Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Vitamin Ibu Hamil yang Penting Untuk Kesehatan Mums dan Janin

Vitamin Ibu Hamil yang Penting Untuk Kesehatan Mums dan Janin

Saat hamil, Mums harus mulai berhati-hati dalam memilih asupan nutrisi yang dikonsumsi. Hal ini karena setiap makanan yang Mums konsumsi akan diserap oleh janin sebagai nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Inilah alasan kenapa Mums perlu mencukupi kebutuhan vitamin ibu hamil selama sembilan bulan. 

Kebutuhan vitamin ibu hamil yang terpenuhi menjadi salah satu faktor penentu kesehatan Mums dan janin. Kurangnya asupan nutrisi gizi seimbang, membuat janin berisiko lebih tinggi mengalami gangguan serta kesehatan Mums saat hamil dan melahirkan pun akan terganggu. Selain itu, Dengan asupan gizi seperti vitamin ibu hamil yang baik, risiko komplikasi saat persalinan, kecacatan bayi, penyakit kronik di masa mendatang pun akan berkurang. 

Perlu Mums ketahui bahwa nutrisi yang dikonsumsi sejak masa kehamilan trimester pertama berperan penting bagi kecerdasan anak yang optimal. Karenanya, pilihlah makanan sehat dan vitamin ibu hamil yang tepat untuk menjamin nutrisi yang memadai bagi tumbuh kembang calon buah hati. 

Jenis-jenis Vitamin Ibu Hamil

Nutrisi dari makanan biasa aja belum cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, Mums perlu menambahkan vitamin ibu hamil untuk agar dicerna dengan baik oleh calon buah hati. 

Vitamin A

Vitamin A termasuk kebutuhan vitamin ibu hamil yang dibutuhkan untuk kesehatan Mums dan perkembangan janin, vitamin ibu hamil yang satu ini memiliki manfaat sebagai berikut :

  • Pergantian sel baru pada semua jaringan tubuh
  • Mencegah terjadinya kelainan bawaan pada bayi
  • Membentuk dan memperbaiki sel saraf
  • Meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil
  • Pembentukan tulang dan gigi 

Vitamin B Kompleks

Kebutuhan vitamin ibu hamil B kompleks akan meningkat seiring dengan perkembangan janin selama sembilan bulan. Secara umum, vitamin B kompleks dibutuhkan untuk proses metabolisme, menggunakan energi dari makanan, serta memproduksi sel darah merah. Jadi tak heran ya, Mums, vitamin B kompleks termasuk dalam vitamin ibu hamil yang penting untuk kesehatan selama kehamilan. Berikut beberapa fungsi vitamin ibu hamil dalam golongan B kompleks :

  • Vitamin B1

Vitamin B1 dikenal juga dengan istilah tiamin. Vitamin ibu hamil ini bisa Mums dapatkan pada gandum, ragi, kacang-kacangan, dan daging. Fungsi vitamin ibu hamil B1 antara lain dapat membantu pertumbuhan janin dan berperan dalam penggunaan karbohidrat menjadi sumber energi bagi ibu hamil.

  • Vitamin B2

Vitamin ibu hamil ini dikenal dengan istilah riboflavin yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan saluran cerna. 

  • Vitamin B3

Vitamin ibu hamil B3 atau niasin berfungsi untuk memecah makanan yang dikonsumsi ibu hamil menjadi energi. 

  • Vitamin B5

Vitamin ibu hamil selanjutnya yang tak kalah penting adalah vitamin B5 atau asam pantotenat. Vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan hormon pertumbuhan serta dibutuhkan tubuh untuk memecah karbohidrat dan lemak menjadi energi. 

  • Vitamin B6

Vitamin yang disebut piridoksin ini memiliki fungsi untuk metabolisme asam amino dan pembentukan sel darah merah. Vitamin ibu hamil ini dapat ditemui pada ikan, daging ayam, kentang, dan buah-buahan. 

  • Vitamin B9

Vitamin B9 atau asam folat termasuk vitamin ibu hamil yang paling dibutuhkan dalam menjaga kesehatan Mums dan perkembangan janin. Para ahli menyarankan agar Mums yang sedang menjalani program hamil dapat mengonsumsi asam folat sedini mungkin. Vitamin ibu hamil dari asam folat dapat menurunkan risiko cacat otak dan saraf tulang belakang pada janin. Perkembangan otak dan saraf tulang belakang dimulai di awal kehamilan. 

  • Vitamin B12

Vitamin B12 juga dikenal dengan istilah kobalamin. Vitamin ibu hamil ini berperan dalam membantu meningkatkan kesehatan sel saraf dan pembentukan sel darah merah. 

Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat merupakan jenis vitamin ibu hamil yang larut dalam air. Perlu Mums ketahui, vitamin ini tidak bisa diproduksi sendiri dalam tubuh sehingga Mums membutuhkannya dari asupan makanan seperti sayuran dan buah yang mengandung vitamin C. Vitamin ibu hamil ini disarankan untuk dikonsumsi setiap hari karena tidak bisa disimpan di dalam tubuh dengan baik. Namun, Mums tetap harus menjaga dosis vitamin C agar sesuai dengan angka kecukupan gizi agar manfaatnya optimal dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan pada Mums dan calon buah hati. 

Banyak sekali manfaat yang bisa Mums dapatkan dalam vitamin ibu hamil ini, antara lain: 

  • Meningkatkan tumbuh kembang janin
  • Mencegah anemia
  • Menurunkan risiko diabetes gestasional yang sering dialami Ibu hamil
  • Menjaga tekanan darah dan kadar protein dalam urin 
  • Mengurangi terjadinya pembengkakan di bagian tubuh

Vitamin D

Peran utama vitamin D dalam masa kehamilan yaitu dapat membantu Mums untuk menyerap kalsium secara optimal dari makanan yang dikonsumsi. Selain itu, vitamin ibu hamil ini juga membantu kerja saraf dan otot, meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada calon buah hati. 

Selain dari makanan, asupan vitamin D juga bisa Mums dapatkan dari sinar matahari pagi. Yuk, saatnya Mums biasakan berjemur setiap pagi selama 5-10 menit untuk mendapatkan asupan vitamin D yang optimal. 

Vitamin E

Ada banyak makanan yang mengandung vitamin E untuk tumbuh kembang janin, antara lain susu, telur, kacang-kacangan, alpukat, mangga, dan kiwi. Vitamin ibu hamil ini berperan untuk pembentukan sel darah merah dan otot serta sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. 

Baca juga: 3 Tips Tepat Dalam Berikan Vitamin Untuk Anak

Zat Besi

Kebutuhan zat besi akan meningkat selama masa kehamilan. Bahkan, Mums disarankan untuk mencukupi asupan zat besi sebelum kehamilan untuk mencegah terjadinya anemia. Persediaan zat besi juga dibutuhkan agar terhindar dari kecacatan pada janin, kelahiran prematur, dan bayi mengidap anemia. 

Saatnya Mums memilih makanan yang mengandung zat besi tinggi, seperti daging, ayam atau bebek serta ikan sehingga kebutuhan zat besi selama kehamilan dapat terpenuhi. Ada juga sejumlah zat besi nabati yang bisa Mums konsumsi, antara lain sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, dan gandum.

Kalsium

Kebutuhan kalsium untuk Ibu hamil perlu dipenuhi, sebab kalsium memiliki peran penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, menjaga kesehatan jantung, serta meningkatkan kerja saraf dan otot janin jadi lebih baik. Mencukupi kebutuhan kalsium saat hamil dapat mengurangi risiko hipertensi dan preeklampsia. 

Preeklampsia adalah gangguan kehamilan yang ditandai oleh tekanan darah tinggi dan kandungan protein yang tinggi dalam urine. Mums juga perlu waspada karena preeklampsia pada bayi bisa mengakibatkan kelahiran prematur dan pertumbuhan janin terhambat.

Magnesium

Menurut penelitian pada National Institutes of Health, magnesium memiliki peran penting bagi ibu hamil karena berfungsi untuk menjaga sirkulasi darah untuk janin, mengurangi kram, menghindari kontraksi dini, dan mengobati sakit kepala.

Iodin

Iodin termasuk salah satu zat penting yang dibutuhkan Ibu hamil untuk mengoptimalkan pembentukan sel otak dan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Emily Combet, seorang peneliti dari University of Glasgow menyebutkan bahwa Iodin merupakan nutrisi penting pada trimester pertama kehamilan. Kekurangan Iodin bisa menyebabkan risiko IQ bayi lebih rendah dan akan mengurangi tingkat kognisi yang dimilikinya. Mums bisa mendapatkan kandungan Iodin pada susu, ikan, dan keju. 

Zinc

Zinc (seng) adalah mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, dan meningkatkan kesehatan jaringan tubuh. Saat Mums hamil, asupan zinc harus tercukupi karena ini berperan dalam perkembangan sistem saraf pusat sejak masa kehamilan dan meningkatkan kerja enzim yang berperan dalam saraf, sehingga akan memengaruhi kecerdasan si Kecil di masa mendatang. 


Selain mencukupi kebutuhan vitamin ibu hamil di atas, Mums juga dianjurkan untuk menambah nutrisi tubuh dan calon buah hati dengan mengonsumsi susu untuk Ibu hamil dan menyusui Frisomum Gold Dualcare+ secara rutin. Frisomum Gold Dualcare+ mengandung Prebiotik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan, serta mengurangi konstipasi atau sembelit. Susu kaya nutrisi ini dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi selama hamil serta memberikan pondasi yang baik untuk perkembangan janin.