Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Manfaatkan "Me Time" di Tahap Kedua Kehamilan

Manfaatkan "Me Time" di Tahap Kedua Kehamilan

Setelah melewati berbagai perubahan drastis pada trimester pertama, secara perlahan tubuh Mum mulai dapat beradaptasi ketika memasuki tahap trimester kedua kehamilan. Hal ini tentunya berpengaruh baik pada perkembangan fisik maupun emosional Mum.

Bisa dibilang, tahap ini merupakan saat terbaik bagi Mum untuk menikmati “Me Time” sebelum tahap trimester ketiga tiba. Ya, Mum dapat kembali melakukan berbagai aktivitas yang sering dilakukan sebelum masa kehamilan, seperti jalan-jalan atau bersosialisasi.

Seperti halnya setiap ibu, tentu masa kehamilan adalah momen berharga dan tak terlupakan untuk Mum. Jadi tak ada salahnya jika momen-momen ini diabadikan dalam foto atau video yang menunjukan betapa bahagianya Mum saat mengandung si Kecil tercinta.

Menurut Dr. Thomas Verny dalam bukunya yang diterbitkan oleh Association for Prenatal and Perinatal Psychology and Health (APPPAH), pikiran wanita hamil berhubungan erat dengan bayi yang dikandungnya. Segala hal yang dilakukan dan dirasakan oleh wanita hamil dapat dirasakan juga oleh sang janin. Oleh karena itu, bepergian keluar dan menikmati berbagai aktivitas, diharapkan dapat membantu melepaskan stres serta membangkitkan suasana hati Mum. Namun, Mum sebaiknya tidak perlu terlalu memaksakan diri melakukan semua kegiatan tersebut jika merasa tidak nyaman. Pilih saja aktivitas lain yang menurut Mum ampuh untuk melepaskan penat.

Sejalan dengan setiap proses pertumbuhan si Kecil dalam kandungan, ia juga memerlukan berbagai asupan nutrisi bagi tubuhnya. Seperti yang disampaikan oleh Prof. Dr. dr. H. Ponpon S. Idjradinata, SpA(K), dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, asupan zat gizi erat kaitannya dengan tingkat kecerdasan seseorang. Oleh karena itu, merupakan hal yang penting bagi Mum untuk mengonsumsi suplemen tambahan yang dapat membantu menjaga kesehatan Mum maupun si Kecil. Salah satunya dengan memenuhi asupan zat gizi lewat mengonsumsi susu yang kaya akan kalsium dan zat besi, serta berbagai sayuran untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Jadi, sudah terbayang apa aktivitas “Me Time” yang akan Mum lakukan dalam waktu dekat?

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang