Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Kenali 5 Perubahan Pada Usia Hamil 5 Bulan

Kenali 5 Perubahan Pada Usia Hamil 5 Bulan

Berada dalam masa kehamilan trimester kedua atau tepatnya usia hamil 5 bulan, Mums akan merasa dalam masa-masa kehamilan menyenangkan. Pasalnya, di usia hamil 5 bulan, Mums kini sudah mulai merasa nyaman dengan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Selain itu, Mums juga sudah dapat lebih merasa aman dan leluasa untuk melakukan bepergian atau berlibur untuk menghilangkan kejenuhan dan kembali mengisi energi setelah pada bulan-bulan sebelumnya merasakan gejala hamil yang cukup melelahkan.

Memasuki usia hamil 5 bulan, rasa mual yang kerap hadir di masa kehamilan lambat laun mulai menghilang. Hal ini disebabkan karena tubuh Mums sudah menyesuaikan dengan perkembangan serta pergerakan janin di dalam kandungan. Selain itu, perubahan tubuh seperti kondisi perut yang semakin terlihat membesar juga bisa jadi faktor penyemangat untuk dapat beraktivitas sekaligus menjaga kesehatan janin di dalam kandungan usia hamil 5 bulan.

Perubahan yang dirasakan pada usia hamil 5 bulan

Untuk lebih dapat cermat menjaga kesehatan diri dan juga janin di dalam kandungan Mums, ada baiknya untuk terlebih dahulu memahami serta mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi pada diri Mums saat memasuki usia hamil 5 bulan. Berikut adalah ciri-ciri perubahan yang perlu Mums perhatikan.

1. Intensitas buang air kecil yang lebih sering

Memasuki usia hamil 5 bulan, perkembangan janin juga ikut meningkat secara pasti. Terutama untuk perkembangan fisik dari calon bayi. Hal ini kerap kali menyebabkan Mums untuk lebih sering buang air kecil daripada bulan-bulan sebelumnya. Namun, Mums tidak perlu khawatir akan hal ini. Pasalnya, intensitas buang air kecil yang lebih sering di usia hamil 5 bulan ini disebabkan oleh perkembangan fisik janin yang semakin membesar dan menekan ginjal Mums. Meskipun begitu, Mums harus tetap menjaga kadar asupan cairan di dalam tubuh secara maksimal.

2. Nyeri pada bagian sendi

Dengan membesarnya ukuran janin di dalam kandungan Mums yang kini memasuki usia hamil 5 bulan, tentu akan memengaruhi beban fisik yang ditanggung oleh tubuh. Hal ini akan berdampak pada tubuh Mums yang akan lebih sering merasa nyeri pada bagian sendi, karena harus menopang bobot sehat si calon bayi. Rasa nyeri pada bagian sendi ini biasanya menyerang pada bagian pinggang, perut, dan juga selangkangan. Dalam mengatasi rasa nyeri pada bagian sendi, Mums bisa melakukan kompres menggunakan air hangat pada bagian-bagian yang terasa nyeri. Selain itu Mums juga harus lebih hati-hati dalam bergerak dan hindari gerakan tiba-tiba. Untuk membuat tubuh lebih rileks, Mums juga bisa coba lakukan olahraga ringan untuk ibu hamil.

3. Peningkatan ukuran pada payudara

Demi mempersiapkan asupan air susu ibu pada calon bayi nanti saat lahir, payudara Mums juga akan mengalami perkembangan selama masa kehamilan. Di usia hamil 5 bulan, ukuran payudara Mums akan terjadi peningkatan. Faktor utama peningkatan ukuran payudara ini terjadi karena payudara Mums kini sudah mulai memproduksi kolostrum. Kolostrum merupakan sebuah cairan yang akan diterima bayi saat pertama kali Mums mencoba untuk menyusui. Selain itu, puting payudara Mums juga akan terlihat lebih menonjol dari sebelumnya. Hal ini alami terjadi karena tubuh Mums mempersiapkan diri untuk menyusui saat bayi lahir. Kulit di area payudara juga akan terasa lebih sensitif karena jaringan baru pada bagian implan akan mulai tumbuh secara perlahan.

4. Meningkatnya selera makan

Meningkatkan berat badan ibu hamil saat kehamilan merupakan salah satu cara baik dalam menjaga kesehatan janin. Selain itu, meningkatnya berat badan Mums juga menjadi indikator bahwa asupan yang dibutuhkan dalam masa kehamilan sudah cukup terjaga secara optimal. Maka dari itu, wajar jika selera makan Mums saat memasuki usia hamil 5 bulan mulai meningkat secara perlahan. Hal ini terjadi karena tubuh Mums memberikan respon terhadap kebutuhan asupan nutrisi dan gizi

5. Insomnia

Setiap gejala yang Mums alami saat memasuki usia hamil 5 bulan, ada baiknya untuk selalu dipantau dan segera diatasi. Karena jika terlalu sering dibiarkan, lama kelamaan akan menimbulkan rasa tidak nyaman terutama saat tidur. Rasa tidak nyaman tersebut akan memengaruhi kualitas tidur Mums nantinya. Bahkan tidak jarang terjadi hingga insomnia. Untuk mengatasi kesulitan saat ingin tidur, Mums perlu mengatur napas sesaat sebelum tidur. Buatlah diri rileks dengan bantuan musik yang tenang. Jika terlalu berlanjut, sangat disarankan untuk segera konsultasikan kepada dokter.

Setelah mengenal beberapa perubahan yang terjadi pada diri Mums saat memasuki usia hamil 5 bulan, kini saatnya untuk memberikan perhatian penuh terhadap perkembangan janin. Sesaat memasuki usia hamil 5 bulan, Mums akan mulai merasakan perbedaan dalam perkembangan janin sejak usia kehamilan menginjak minggu ke-17 hingga minggu ke-20.

Perkembangan janin pada usia kehamilan 17 minggu

Ketika Mums mulai akan beranjak memasuki usia hamil 5 bulan, tepatnya di minggu ke-17 bobot janin kini mengalami peningkatan yang signifikan, mencapai 150 gram. Peningkatan tersebut diikuti dengan tubuh janin yang kini memiliki panjang sekitar 12 sentimeter. Untuk bagian kepala, kini tempurung janin sudah mulai terbentuk dan tersusun, serta tulang rawan pun sudah mulai mengeras, terutama di bagian kaki dan telinga dalam.

Untuk sistem saraf di bagian tulang belakang janin kini sudah membentuk mielin. Mielin merupakan lapisan yang berperan sebagai pelindung protein dan substansi lemak untuk melindungi syaraf. Lapisan ini juga berfungsi untuk mendorong impuls listrik di dalam saraf secara lebih cepat dan efisien. Selain itu, plasenta janin juga sudah berkembang secara optimal. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui terbentuknya ribuan pembuluh darah yang bekerja untuk menyalurkan oksigen ke janin secara optimal.

Perkembangan janin pada usia kehamilan 18 minggu

Masuk ke dalam usia kehamilan 18 minggu menuju ke usia hamil 5 bulan, berat badan janin pun kembali meningkat secara signifikan. Berat badan janin kini bertambah hingga 50 gram dari minggu sebelumnya, dengan total ekspektasi berat mencapai 200 gram. Ukuran badan janin dari ujung kepala hingga ujung kaki kini dapat tumbuh hingga 14 sentimeter. Perkembangan fisik lainnya yang dapat ditemukan pada janin di masa ini adalah pembentukan telinga yang semakin lengkap. Pembentukan tersebut didukung dengan hadirnya tulang-tulang telinga tengah serta pembentukan saraf yang sudah berkembang di otaknya untuk membantu pendengaran calon bayi lebih sempurna.

Tulang-tulang pada bagian kaki dan klavikula janin juga sudah mulai mengeras. Selain itu, perkembangan tersebut dibarengi dengan pergerakan calon bayi yang lebih aktif. Jika dilihat melalui USG, janin di dalam kandungan Mums kini sudah bisa bergerak secara bebas, seperti berpindah ke kiri atau ke kanan serta mulai memperlihatkan aktivitas peregangan tubuh janin. Satu hal yang cukup menggembirakan, di masa ini, Mums kini sudah dapat mengetahui jenis kelamin dari calon bayi yang dapat dilihat melalui USG.

Perkembangan janin pada usia kehamilan 19 minggu

Perkembangan tulang pada janin masih terus terlihat secara pesat di masa kehamilan 19 minggu. Memasuki usia hamil 5 bulan, tulang di hampir seluruh bagian tubuh dan juga gigi-gigi pada janin kini sudah mulai mengeras secara perlahan. Peningkatan tersebut juga memengaruhi berat badan janin yang saat ini bisa mencapai 240 gram dengan ukuran tubuh yang dapat mencapai 15 sentimeter.

Perkembangan signifikan pada janin bisa Mums temukan pada bagian kulitnya. Kini kulit janin di dalam kandungan sudah mulai mengembangkan pigmennya. Selain itu, kulit ini juga dilapisi dengan zat Vemix Caseosa yang menjaga kulit dari cairan ketuban. Perkembangan saraf di otak janin juga kini sudah mulai membantu mengoptimalisasi kinerja panca indera yang dibutuhkan oleh calon bayi nantinya, seperti penglihatan, pengecap, pendengaran, sentuhan, serta penciuman.

Baca juga: Usia Kehamilan 7 Bulan

Perkembangan janin pada usia kehamilan 20 minggu

Perkembangan pada fisik janin masih terus jadi perbincangan utama saat memasuki usia kehamilan 20 minggu. Saat ini, janin yang ada di dalam kandungan Mums memiliki berat badan yang mencapai 315 gram dengan ukuran tubuh bisa mencapai 25 sentimeter. Perkembangan fisik ini akan membuat perut Mums terlihat besar daripada bulan-bulan sebelumnya. Setelah berhasil membentuk pigmen pada minggu sebelumnya, kini kulit janin sudah mulai menunjukkan ketebalannya.

Selain itu, pada masa ini, janin juga sedang mengoptimalisasi sistem pencernaannya sendiri. Janin sudah mulai menelan cairan ketuban dalam jumlah yang lebih besar dari sebelumnya. Jika Mums sedang melakukan kontrol dan USG, ada baiknya perhatikan perkembangan gerak janin. Pasalnya di masa ini, janin sudah mulai dapat menggerakan bagian bibirnya. Biasanya pada masa ini janin mulai mengatupkan bibir atau menunjukkan gerakan menjilat yang membuktikan bahwa janin dapat menerima asupan yang Mums berikat secara baik.

Jangan lupa untuk mengonsumsi Frisomum Gold Dualcare+ selama masa kehamilan ya, Mums. Kandungan nutrisi yang lengkap dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian sehingga kondisi tubuh senantiasa terjaga. Semangat selalu menjalani masa kehamilan!