Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Lebih Siap dengan Kelas Prenatal

Lebih Siap dengan Kelas Prenatal

Persiapan apa saja yang sudah Mum lakukan menjelang kehadiran si Kecil? Tak terasa, sebentar lagi waktu yang ditunggu-tunggu segera tiba. Agar proses kelahiran dapat berjalan dengan baik, mari mempersiapkan diri dengan mengikuti kelas prenatal.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Dalam memilih kelas, Mum dapat menemukan berbagai program kelahiran yang bisa dipilih sesuai keinginan. Inilah contoh beberapa program yang biasa ditemui dalam kelas prenatal:

1. Metode Bradley

Metode Bradley percaya bahwa proses kelahiran yang natural akan memberikan keuntungan yang maksimal bagi si Kecil nantinya. Karenanya, program ini mempersiapkan Mum untuk menjalani proses kelahiran sealami mungkin. Menurut Renea Capozzi Cotto, instruktur Bradley dari Academy of Husband Coached Childbirth, kelas ini akan memberikan informasi seputar nutrisi yang baik serta persiapan dan latihan pernapasan untuk mengurangi rasa sakit saat menghadapi proses kelahiran nanti. Metode Bradley juga menekankan akan pentingnya peran Dad di saat proses persalinan.

2. Kelas Lamaze

Ini merupakan metode umum yang sering dipakai oleh kelas-kelas prenatal. Menurut Lamaze International, program ini membantu Mum untuk lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi kelahiran nanti. Lamaze tetap berprinsip bahwa proses melahirkan normal adalah yang terbaik. Namun program ini lebih bersikap netral dalam menyikapi peran obat-obatan dan teknik medis saat menghadapi masa kelahiran. Selain mempelajari tentang teknik latihan pernapasan dan relaksasi sebagai kunci untuk menghadapi rasa sakit, Mum juga akan mendapatkan informasi medis lainnya seperti operasi caesar dan teknik bius epidural. Dengan begitu, Mum akan lebih siap dalam mengambil keputusan saat proses persalinan nanti.

3. Hypno-Birthing

Hypno-Birthing atau Metode Mongan bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi Mum dalam menghadapi rasa sakit ketika melahirkan. Menurut Carol Thorpe, seorang hypnotherapist, kelas ini melatih Mum untuk melakukan self-hypnotize dengan mata terbuka selama proses kelahiran. Dengan teknik pelatihan yang ada, kelas ini juga mendorong Mum agar selalu rileks dan berpikir positif dalam menghadapi persalinan nanti.

4. Kelas Persiapan Menyusui

Agar proses penyambutan si Kecil menjadi semakin maksimal, kelas persiapan menyusui dapat dijadikan pilihan untuk Mum di trimester terakhir ini. Dalam kelas ini, Mum dapat mempelajari tentang persiapan Inisiasi Menyusui Dini (IMD), posisi menyusui yang baik, serta perawatan untuk si Kecil saat ia lahir nanti.

Info Pendukung Aktivitas

Selain mempertimbangkan program yang ada, Mum juga sebaiknya melihat berbagai aspek lain ketika memilih kelas prenatal nanti. Seperti yang dikutip oleh Ayahbunda, cobalah untuk melihat narasumber di dalam kelas serta jumlah peserta yang mengikuti kelas tersebut. Jumlah anggota yang terlalu banyak tentu dapat membuat kelas menjadi tidak nyaman. Satu lagi yang tidak boleh dilupakan, pastikan Mum mengabadikan foto-foto pengalaman bersama Mum lainnya saat di dalam kelas.

Di masa kehamilan ini, berat janin yang bertambah seringkali dapat membuat kondisi tubuh Mum menjadi mudah lelah. Oleh sebab itu, selalu siapkan camilan ringan yang kaya akan karbohidrat dan protein (seperti kacang-kacangan) serta minuman secukupnya saat Mum akan mengikuti kelas prenatal di luar rumah.

Manfaat Bagi Mum

Panik menjadi salah satu kendala yang sering dialami ketika melalui proses persalinan. Ketika panik, tubuh Mum cenderung memproduksi adrenalin dan mengurangi produksi oxytocin. Padahal hormon ini dapat mempengaruhi proses kontraksi rahim saat melahirkan nanti. Kehadiran kelas prenatal dapat membantu Mum agar lebih tenang dan siap dalam menghadapi proses persalinan nanti.

Info Kesehatan

Asupan nutrisi dan gizi yang cukup dapat menjaga kesehatan Mum sekaligus memaksimalkan proses pertumbuhan si Kecil. Untuk itu, pastikan kebutuhan kalori Mum terpenuhi dengan baik. Seperti yang dikutip dari Ayahbunda.co.id, kalori diperlukan untuk proses pertumbuhan jaringan janin dan plasenta serta menambah volume darah serta cairan ketuban. Selain itu, zat ini berperan penting dalam proses produksi ASI. Kalori bisa Mum dapatkan dari makanan seperti kentang, kacang-kacangan, susu, telur, mentega, dan daging. Satu lagi yang tidak boleh dilupakan, pastikan Mum tetap rutin meminum susu khusus ibu hamil seperti Frisomum Gold untuk mendukung pertumbuhan si Kecil di dalam kandungan saat ini.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang