Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Susu Ibu Hamil Bantu Dampingi Perubahan di Trimester Awal Kehamilan

Susu Ibu Hamil Bantu Dampingi Perubahan di Trimester Awal Kehamilan

Selamat ya, sekarang Mum sudah resmi menjadi calon ibu! Oleh karena itu, ayo penuhi asupan nutrisi Mum dan janin dengan rajin mengonsumsi makanan bergizi serta susu ibu hamil. Kesehatan ketika hamil muda memang penting untuk dijaga. Pasalnya, banyak perubahan yang akan terjadi di trimester awal kehamilan, baik pada fisik maupun psikis Mum. Apa saja perubahannya? Yuk simak informasinya di bawah ini!

Perubahan Fisik

  1. Rasa Mual

    Gejala yang juga dikenal dengan sebutan nausea atau morning sickness ini, disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Selain itu, indra penciuman wanita hamil yang menjadi lebih sensitif, membuat Mum menjadi lebih mudah mual ketika mencium aroma tertentu; seperti makanan, parfum, atau asap rokok. Menjaga asupan kehamilan dengan memilih makanan rendah lemak dan mudah dicerna, bisa jadi cara untuk meredakan gejala ini. Namun, jika rasa mual terus bertambah parah, segera periksakan ke dokter ya, Mum.

  2. Perubahan pada Payudara

    Ketika hamil, Mum mungkin akan mendapati payudara yang menjadi bengkak dan sedikit nyeri. Penyebabnya adalah perubahan hormon yang mempersiapkan tubuh untuk menyusui si Kecil ketika lahir nanti. Guna menyiasatinya, Mum bisa menyesuaikan ukuran bra agar dapat menopang payudara dengan lebih nyaman.

  3. Kelelahan

    Kelelahan merupakan gejala yang umum terjadi di trimester awal kehamilan. Penyebabnya adalah peningkatan hormon progesteron dalam tubuh, sehingga Mum dianjurkan untuk banyak beristirahat. Guna mengurangi gejala ini, perbanyak asupan Zat Besi serta Protein dari makanan dan susu ibu hamil ya, Mum. Selain itu, lakukan juga jalan santai secara rutin untuk melatih kondisi fisik Mum.

  4. Buang Air Kecil Lebih Sering

    Perubahan hormon ketika hamil membuat aliran darah menuju ginjal menjadi lebih cepat. Hal ini menyebabkan kandung kemih lebih cepat terisi, sehingga frekuensi buang air kecil Mum menjadi lebih sering. Agar tidur di malam hari tidak terganggu karena gejala ini, sebaiknya jaga asupan ibu hamil dengan menghindari konsumsi minuman yang dapat meningkatkan produksi urin; misalnya kopi, teh, dan alkohol.

  5. Heartburn dan Konstipasi

    Kondisi kehamilan membuat proses pencernaan Mum menjadi lebih lambat, guna memaksimalkan penyerapan nutrisi makanan yang akan disalurkan kepada janin. Sayangnya, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan heartburn atau rasa panas di dada, serta konstipasi. Namun Mum tidak perlu khawatir, karena heartburn bisa dicegah dengan menghindari konsumsi buah sitrus, minuman bersoda, serta makanan yang digoreng dan memiliki rasa pedas. Sementara konstipasi bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan berserat, serta menambah asupan cairan dari air mineral dan susu ibu hamil.

Perubahan Psikis

  1. Mood yang Tidak Stabil

    Peningkatan hormon estrogen dan progesteron lagi-lagi memengaruhi kondisi Mum, kali ini menyebabkan moodyang berubah-ubah. Tidak hanya itu, perubahan fisik yang dialami ketika hamil pun dapat menjadi pemicu kondisi ini. Namun, banyak lho, Mum, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya; misalnya dengan berkebun, melakukan kegiatan fisik ringan seperti berenang dan berjalan santai, atau mengonsultasikan kondisi ini dengan dokter kandungan.

  2. Kecemasan

    Perasaan yang dilanda kecemasan ketika hamil merupakan hal yang wajar kok, Mum. Hal-hal yang diresahkan pun bermacam-macam, mulai dari kondisi kesehatan janin, hingga kekhawatiran apakah Mum bisa menjadi orang tua yang baik. Untuk meredakan kegelisahan ini, Mum dapat melakukan aktivitas yang dianggap menyenangkan, hingga membicarakannya dengan orang terdekat atau dokter kandungan.

Nah, agar perubahan di atas tidak mengganggu kondisi kehamilan, yuk, bantu penuhi nutrisi Mum dan janin dengan Frisomum Gold yang diperkaya Protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Apalagi, Friso diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak diproses dan dipanaskan secara berlebih, sehingga kualitas nutrisinya tetap terjaga dan mudah diserap tubuh. Dengan begitu, Mum bisa menikmati manfaat nutrisi susu ibu hamil ini dengan optimal hingga proses persalinan nanti.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang