Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Rutin Melakukan Senam Ibu Hamil, Ini 5 Manfaatnya!

Rutin Melakukan Senam Ibu Hamil, Ini 5 Manfaatnya!

Melakukan senam ibu hamil secara rutin selama masa kehamilan bisa menjadi kegiatan yang Mums pilih untuk menghabiskan waktu. Kecenderungan tubuh yang terasa terkuras tenaganya, ternyata justru berasal dari kurangnya gerak yang dilakukan. Dengan melakukan gerakan senam sederhana, Mums akan memiliki tenaga yang lebih banyak dan tubuh yang lebih bugar selama masa kehamilan.

Memang kondisi kehamilan yang terus membesar tentu tidak mengijinkan Mums bergerak terlalu banyak. Namun demikian, pada kelas senam ibu hamil yang bisa dengan mudah Mums ikuti, gerakan yang dilakukan sudah diperhitungkan dan disesuaikan dengan kondisi Mum. Sesuai kebutuhan dan kemampuan tubuh, senam seperti ini juga akan membantu Mums ketika proses persalinan nanti.

Lalu sebenarnya apa saja sih manfaat dari senam ibu hamil yang sedari tadi dijabarkan?

Meringankan Rasa Nyeri dan Sakit

Rutin Melakukan Senam Ibu Hamil, Ini 5 Manfaatnya!

Ketika masa kehamilan, tidak jarang tentu Mums mengalami rasa nyeri dan sakit di berbagai anggota tubuh. Misalnya pada bagian tulang belakang, yang terasa nyeri karena beban yang ditopang semakin besar. Hal yang sama juga terjadi pada persendian kaki serta panggul yang berperan besar menopang berat tubuh Mums dan si Kecil yang ada di dalam perut selama kurang lebih 9 bulan.

Beberapa gerakan yang dilakukan ketika senam ibu hamil dapat membantu Mums meringankan rasa nyeri dan sakit ini. Dengan gerakan perlahan dan terukur, setiap otot dapat distimulasi agar menjadi lebih kuat serta memiliki waktu ‘istirahat’ yang lebih baik, sehingga dapat tetap bekerja dengan baik hingga saat Mums melahirkan nantinya.

Merangsang Kerja Jantung dan Paru-Paru

Rutin Melakukan Senam Ibu Hamil, Ini 5 Manfaatnya!

Ketika tubuh Mums secara rutin melakukan gerakan senam, maka dengan sendirinya kinerja paru-paru dan jantung juga akan terpicu. Hal ini diperlukan sebab disadari atau tidak semasa kehamilan tubuh Mums akan menanggung beban 2 tubuh secara langsung. Kerja jantung dan paru-paru yang optimal dapat membuat kondisi Mums dan si Kecil yang berada di dalam kandungan tetap stabil.

Peningkatan kerja kedua organ ini juga tidak seperti ketika Mums berolahraga intens sebelum masa kehamilan. Peningkatannya dilakukan secara perlahan dan pada taraf yang tetap aman. Jadi, kerja organ meningkat tanpa harus membahayakan kondisi kesehatan Mums dan janin yang sedang dikandung.

Memperkuat Persendian

Rutin Melakukan Senam Ibu Hamil, Ini 5 Manfaatnya!

Seperti yang sudah diungkapkan pada poin pertama tadi, bahwa senam ibu hamil juga dapat memperkuat otot dan tulang yang mendapat beban lebih besar selama masa kehamilan, demikian pula halnya dengan persendian. Tentu saja, ada satu waktu ketika Mums tengah hamil, ketika Mums merasakan persendian, biasanya pada bagian kaki, terasa sangat nyeri dan mudah lelah.

Dengan gerakan senam ibu hamil yang dilakukan secara rutin, kekuatan sendiri akan perlahan meningkat sehingga mampu menopang tambahan berat badan akibat kehamilan dengan lebih baik. Ketika sendi semakin kuat, maka aktivitas sehari-hari yang Mums lakukan juga akan menjadi lebih efektif. Gerak tubuh semakin fleksibel, dan tidak ada lagi cerita Mums tidak dapat beraktivitas karena sendi yang terasa nyeri.

Mengontrol Berat Badan

Rutin Melakukan Senam Ibu Hamil, Ini 5 Manfaatnya!

Salah satu ‘efek samping’ yang akan muncul pasca melahirkan, bahkan mungkin sejak masa kehamilan, adalah pertambahan berat badan yang cukup besar. Hal ini meski tidak terlalu terasa pada saat awal kehamilan, akan sangat terasa setelah beberapa saat pasca kelahiran. Nah, senam ibu hamil juga dapat membantu Mums untuk hal yang satu ini.

Dengan melakukan gerakan rutin, tubuh akan terbiasa membakar kalori yang masuk dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Setelah digunakan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian Mums selama hamil, sisa kalori bisa terbakar secara efektif dengan gerakan yang dilakukan ketika senam. Jadi setelah melahirkan Mums akan lebih mudah mengontrol berat badan.

Tidur Lebih Nyenyak

Rutin Melakukan Senam Ibu Hamil, Ini 5 Manfaatnya!

Dengan kekuatan sendi dan otot yang makin baik, peredaran darah yang lancar, maka Mums juga akan mendapatkan waktu istirahat malam yang lebih baik. Waktu tidur yang berkualitas sangat diperlukan untuk ibu hamil demi menunjang tumbuh kembang si Kecil yang berada dalam kandungan. Maka dari itu, senam ibu hamil sangat direkomendasikan untuk terus menjaga stabilitas tubuh pada masa kehamilan.

Baca Juga : Mengetahui Penyebab Cegukan pada si Kecil, Simak Ulasannya!

Dalam kondisi hamil tidak berarti kemudian Mums benar-benar tidak melakukan aktivitas fisik. Meski dikurangi intensitasnya serta disesuaikan porsi aktivitasnya, hal ini tetap perlu dilakukan karena pada dasarnya tubuh manusia tetap harus terus bergerak untuk menjaga kesehatannya. Mums bisa mengikuti kelas senam ibu hamil yang ada, dengan rekomendasi dan pertiimbangan dari dokter kehamilan yang Mums percaya. Sederhana, agar aktivitas yang Mums lakukan untuk menjaga kondisi tubuh benar-benar dapat membawa manfaat baik untuk Mums dan si Kecil.

Melakukan senam ibu hamil secara rutin adalah salah satu aktivitas berguna yang dapat Mums lakukan untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil di dalam kandungan. Tentu, hal ini juga harus didukung pula dengan konsumsi makanan bernutrisi dan susu kehamilan. Tambahkan Frisomum Gold Dualcare+ untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian Mums selama masa kehamilan dan menyusui.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang