Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Olahraga Aerobik Air Bagi Ibu Hamil

Olahraga Aerobik Air Bagi Ibu Hamil

Olahraga saat hamil? Mengapa tidak, Mum? Mencoba olahraga yang memompa semangat seperti aerobik misalnya,tak hanya baik bagi kondisi fisik Mum, tapi juga janin Mum. Lebih menyenangkan lagi karena Mum bisa mencoba aerobik air. Ingin tahu apa saja manfaatnya?

Membantu Perkembangan Sel Otak Si Kecil

Latihan di darat memberikan beban lebih bagi ibu hamil karena faktor gravitasi, sehingga Mum juga akan lebih rentan terhadap cedera sendi. Hal ini berbeda dengan latihan di air karena adanya daya apung air. Tidak seperti berolahraga di darat, aerobik air memberikan intensitas latihan yang sama seperti dumbbells atau alat bantu latihan lainnya berkat adanya tekanan air. Hal ini meningkatkan kekuatan otot dari berbagai bagian tubuh tanpa melelahkan sendi Mum. Selain itu, bila dada Mum berada di bawah air, kapasitas jantung dapat meningkat 27 - 30% dibandingkan dengan di darat. Denyut jantung menjadi lebih kuat, meningkatkan kapasitas paru-paru Mum dan tingkat oksigen dalam darah. Para ahli percaya ini adalah jenis olahraga yang baik selama kehamilan karena membantu mengaktifkan perkembangan sel otak janin dan pada saat yang sama mencegah cedera.

Tren di Kalangan Ibu Hamil di Luar Negeri

Latihan ini telah populer di kalangan ibu hamil di luar negeri selama bertahun-tahun karena beberapa alasan. Dengan daya apung air, bahkan ibu dalam tahap akhir masa kehamilan dapat terlibat dalam aerobik air, termasuk beberapa gerakan melompat ringan tanpa banyak tekanan. Pada saat yang sama, aerobik air secara efektif melatih paha, lengan dan berbagai otot lain karena tekanan air. Pada akhirnya, bentuk latihan ini juga melindungi tulang dan sendi Mum.

Berikut Manfaat Aerobik Air Selama Kehamilan:

1. Efektif mengurangi ketidaknyamanan selama hamil

Aerobik air melatih dan memperkuat perut, punggung, dada, pinggul dan otot kaki, membantu ibu hamil untuk menjaga berat badan dan fungsi kardiovaskular, untuk meringankan sakit punggung, sementara mencegah masalah seperti varises dan edema.

2. Mum tidak harus bisa berenang

Aerobik air tidak melibatkan kepala Mum untuk berada di dalam air, jadi ibu yang tidak bisa berenang dapat ikut serta.

3. Ketidaknyamanan karena berkeringat

Bagi Mum yang tidak suka mengeluarkan banyak berkeringat setelah berolahraga, olahraga ini tidak akan membuat Mum berkeringat berlebihan.

4. Langkah-langkah sederhana yang mudah untuk dipelajari:

Langkah-langkah aerobik air untuk ibu hamil mudah untuk dipelajari, termasuk langkah ke-depan-ke-belakang dan kiri-ke-kanan, mendorong dan menarik lengan, menandai waktu, melompat ringan, menaikkan kaki, menendang, tendangan katak dan sebagainya. Tidak menutup kemungkinan jika ibu hamil pada tahap akhir kehamilan juga bisa berlatih langkah-langkah ini.

Ajak Anggota Keluarga untuk Menemani

Sebaiknya ibu hamil memiliki kondisi yang stabil agar dapat melakukan aerobik air sesuai saran dokter. Selama air ketuban tidak pecah, perdarahan, timbul nyeri perut bagian bawah, dan atau tidak ada gejala/keluhan lainnya,ibu pada tahap akhir kehamilan bisa terus berlatih. Walaupun langkah-langkah aerobik air sangat sederhana, Mum tetap disarankan untuk melakukan latihan di bawah pengawasan instruktur profesional, tenaga medis, atau anggota keluarga. Ingat bahwa keselamatan selalu menjadi prioritas utama dan cobalah untuk pergi ke kolam renang yang didedikasikan untuk ibu hamil. Jika Mum memilih untuk pergi ke kolam renang umum, jagalah jarak aman Mum dari keramaian dan pakailah sepatu anti-slip agar tidak mudah tergelincir, serta sebaiknya pilih kolam renang dengan kedalamannya tidak melebihi dada Mum.

Kelas Aerobik Air yang Dirancang untuk Ibu Hamil

Kelas aerobik air dilakukan di kolam dengan suhu air yang sesuai untuk ibu hamil, yaitu sekira 29 - 30 °C. Suhu air yang lebih rendah dapat memicu kontraksi rahim, serta menyebabkan ingin buang air kecil lebih sering. Apabila sering bolak-balik antara toilet dan kolam renang, tentunya dapat meningkatkan resiko terpeleset atau terjatuh. Selain itu, Mum mungkin dapat terserang demam atau pilek karena perubahan suhu antara air dan area kolam renang.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang