Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Saat Hamil

Pentingnya Menjaga Kesehatan Saat Hamil

Di masa kehamilan, tubuh mengalami perubahan drastis. Akibatnya, Mum sering merasa kelelahan dan mual. Mayo Foundation for Medical Education & Research dalam situsnya menuliskan bahwa perubahan tersebut tidak hanya mempengaruhi fisik, melainkan juga kondisi emosi ibu hamil. Akibatnya, kestabilan emosi terganggu dan Mum pun mengalami baby blues.

Agar lebih rileks, cobalah untuk berjalan di pagi atau malam hari. Saat berjalan di pagi hari, Mum bisa mendengarkan kicauan burung atau mencium harum bunga di taman. Ajak pasangan untuk menemani agar suasana terasa lebih menyenangkan. Atau berkeliling taman dan memperhatikan indahnya bintang di langit malam. Mum dan Dad dapat berdiskusi mengenai calon bayi. Mintalah dia untuk mengabadikan siluet tubuh Mum dengan taman sebagai latar belakang, untuk mengingat langkah pertama Mum memasuki dunia motherhood.

Ada banyak manfaat yang didapat saat Mum mencoba berjalan. Selain fisik, olahraga ringan tersebut juga baik untuk kondisi emosi serta pikiran ibu hamil. Menurut Molly Kimbal, ahli diet dari Ochsner Clinic Foundation, seperti yang dilansir oleh Harian Sumut Pos, berjalan dapat membuat ibu hamil lebih rileks akibat hormon endorfin yang dilepaskan. Namun, jangan terlalu memaksakan diri untuk berjalan berlebihan, agar Mum tidak terlalu lelah.

Selain itu, perlu diingat bahwa saat hamil, asupan gizi yang dibutuhkan pun lebih banyak. Oleh karenanya, konsumsi makanan tambahan bisa dijadikan pilihan untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat. Lengkapi juga menu makanan Mum dengan jus wortel atau jus leci yang dipercaya mampu menambah energi ibu hamil. Tak lupa, susu untuk ibu hamil pun dapat menyempurnakan asupan gizi harian selama hamil.

Perawatan tubuh juga bisa membuat Mum lebih rileks. Misalnya, perawatan spa dan pijat ringan secara rutin, supaya tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang