Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Pilihan Makanan Bayi sebagai MPASI, Mana Favorit si Kecil?

Pilihan Makanan Bayi sebagai MPASI, Mana Favorit si Kecil?

Memberikan MPASI pada bayi adalah cara paling tepat dalam membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. MPASI sendiri sudah dapat dikenalkan ketika si Kecil siap, idealnya pada usia 6 bulan atau lebih. Tentu saja makanan bayi yang diberikan sebagai MPASI ini juga wajib memiliki tekstur lembut, karena menjadi makanan ‘peralihan’ dari ASI yang berbentuk cair ke tekstur yang lebih padat.

Alasan utama mengapa MPASI harus diberikan sebenarnya adalah agar kebutuhan nutrisi harian si Kecil dapat terpenuhi. Pada usia di bawah 6 bulan, memang nutrisinya dapat dipenuhi semata dengan ASI saja. Namun karena pertambahan berat dan volume tubuh si Kecil, maka kebutuhan nutrisinya juga akan meningkat. Bukan berarti ASI tidak diberikan lagi, ASI tetap wajib diberikan, namun didampingi dengan makanan lain yang lebih bertekstur.

Nah, mungkin tidak sedikit Mums yang bingung, kira-kira apa makanan yang lebih tepat diberikan sebagai makanan bayi pada usia-usia ini. Mums berada di artikel yang tepat, karena di bawah ini Mums bisa melihat beberapa resep makanan bergizi dan bertekstur lembut. Check it out!

Pertama, Bubur Susu

Pertama, Bubur Susu

Bubur susu ini akan jadi makanan bayi yang tepat, karena komposisinya menggunakan ASI sebagai bahan utama. Tentu, dipadukan dengan beberapa bahakn lain yang juga bernutrisi, agar si Kecil dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari.

Bahan yang diperlukan adalah 10 gram tepung beras dan 200 ml ASI. Caranya mudah, Mums cukup memasak tepung dengan sedikit air, lalu setelah cukup matang tuangkan di mangkuk dan tambahkan ASI yang sudah disiapkan. Makanan ini memiliki cukup nutrisi dari ASI dan Karbohidrat dari tepung yang digunakan, serta bisa jadi latihan baik untuk indra perasa si Kecil sebagai pengenalan makanan padat.

Puree Alpukat, Bertekstur dan Mengenyangkan

Salah satu buah yang bisa masuk dalam kategori makanan bayi sehat dan bernutrisi adalah alpukat. Teksturnya yang lembut dan berserat, menjadikan buah ini sangat baik untuk makanan adaptasi yang diberikan pada si Kecil.

Untuk membuat puree alpukat sendiri Mums hanya memerlukan 50 gram alpukat yang sudah dikupas, dicuci bersih, dan dipotong kecil, serta 30 ml ASI. Cara membuatnya adalah haluskan alpukat dengan sendok pada saringan kawat. Jangan tambahkan air, karena nantinya Mums akan menambahkan ASI sebagai elemen cairan di dalamnya. Setelah cukup halus, tambahkan ASI dan campurkan hingga rata. Puree alpukat siap disantap oleh si Kecil.

Makanan Bayi Bernutrisi dan Segar Puree Pir dan Pepaya

Makanan Bayi Bernutrisi dan Segar Puree Pir dan Pepaya

Puree mungkin adalah salah satu makanan bayi paling cocok yang bisa diberikan, karena memiliki rasa yang beragam serta tekstur yang masih bisa dicerna oleh organ pencernaan si Kecil. Kali ini, Mums bisa memberikan puree pir dan pepaya, dengan tambahan ASI tentu saja.

Bahannya adalah 30 gram pir kuning, 25 gram pepaya, serta 30 ml ASI. Cara membuatnya adalah cuci bersih dan kupas semua buah yang ada. Kukus buah pir hingga empuk dan saring dengan saringan kawat. Untuk pepaya, tidak perlu dikukus, langsung saring saja menggunakan saringan kawat. Setelah didapatkan tekstur yang diinginkan, campurkan keduanya dengan ASI sebagai bahan cair. Puree segar dan bernutrisi siap disajikan.

Puree Pisang, Lembut dan Lezat

Salah satu puree yang sering dijadikan andalan untuk makanan bayi dan MPASI adalah puree pisang. Bukan tanpa sebab, buah ini sangat mudah ditemukan dan tidak memiliki musim spesifik, jadi untuk membuatnya tidak perlu menunggu waktu tertentu.

Mums hanya memerlukan 50 gram pisang dan 30 ml ASI saja. Pisang yang biasa digunakan adalah pisang ambon. Pertama, kupas dan potong pisang dalam ukuran yang lebih kecil. Lalu Mums bisa menghaluskan pisang tersebut dengan cara diserut menggunakan sendok. Setelah terkumpul semua, tambahkan ASI dan campurkan hingga rata. Puree pisang kental siap disajikan untuk makan si Kecil.

Puree Apel Juga Bisa Jadi Pilihan

Puree Apel Juga Bisa Jadi Pilihan

Bahan terakhir yang biasa dijadikan puree adalah apel. Ya, mungkin Mums awalnya berpikiran bahwa buah keras seperti apel dan pir tidak bisa menjadi makanan bayi. Namun dengan proses pengukusan, kedua buah ini akan memiliki tekstur yang jauh lebih lunak.

Yang dibutuhkan adalah 50 gram apel, 20 ml ASI, serta jus jeruk manis sebagai penyegar. Mums tinggal mengukus apel sampai lunak, kemudian saring dengan saringan kawat hingga mendapatkan tekstur yang diinginkan. Setelah selesai, tambahkan ASI dan jus jeruk yang sudah disiapkan agar puree menjadi lebih lembut teksturnya.

Baca Juga : Panduan Jadwal Makan Bayi yang Bisa Mums Gunakan

Memberikan makanan bayi tentu tetap wajib memperhatikan kebersihan dan higienitas makanan tersebut. Selain itu, usahakan untuk menghindari penggunaan blender karena akan membuat teksturnya terlalu lembut. Saring saja dengan cara manual, sehingga Mums bisa mengontrol tekstur makanan yang diberikan pada si Kecil.

Tentu, karena makanan bayi sifatnya adalah pelengkap dan pendukung pemenuhan nutrisi, ASI yang jadi asupan utama tetap harus berkualitas. Selain menerapkan pola hidup sehat dan makanan yang bernutrisi, Mums juga dapat menambahkan Frisomum Gold Dualcare+ ke dalam menu makanan agar kebutuhan, nutrisi harian yang Mums miliki bisa terpenuhi.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang