Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Si Kecil Suka Berbicara Tanda Kecerdasan Linguistiknya Menonjol!

Si Kecil Suka Berbicara? Tanda Kecerdasan Linguistiknya Menonjol!

Kecerdasan yang dimiliki seorang manusia tidak hanya seputar berhitung saja, namun juga mencakup banyak jenis kecerdasan lain. Kecerdasan majemuk, demikian sebutannya. Mulai dari kecerdasan linguistik, visual-spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, naturalis, logika-matematika, hingga kecerdasan intrapersonal. Semua ini wajib distimulasi sejak dini, sehingga dapat tumbuh dengan optimal.

Kali ini mari sedikit lebih jauh mengulas mengenai kecerdasan linguistik, yang merupakan kecerdasan si Kecil dalam berbahasa verbal. Kecerdasan yang satu ini mungkin merupakan salah satu kecerdasan yang paling mudah dideteksi, karena Mums secara langsung dapat melihatnya.

Apa Sebenarnya Kecerdasan Linguistik Itu?

Apa Sebenarnya Kecerdasan Linguistik Itu?

Jika didefinisikan secara sederhana, kecerdasan linguistik merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan si Kecil dalam berbahasa dan berkomunikasi. Tidak hanya dalam artian verbal saja, namun yang juga berkaitan seperti kemampuan menulis, membaca, mendengarkan cerita, dan sebagainya.

Tidak sedikit anak-anak yang mungkin juga sudah Mums temui, sudah bisa banyak berbicara (well, meskipun mungkin kata-katanya belum jelas) pada usia dini. Hal ini merupakan satu indikasi bahwa anak itu memiliki kecerdasan linguistik yang baik.

Lalu Apakah si Kecil Memilikinya?

Lalu Apakah si Kecil Memilikinya

Kecerdasan linguistik selalu menunjukkan ‘keberadaannya’ dengan cukup jelas. Memang sebenarnya delapan jenis kecerdasan yang disebutkan di atas pasti dimiliki setiap anak, hanya saja, biasanya setiap anak akan memiliki kelebihan pada satu bidang tertentu.

Untuk kecerdasan yang kita bahas sekarang ini, tanda-tanda yang bisa dilihat cukup jelas. Misalnya saja yang sudah disebutkan tadi, bisa berbicara dan menggumam dalam intensitas yang tinggi meskipun usianya masih sangat muda. Tanda lain adalah si Kecil menunjukkan ketertarikan yang teramat sangat ketika dibacakan buku cerita, atau mendengarkan dongeng yang Mums bacakan.

Pada usia yang lebih dewasa, ketika ia sudah mampu membaca dan menulis sendiri, ia juga akan memiliki ketertarikan pada bahasa asing. Si Kecil juga akan sangat senang ketika di ajak ke perpustakaan, menikmati karya sastra, dan suka berdiskusi dengan Mums atau orang lain.

Memang mungkin untuk banyak orang si Kecil akan terdengar sangat cerewet. Namun sebenarnya, hal ini adalah tanda jelas bahwa ia memiliki kecerdasan linguistik yang menonjol. Sisanya tinggal diasah dan diberikan stimulu secara optimal, agar bakat yang dimilikinya ini bisa menjadi satu kelebihan untuk si Kecil.

Begini Cara Memberikan Stimulusnya

Begini Cara Memberikan Stimulusnya

Jika si Kecil nampak menunjukkan beberapa tanda di atas, maka Mums perlu memberikan stimulus yang tepat sejak ia masih berusia dini.

  • Mengajaknya mengobrol, cara paling mudah dan sederhana yang bisa dilakukan adalah mengajak si Kecil mengobrol. Meski ia belum dapat merespon, ajak si Kecil berbincang dan ajukan pertanyaan seolah ia sudah memahaminya.
  • Bacakan buku, cara ini sangat baik untuk memperkaya perbendaharaan kata si Kecil sekaligus melatih imajinasinya. Kata yang didengar dan cerita yang muda diikuti jadi kombinasi baik untuk rangsangan kecerdasan ini.
  • Ajak si Kecil mendatangi tempat yang berkaitan dengan sastra dan pustaka, seperti museum dan perpustakaan. Di sini ia dapat mengetahui lebih banyak bacaan dan pengetahuan.
  • Tanyai si Kecil secara langsung untuk merangsangnya terus berbicara, bukan dalam artian sepanjang hari berbicara, tapi menjadi anak yang komunikatif. Jika ia sudah sekolah, tanyakan tentang kejadian di sekolahnya, jika ia pulang bermain, tanyakan apa-apa saja yang membuatnya tertarik pada permainan tersebut.
  • Dorong si Kecil berani tampil, ketika berada di pusat keramaian yang memungkinkan ia untuk tampil dan membacakan karyanya, dorong si Kecil untuk hal ini. Disamping merangsang perkembangan kecerdasan linguistik, hal ini juga akan baik untuk melatih rasa percaya diri yang ada di dalam dirinya.
  • Berikan buku sesuai usianya, kemampuan linguistik adalah satu kemampuan yang menempel pada dirinya, dan akan tumbuh dan berkembang seiring usianya. Setiap fase tumbuh kembang, berikan buku yang sesuai untuknya. Mums juga bisa menggunakan sumber bacaan lain seperti gadget, hanya saja harus tertib dalam pengaturan durasi penggunaan agar tidak terlalu lama terpapar sinar biru dari display

Baca Juga : Stimulasi adalah Faktor Krusial Tumbuh Kembang si Kecil

Merangsang tumbuh kembang si Kecil memang bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Tentu, karena kecerdasan yang dimilikinya juga beragam, maka Mums juga wajib memperhatikan setiap poin yang mungkin jadi tanda kecerdasan mana yang menonjol. Meski demikian, semua jenis kecerdasan tetap harus diberikan stimulus yang sama rata agar si Kecil tumbuh secara seimbang.

Memahami sedikit lebih jauh mengenai kecerdasan linguistik ini semoga bisa jadi satu bahan bacaan yang berguna untuk Mums dalam rangka mendampingi si Kecil untuk terus tumbuh dan berkembang. Agar tumbuh kembang dan rangsangan yang diberikan bisa optimal, Mums juga wajib memberikan makanan bergizi. Tambahkan Friso Gold 4 sebagai susu formula, untuk mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi harian si Kecil dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan terjaga sehingga mudah diserap tubuh si Kecil.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang