Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

mudah-lelah-saat-hamil-ketahui-penyebab-dan-solusinya_Zfd5IC7XEN

Mudah Lelah Saat Hamil? Ketahui Penyebab dan Solusinya!

Memasuki di trimester awal kehamilan, mungkin Mum kerap merasa lelah dan kurang bersemangat. Selain beristirahat dengan cukup, Mum juga perlu mengonsumsi makanan bergizi dan susu ibu hamil untuk membantu menjaga kesehatan janin dan diri sendiri, lho.

Penyebab Mudah Lelah Saat Hamil

Merupakan hal yang normal jika Mum merasa mudah lelah saat hamil. Pasalnya, terjadi perubahan besar pada tubuh Mum yang membuat rasa lelah mudah muncul. Di trimester pertama, tubuh bekerja keras untuk membuat plasenta yang menjadi wadah perkembangan janin. Produksi hormon dan sistem metabolisme tubuh juga akan berubah drastis, sementara kadar gula dan tekanan darah akan menurun. Tak heran Mum menjadi mudah lelah dibandingkan biasanya.

Kapan Rasa Lelah Berlebih Akan Hilang?

Meski mungkin berbeda pada setiap orang, rasa lelah ini umumnya dialami oleh ibu hamil di  trimester pertama dan ke tiga. Di trimester pertama, rasa lelah akan Mum rasakan bersamaan dengan beberapa gejala lain seperti mual dan muntah serta kehilangan nafsu makan. Meski demikian, asupan nutrisi ibu hamil tetap tak boleh diabaikan untuk menunjang kesehatan Mum dan janin.

Trimester kedua disebut-sebut sebagai masa kehamilan yang paling nikmat. Mengapa demikian? Ini karena rasa lelah mulai berkurang dan energi Mum pun perlahan mulai terisi kembali. Manfaatkan momen ini untuk melakukan berbagai aktivitas seru yang tentunya aman untuk ibu hamil. Melakukan olahraga ringan bisa menjadi pilihan, lho. Pastikan Mum berkonsultasi dulu dengan dokter, ya!

Memasuki trimester ketiga, perut Mum akan semakin besar dan berat sehingga kelelahan berlebih kembali dirasakan. Terlebih lagi, perut yang membesar ini membuat Mum kesulitan menemukan posisi tidur yang tepat. Akibatnya, Mum jadi lebih mudah lelah karena kurang istirahat di malam hari.

Cara Mengatasi Kelelahan Berlebih Saat Hamil

Ada beberapa hal yang bisa Mum lakukan untuk mengatasi kelelahan berlebih saat hamil, yaitu:

  • Perhatikan Kondisi Tubuh

Saat Mum merasa lelah, segera berisitirahatlah. Apabila Mum masih bekerja ketika hamil, sebisa mungkin ambil waktu 10 hingga 15 menit untuk beristirahat ketika merasakan gejala lemas maupun pusing.

  • Mengonsumsi Makanan Ibu Hamil Kaya Nutrisi

Untuk membantu mengatasi kelelahan berlebih saat hamil, Mum perlu mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang yang terdiri dari Karbohidrat, Protein, serta berbagai Mineral penting.

  • Jangan Biarkan Perut Kosong

Makan saat merasa mual memang tidak mudah. Namun Mum harus memastikan agar perut tidak kosong yang bisa menyebabkan kelelahan semakin parah. Mum bisa menyantap berbagai camilan sehat di sela waktu makan.

  • Olahraga Ringan

Kelelahan berlebih saat hamil bisa diatasi jika tubuh dalam keadaan bugar. Lakukan beberapa olahraga ringan yang dianjurkan oleh dokter, misalnya saja berjalan kaki selama beberapa menit.

  • Berpikir Positif

Stres akan membuat Mum merasa lebih mudah lelah. Meski masa kehamilan penuh dengan tantangan, maka berusahalah untuk selalu berpikir positif. Tak lama lagi Mum bisa segera berjumpa dengan si Kecil, lho!

Itulah penyebab dan solusi mengatasi kelelahan saat hamil yang perlu Mum ketahui. Satu lagi, dukung kebutuhan nutrisi Mum dan janin dengan aneka makanan bergizi dan susu ibu hamil.

Frisomum Gold diperkaya dengan berbagai kandungan nutrisi penting yang membantu memperkuat janin dari dalam. Baiknya lagi, Friso juga diproduksi dengan Single Process, yaitu susu tidak dipanaskan secara berlebih, sehingga kualitas nutrisi pada susu ibu hamil ini tetap terjaga dan mudah diserap tubuh Mum.