Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Memasuki Usia Hamil 3 Bulan? Pantau Perkembangan Janin Lebih Detail

Memasuki Usia Hamil 3 Bulan? Pantau Perkembangan Janin Lebih Detail

Setelah melewati masa perkembangan usia kehamilan di awal bulan kedua, kini Mums mulai memasuki usia hamil 3 bulan. Usia kehamilan ini juga merupakan penanda dari berakhirnya trimester pertama kandungan Mums. Memerhatikan perkembangan janin di masa ini jadi faktor penting untuk menjaga calon bayi dan Mums tetap sehat selama masa kehamilan. Dengan perkembangan janin yang meningkat secara signifikan, Mums juga harus tetap disiplin menjaga kesehatan serta asupan nutrisi yang punya peran penting demi kesehatan calon bayi.

Perkembangan janin pada usia kehamilan 9 minggu

Saat Mums memasuki awal usia hamil 3 bulan, perkembangan janin di dalam kandungan sudah mulai memperlihatkan rupa-rupa pembentukan fisik dari si calon bayi. Jika dilihat melalui USG, ketika janin memasuki usia kehamilan 9 minggu, hal yang paling signifikan terlihat adalah pembentukan pada bagian kepala yang sudah mulai membentuk layaknya kepala manusia dan bagian leher yang mulai tegak. Sistem pernapasan bayi pun sudah mulai bekerja secara lebih baik.

Jika diibaratkan layaknya buah, bentuk janin pada usia 9 minggu ini dapat diidentifikasi seperti buah anggur. Panjang total tubuh janin di umur ini juga bisa mencapai 2 sentimeter. Bagian kepala yang mulai terbentuk tersebut juga membantu meningkatkan bobot janin sebesar 3 gram. Organ vital internal di dalam calon bayi pun sudah mulai menunjukkan perkembangan pesat kala memasuki awal usia hamil 3 bulan. Organ-organ seperti limpa dan ginjal sudah mulai terbentuk di fase ini. Organ jantung dan arteri juga berkembang dengan lebih baik untuk mengoptimalkan peredaran darah di dalam tubuh janin saat ini.

Perkembangan janin pada usia kehamilan 10 minggu

Saat usia kehamilan Mums memasuki minggu ke-10, secara bentuk janin memang belum berubah secara signifikan dari perkembangan di minggu sebelumnya. Namun, dapat dipastikan bahwa tubuh janin di masa ini sudah mulai memperlihatkan ketahanan dan kekuatan. Ketahanan dan kekuatan tersebut hadir berkat perkembangan tulang-tulang janin yang mulai mengeras hari demi harinya saat Mums hendak memasuki usia hamil 3 bulan. Perkembangan tulang tersebut juga mendorong pembentukan tunas gigi yang kini sudah mulai muncul pada janin

Di fase ini perkembangan janin mulai terbentuk lebih kompleks dari sebelumnya. Pertama, pita suara dari janin sudah mulai terbentuk. Jika posisi janin berada di luar cairan ketuban, besar kemungkinan calon bayi di dalam kandungan Mums sudah bisa mulai bersuara sedikit demi sedikit. Kuku jari tangan dan kaki juga sudah mulai tumbuh secara perlahan saat Mums mulai memasuki usia hamil 3 bulan. Organ-organ vital yang sudah berkembang sebelumnya, seperti usus, hati, dan ginjal kini sudah mulai berada di tempat yang seharusnya serta sudah mulai berfungsi secara optimal. Di luar fisik, bagian otak janin saat ini sudah mulai berkembang sangat pesat, hal tersebut ditandai dengan adanya pembentukan sel baru sebanyak 250.000 sel setiap menitnya.

Perkembangan janin pada usia kehamilan 11 minggu

Dengan terjadinya pertumbuhan tunas gigi pada minggu sebelumnya, di usia minggu ke-11 kuncup-kuncup gigi janin sudah mulai bermunculan dan dapat terlihat di bawah bagian gusinya. Perkembangan fisik janin lainnya juga bisa dilihat melalui bentuk telinganya yang kini sudah mulai sempurna dan bergerak menuju posisi kiri dan kanan pada bagian kepala saat Mums mulai memasuki usia hamil 3 bulan.

Fase ini juga ditandai dengan bobot janin yang kini telah mencapai 7 gram dengan panjang hingga 4.1 sentimeter. Bagian kepala janin akan masih terlihat lebih besar dari bagian badan keseluruhan. Pada usia kehamilan 11 minggu, janin sudah mulai menggerakan tungkai kakinya secara aktif. Pergerakan kakinya tersebut lama kelamaan akan lebih maksimal, sehingga Mums juga akan bisa merasakan gerakan calon bayi di dalam kandungan. Sistem pernapasan bayi pun menjadi lebih baik secara perlahan. Pada masa ini, janin akan lebih sering menghirup dan menghembuskan cairan ketuban. Proses tersebut juga membantu perkembangan dan pembentukan organ paru-paru janin agar lebih kuat.

Perkembangan janin pada usia kehamilan 12 minggu

Memasuki usia 12 minggu kehamilan merupakan sebuah pertanda berakhirnya masa trimester pertama yang sudah Mums jalani. Mulai masuk ke awal usia hamil 3 bulan, secara perlahan Mums akan mulai terbebas dari fase morning sickness atau rasa mual di pagi hari. Selain Mums, janin pun memperlihatkan perkembangan yang cukup signifikan di masa ini. Pada usia kehamilan 12 minggu, janin Mums kini telah mampu mencapai bobot rata-rata seberat 14 gram.

Memasuki usia hamil 3 bulan, janin kini sudah bisa menggerakan secara perlahan jari jemarinya. Bahkan di beberapa kesempatan, ditemukan juga calon bayi Mums akan dapat membuka dan menutup kepalan tangan. Mums akan bisa dapat melihat jelas perkembangan refleks janin ketika melakukan USG nantinya. Selain itu indra pengecapan juga dapat terlihat mulai terbentuk ketika masuk ke usia hamil 3 bulan ini. Organ ginjal dari janin juga sudah mulai bekerja secara optimal. Ginjal pada janin di usia ini berperan untuk menyaring sisa-sisa asupan dan nutrisi yang diterima dan mengubahnya menjadi kotoran. 

Baca juga: Usia Kehamilan 8 Bulan

Perubahan pada tubuh Mums hamil 3 bulan

Saat memasuki usia hamil 3 bulan, Mums juga akan merasakan perbedaan pada tubuh yang cukup signifikan. Di masa ini, Mums sudah mulai bisa terbebas dari perasaan morning sickness yang kerap terjadi pada masa kehamilan 1 bulan dan 2 bulan. Dengan hilangnya morning sickness, Mums juga akan merasa lebih segar di pagi hari. Meskipun begitu, Mums tetap harus menjaga aktivitas secara minimum. Sebab, tidak jarang rasa nyeri pada bagian punggung dan perut terkadang menghampiri secara tiba-tiba. Kehadiran rasa nyeri tersebut timbul karena adanya perubahan kadar hormon serta terjadi peregangan di tendon dan ligamen karena bentuk rahim yang membesar mengikuti perkembangan janin di usia hamil 3 bulan.

Selain adanya perubahan di bagian organ di dalam tubuh, Mums juga harus memerhatikan perubahan yang terlihat secara fisik.

1. Perubahan ukuran payudara

Saat Mums mulai memasuki usia hamil 3 bulan, salah satu hal yang dapat terlihat dengan kasat mata adalah perubahan ukuran payudara. Di masa ini, payudara Mums akan terkesan meningkat namun terasa lunak, serta lingkaran areola pun akan membesar dan berwarna lebih gelap. Hal ini wajar untuk terjadi karena di masa ini, tubuh Mums secara otomatis sedang merespon kesiapan proses menyusui setelah bayi lahir.

2. Berat badan

Tanpa disadari, di masa hamil 3 bulan, berat badan Mums pun akan bertambah sekitar 0.5 hingga 1 kilogram. Kenaikan pada berat badan ini masih dalam batas normal, karena memang Mums secara perlahan harus mulai menaikkan berat badan sebagaimana yang dianjurkan oleh dokter agar janin yang berada di dalam kandungan bisa tumbuh berkembang dengan sehat.

Jangan lupa konsumsi segelas Frisomum Gold Dualcare+ setiap hari selama masa kehamilan ya, Mums. Kandungan nutrisi yang lengkap dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian sehingga kondisi tubuh senantiasa terjaga. Semangat selalu menjalani masa kehamilan!