Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Mengajarkan Arti Empati pada Anak, Ini 5 Caranya

Mengajarkan Arti Empati pada Anak, Ini 5 Caranya

Memiliki sikap empati di dalam diri, akan jadi bekal yang baik dalam pembentukan karakter si Kecil serta tumbuh kembangnya ketika dewasa kelak. Secara alami, sebenarnya empati akan muncul dengan sendirinya seiring pertambahan usia si Kecil. Namun tidak ada salahnya juga Mums membantunya memahami arti empati, dan bagaimana cara menunjukkannya pada orang lain.

Secara mendasar arti empati sendiri adalah kemampuan seseorang untuk menempatkan diri pada posisi orang lain, dan turut merasakan apa yang dirasakan. Empati adalah satu kemampuan emosional dari seorang manusia untuk peduli, dan turut memberikan perhatian dan mungkin bantuan pada apa yang sedang dialami oleh orang lain.

Tentu, hal ini secara alami akan dipahami oleh si Kecil dalam fase tumbuh kembangnya, karena sadar atau tidak Mums juga secara alami akan mengajarkan hal ini. Namun demikian untuk membantu mengoptimalkan pembelajaran yang diberikan pada si Kecil, Mums bisa lihat beberapa poin berikut ini.

Memberi Contoh Nyata

Memberi Contoh Nyata

Setiap pelajaran yang diberikan pada si Kecil, apapun bentuk dan jenisnya, akan sangat efektif ketika si Kecil melihat dan mengalaminya langsung. Dengan begini, ia dapat meniru lebih baik dan memberikan efek lebih signifikan pada kemampuan yang dimiliki si Kecil.

Ketika akan mengajarkan arti empati, Mums dapat memperlihatkan padanya secara langsung. Misalnya saja, ketika orang terdekat mengalami luka luar akibat terjatuh, ajak si Kecil untuk turut merawatnya. Biarkan si Kecil melihat bagaimana Mums mempedulikan orang terdekat ini, hingga merawat luka dan menenangkan orang tersebut.

Ketika si Kecil melihat kepedulian Mums, maka ia akan mencoba meniru, dan bahkan mungkin bertanya pada Mums mengenai apa yang Mums lakukan.

Sesederhana Mengucapkan Terima Kasih

Mengajarkan arti empati sesederhana mengucapkan terima kasih. Mengapa demikian? Karena ucapan terima kasih pada orang lain menunjukkan kepedulian dan apresiasi pada apa yang dilakukan orang tersebut. Misalnya, si Kecil membersihkan kamarnya sendiri setelah bermain, Mums bisa mengucapkan terima kasih atas hal sederhana ini.

Hal yang sama juga bisa dilakukan pada petugas kebersihan lingkungan, atau tukang parkir, atau bahkan ketika selesai mengisi bahan bakar di stasiun pengisian bahan bakar. Ajak si Kecil untuk mengucapkan terima kasih bersama Mums, sebagai bentuk empatinya atas pekerjaan yang sudah dilakukan oleh orang lain untuknya.

Memberikan Nama pada Emosi si Kecil

Memberikan Nama pada Emosi si Kecil

Ketika ia masih berusia sangat muda, tentu ia belum memahami benar emosi apa yang dirasakannya. Si Kecil akan secara langsung menunjukkan emosi tersebut, baik dengan tertawa, dengan penasaran, dengan marah, atau menangis. Nah, salah satu cara dalam mengajarkan arti empati pada anak-anak adalah dengan memberikan nama pada emosi yang dirasakannya.

Bukan proses yang mudah memang, tapi semua yang Mums butuhkan ada di dalam diri Mums. Ketika si Kecil menangis dan marah, Mums bisa menyatakan padanya bahwa ia sedang marah. Atau ketika si Kecil sedang bermain gembira dengan mainan barunya, Mums bisa mengatakan padanya bahwa si Kecil sedang bahagia, dan lain sebagainya.

Mengetahui emosi apa yang dirasakannya bisa meningkatkan kemampuan psikologis si Kecil sekaligus kemampuan komunikasinya, yang mana akan berdampak langsung pada rasa empati yang ada di dalam dirinya.

Mengajak si Kecil dalam Kegiatan Sosial

Memang mungkin dalam situasi sekarang ini akan cukup sulit melakukan kegiatan sosial di masyarakat. Namun Mums bisa mengajaknya belajar, membaca, dan mengkonsumsi konten mengenai kegiatan sosial yang ada di internet atau surat kabar.

Tapi bagaimana jika si Kecil belum bisa membaca?

Tidak masalah Mums, karena Mums bisa membacakan berita atau menceritakan kegiatan sosial tersebut pada si Kecil. Ceritakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meringankan beban yang dirasakan orang lain, bahwa beban yang terasa akan jauh lebih ringan dan membuat orang yang dibantu merasa lebih bahagia, dan lain sebagainya.

Bukan tidak mungkin ia kemudian terinspirasi untuk melakukan kegiatan serupa karena ada rasa empati yang tumbuh di dalam dirinya. Baru ketika ia bertanya perasaan apa yang dirasakannya tersebut, Mums bisa secara gamblang menjelaskan arti empati.

Arti Empati dengan Interaksi dengan si Kecil

Arti Empati dengan Interaksi dengan si Kecil

Mengajarkan arti empati sesungguhnya bisa dilakukan dengan mempraktekannya langsung pada si Kecil. Caranya sederhana, dengan berinteraksi, berkomunikasi intens, dan menjalin hubungan yang baik untuk dapat memahami apa yang dirasakan oleh si Kecil.

Jangan lupa, sampaikan padanya apa yang Mums pikirkan untuk perasaan si Kecil. Fasilitasi ia dalam memahami sisi psikologis yang ada dalam dirinya, sehingga ia juga akan melakukan hal sama setelah merasa nyaman bisa berkomunikasi dengan intens dan lebih dalam.

Baca Juga : Belajar di Sekolah dan di Rumah, Sama Pentingnya!

Mengajarkan arti empati adalah satu proses panjang yang perlu dilakukan sedini mungkin, agar penanaman sifat ini bisa jadi bagian besar dalam kehidupannya. Tentu saja, agar proses ini optimal, Mums juga perlu mendukungnya dengan asupan nutrisi yang cukup. Selain makanan dan minuman bergizi, Mums juga dapat menambahkan Friso Gold 4 sebagai asupan pelengkap. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan senantiasa terjaga, sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan mendukung tumbuh kembangnya semakin optimal.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang