Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi [4 Nutrisi Utama]

Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi [4 Nutrisi Utama]

Ketika berada pada masa kehamilan, tubuh Mums cenderung memerlukan asupan nutrisi yang lebih banyak. Hal ini disebabkan karena si Kecil yang berada dalam perut Mums benar-benar sepenuhnya menggantungkan asupan nutrisi untuk berkembang dari apa yang Mums konsumsi. Maka dari itu, nutrisi ibu hamil perlu benar-benar diperhatikan dan dicukupi agar kondisi Mums dan si Kecil tetap stabil.

Nutrisi yang dimaksud bisa didapatkan dari makanan yang cukup mudah ditemukan. Nah, agar Mums bisa mengetahui nutrisi apa saja yang diperlukan oleh tubuh Mums ketika masa kehamilan, Mums dapat melihat daftar nutrisi ibu hamil berikut ini. Tidak sulit didapatkan kok Mums, yang penting semua pada porsi dan takaran yang cukup setiap hari.

Protein untuk Memperbaiki Jaringan Sel

Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi [4 Nutrisi Utama]

Ketika masa kehamilan, tubuh Mums akan mengalami perubahan yang sangat signifikan. Jadi diperlukan nutrisi yang bisa membantu tubuh Mums pulih dan stabil. Protein dalam hal ini dapat mengambil peran tersebut. Turut berkontribusi dalam meningkatkan suplai darah di dalam tubuh, Protein jadi salah satu nutrisi penting selama masa kehamilan.

Selain untuk membantu tubuh Mums tetap stabil, nutrisi ini juga diperlukan untuk mendukung proses tumbuh kembang si Kecil di dalam kandungan dengan lebih optimal. Pertumbuhan otak si Kecil selama masa kehamilan memerlukan kadar Protein yang cukup tinggi. Jadi untuk nutrisi ibu hamil dan janin, diperlukan setidaknya 80 gram setiap harinya.

Karbohidrat, Menjaga Tubuh Tetap Bertenaga

Diperlukan tenaga yang besar untuk menjalani masa kehamilan. Selain untuk beraktivitas, tenaga juga diperlukan untuk dapat menjaga kondisi tubuh dan kesehatan. Asupan Karbohidrat menjadi sangat penting karena nantinya nutrisi ini akan diubah jadi Glukosa yang merupakan sumber energi utama dari tubuh manusia.

Metabolisme tubuh yang dapat berjalan dengan optimal akan membantu Mums tetap memiliki tenaga untuk beraktivitas. Jadi selama masa kehamilan, Mums tidak perlu takut cepat merasa lemas ketika harus menjalankan aktivitas tertentu. Untuk masa kehamilan, kadar Karbohidrat yang diperlukan setiap harinya adalah sekitar 350 gram. Pastikan juga untuk memilih Karbohidrat kompleks, sehingga dapat dicerna secara bertahap (dari nasi merah, roti gandum utuh, dan kentang).

Lemak, Nutrisi Ibu Hamil yang Juga Penting

Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi [4 Nutrisi Utama]

Jika Mums masih berpikir Lemak selalu bersifat jahat dan merugikan, well, sebenarnya tidak semua Lemak bersifat demikian. Sebagai nutrisi ibu hamil misalnya, Lemak adalah nutrisi yang diperlukan dan wajib dicukupi setiap harinya. Lemak berperan besar untuk pertumbuhan otak dan mata si Kecil di dalam kandungan, sehingga harus benar-benar diperhatikan kecukupan hariannya.

Di waktu yang sama, Lemak juga akan berperan besar untuk menjaga kondisi plasenta dan cairan ketuban selama Mums hamil, yakni sekitar 9 bulan. Setidaknya, setiap hari diperlukan sekitar 80 gram Lemak untuk Mums. Sumber Lemak yang sehat bisa didapatkan dengan mengkonsumsi ikan salmon, buah alpukat, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Jangan samakan asupan lemak ini dengan makanan seperti gorengan dan makan cepat saji ya Mums, hanya pilih makanan sehat untuk mencukupi asupan nutrisi harian Mums.

Kadar Gula Darah dan Kesehatan Pencernaan, Serat

Dikenal sebagai nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan saluran dan organ pencernaan, Serat juga dapat berperan untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh Mums selama masa kehamilan. Nutrisi ibu hamil yang satu ini dapat berperan besar pada trimester awal, karena pada masa ini Mums sangat rentan mengalami sembelit sehingga dapat mengganggu stabilitas kondisi kesehatan. Dengan pergerakan usus yang lancar dan optimal, makanan yang masuk akan dapat diserap dan disalurkan dengan sempurna ke bagian selanjutnya.

Konsumsi Serat yang cukup, sekitar 35 gram setiap harinya, dapat membantu Mums merasakan kenyang lebih lama setelah makan. Hal ini penting agar nutrisi yang masuk tidak berlebihan dan justru tidak dapat diserap optimal oleh tubuh. Mums dapat mencari asupan Serat pada beberapa bahan makanan, seperti buah, sayuran hijau, oatmeal, serta beragam jenis kacang-kacangan.

Asupan Lain yang Diperlukan

Nutrisi Ibu Hamil yang Wajib Dipenuhi [4 Nutrisi Utama]

Selain 4 nutrisi di atas, Mums juga masih memerlukan nutrisi ibu hamil yang harus dicukupi. Diantaranya adalah Zat Besi, Asam Folat, Kalsium, Vitamin D, Kolin, Vitamin C, Iodium, dan juga Zinc. Setiap asupan ini juga harus diperhatikan dan dijaga benar pemenuhannya agar perkembangan si Kecil berjalan optimal serta kondisi Mums terus stabil dan sehat.

Baca Juga : Bolehkah Dipijat Saat Hamil?

Dalam rangka memenuhi nutrisi ibu hamil, memang memperhatikan pola makan sangat penting. Menu dan jadwal makan harus disusun dengan disiplin, sehingga tubuh Mums dan janin yang ada di dalam perut Mums bisa benar-benar mendapatkan asupan nutrisi dengan baik. Jika diperlukan, Mums dapat mendukung pemenuhan nutrisi harian dengan susu kehamilan, seperti Frisomum Gold Dualcare+. Kandungan yang ada di dalam susu ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil, karena terbilang cukup lengkap. Selalu usahakan yang terbaik pada setiap masa kehamilan dan tumbuh kembang, dan nantikan kehadiran si Kecil!