memahami apa penyebab sebenarnya.

Baca Juga : Diare pada Bayi, Penyebab, Indikasi dan Penangannya

Bayi susah BAB memang jadi masalah yang cukup sering muncul, dan perlu disikapi dengan bijak. Lakukan pengamatan dengan hati-hati. Jika sekiranya ada sesuatu yang dirasa sangat aneh, segera bawa si Kecil ke dokter.

Asupan nutrisi untuk membantu melancarkan bayi susah BAB harus selalu dipastikan setiap hari. Selain makanan yang tepat, berikan juga Friso Gold 3 untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian. Dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan terjaga sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil, dan menjaganya tetap sehat. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!