Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Yoga Sederhana untuk Atasi Kram Saat Hamil

Yoga Sederhana untuk Atasi Kram Saat Hamil

Tampilan fisik Mum saat ini mungkin belum terlihat berbeda. Namun, Mum tentu sudah merasakan berbagai perubahan di dalam tubuh saat ini. Di masa ini, berbagai hormon kehamilan mulai bekerja untuk mempersiapkan tubuh dalam menghadapi masa kehamilan. Inilah yang menyebabkan gangguan dalam tubuh seperti kram, konstipasi dan rasa mulas. Untuk mengurangi masalah ini, mari lakukan yoga sederhana.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Seperti yang dilansir dalam babycenter.com, beberapa gerakan yoga di bawah ini dapat Mum lakukan pada masa kehamilan trimester pertama. Satu hal yang perlu diingat, sebelum memulai kegiatan ini, pastikan Mum sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Standing Chakrasan

Jikia sudah, mari tarik napas kembali sambil memutarkan tangan kanan hingga telapaknya menghadap ke atas. Buang napas perlahan-lahan lalu angkat tangan kanan sampai mendekati telinga sembari membungkukkan kepala dan badan ke arah kiri. Tahan posisi kedua kaki dan pastikan tangan kiri Mum tetap lurus mengikuti arah tubuh. Pertahankan posisi ini selama mungkin dengan tetap mengatur pernapasan.

  1. Mulailah dengan berdiri tegak. Lebarkan kedua posisi kaki sehingga keseimbangan tubuh Mum sudah stabil. Tarik napas panjang sambil mengangkat tangan kanan Mum ke samping hingga sejajar dengan pundak. Pastikan posisi telapak tangan menghadap ke bawah. Jika sudah, buang napas secara perlahan dan atur pernapasan sambil tetap menahan posisi ini.
  2. Setelah itu, tarik napas panjang sambil kembali ke posisi badan lurus dengan tangan masih berada di atas. Turunkan tangan sampai sejajar dengan pundak lalu putar kembali telapak sampai menghadap ke bawah. Turunkan tangan kanan Mum lalu buang napas secara perlahan.
  3. Mari ulangi gerakan dengan tangan yang lain.

Kati Chakrasan

  1. Berdirilah dengan posisi badan menghadap ke depan, lalu lebarkan kedua kaki Mum. Dengan posisi telapak di bawah, tarik napas panjang lalu angkat kedua tangan Mum ke samping hingga sejajar dengan pundak.
  2. Buang napas secara perlahan sambil memutarkan badan ke sebelah kiri. Ketika berputar, gerakkan tangan kanan sehingga menyentuh pundak sebelah kiri, sementara tangan kiri memeluk pinggul bagian kanan dari belakang. Pastikan kedua kaki tidak bergerak.
  3. Tarik napas panjang lalu kembalilah ke posisi 1. Ulangi gerakan ini dengan arah sebaliknya.
  4. Cobalah untuk melakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali

Info Pendukung Aktivitas

Sebagai panduan dalam melakukan yoga, Mum juga dapat mengikuti langkah-langkah dalam video berikut ini.

Manfaat Bagi Mum Dalam awal masa kehamilan ini, yoga membantu Mum dalam mengurangi rasa ketidaknyamanan serta memperkuat otot dan keseimbangan pada tubuh. Gerakan Standing Chakrasan dapat membantu melenturkan bagian pinggul serta memperbesar kapasitas paru-paru sehingga Mum terhindar dari masalah sesak napas. Sementara itu, gerakan Kati Chakrasan ikut membantu mengurangi masalah konstipasi di masa kehamilan ini.

Satu lagi yang tidak kalah penting, dengan merawat dan menjaga kesehatan tubuh, si Kecil juga ikut merasakan nyaman dan tenang di dalam kandungan Mum, agar ia tumbuh dengan baik seiring dengan masa kehamilan ini.

Info Kesehatan

Dengan melakukan yoga secara rutin, Mum dapat merasa lebih rileks dan segar. Rasa mual pun perlahan akan berkurang. Namun, perubahan tubuh Mum saat ini tentu masih menyisakan sedikit gangguan. Untuk itu, tetaplah meminum susu khusus ibu hamil seperti Frisomum Gold dengan kandungan Prebiotik untuk mengurangi masalah pencernaan seperti konstipasi dan sembelit. Kandungan Nukleotida, Asam Folat, Kalsium, dan Zat Besi yang ada di dalamnya juga membantu memenuhi kebutuhan gizi serta memberikan pondasi yang baik untuk perkembangan si Kecil dalam kandungan.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang