Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mengatasi Ketidaknyamanan Saat Hamil Dengan Diet yang Tepat

Mengatasi Ketidaknyamanan Saat Hamil Dengan Diet yang Tepat

Hampir semua wanita mengalami ketidaknyamanan saat mengandung. Inilah saat dimana Anda harus berada di samping pasangan Anda, berusaha mengerti, mendukung dan membuatnya merasa nyaman atau untuk membantu menenangkannya. Cobalah lebih bersabar dalam menghadapi suasana hati pasangan yang berubah-ubah.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memahami pertumbuhan dan nutrisi janin dalam masa kehamilan. Cara ini cukup bermanfaat untuk mencegah terjadinya ketidaknyamanan saat mengandung. Lengkapi pengetahuan Anda dengan mengenal tahapan perkembangan calon bayi di dalam janin berikut ini.

Trimester Pertama (Pembuahan - Minggu ke-12)

Dalam tiga bulan pertama, janin berkembang dengan cepat, dari sekedar beberapa jaringan hingga bentuk yang menyerupai manusia dengan mata, telinga, jari, jari kaki dan organ vital lainnya. Perubahan cepat ini seiring dengan perkembangan plasenta yang dapat menimbulkan perubahan hormon, sehingga dapat memicu rasa mual, mulas, ngidam dan menolak makanan tertentu, pusing serta kelelahan.

Periode ini merupakan periode penting pembentukan organ tubuh si Kecil. Oleh karena itu, pasangan Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang sehat dan beragam dengan porsi seimbang, termasuk susu untuk ibu hamil, untuk mendapatkan asupan nutrisi yang optimal. Beberapa zat gizi, misal asam folat (vitamin B9), merupakan zat gizi kritis yang penting untuk dikonsumsi bahkan sebelum hamil. Fakta menunjukkan bahwa asupan asam folat yang mencukupi dapat mengurangi risiko cacat janin, terutama otak, ketika lahir.

Pasangan Anda dapat melalui periode ini dengan mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dengan porsi kecil namun sering sebanyak enam kali sehari. Bantulah ia untuk mengatur jam makan yang rutin. Mengenai makanan, simpan sejumlah buah-buahan yang memiliki cita rasa asam, seperti buah sitrus, karena rasa asam yang ringan dapat membantu meredakan mual. Sebaiknya hindari pemanis buatan dan makanan berminyak serta pedas. Pantangan lainnya antara lain alkohol, nikotin dan kafein. Anda memiliki peran sangat besar pada masa kehamilan ini. Jadi jika Anda juga ikut menghindari pantangan-pantangan ini, tentu akan membuat istri Anda lebih mudah untuk melaluinya.

Trimester Kedua (Minggu ke-13 – 24)

Tiga bulan berikutnya, kondisi istri Anda menjadi lebih baik, karena organ, otot dan sistem pendengaran si Kecil mulai bekerja dengan baik. Sehingga beberapa gejala, seperti mual dan kelelelahan yang dialami pasangan, akan berkurang.

Ini saatnya untuk memfokuskan asupan protein pada pola makan pasangan Anda, karena protein merupakan nutrisi kunci pada tahapan ini. Makanan berprotein tinggi antara lain daging merah, unggas, ikan, susu dan produk olahan susu lainnya. Jangan lupa untuk mengikutsertakan lemak dan minyak sehat seperti lemak tak jenuh (Omega-3 dan Omega-6) yang dapat ditemukan dalam minyak sayur seperti minyak kelapa dan minyak zaitun. Kacang-kacangan, biji-bijian, ikan dan hidangan laut juga ideal bagi janin karena mengandung nutrisi yang penting bagi perkembangannya.

Trimester Ketiga (Minggu ke-29 – 40)

Setelah berusia 6 atau 7 bulan, organ-organ si Kecil sudah terbentuk dengan sempurna. Ukurannya yang membesar akan menimbulkan tekanan tambahan pada organ pasangan Anda. Hal ini bisa dilihat dari pendeknya nafas, buang air kecil yang sering dan nafsu makan meningkat yang dialami pasangan Anda untuk mencukupi kebutuhan gizinya dan si Kecil.

Untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan si Kecil, pasangan Anda memerlukan banyak protein, asam folat, kalsium, zat besi dan vitamin. Oleh karena itu, dalam tahapan ini, pemberian asupan nutrisi yang teratur dan tepat dapat membantu pasangan Anda untuk mengurangi risiko kelahiran yang sulit. Pantau pola makannya dengan berhati-hati dan buat ia mengonsumsi makanan yang sehat dan lengkap dengan porsi yang seimbang. Anda bisa menanyakan dokter mengenai tips-tips untuk mengatur pola makan istri Anda.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, setiap ibu hamil dan janin memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Sehingga memeriksakan kesehatan ibu sebelum kelahiran sangat penting untuk memastikan bahwa si Kecil akan lahir dan berkembang dengan sehat dan aman.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang