Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Yoga Sederhana untuk Trimester Kedua

Yoga Sederhana untuk Trimester Kedua

Di trimester kedua, biasanya rasa mual akibat perubahan hormon sudah mereda. Baiknya lagi, energi Mum pun perlahan mulai terisi kembali. Kini, Mum pun sudah siap melakukan berbagai aktivitas yang dapat mengembalikan kebugaran.

Ayo manfaatkan momen ini untuk berlibur bersama Dad ke pantai, sembari melakukan stretching yoga sederhana selagi di sana. Jika stretching ini dilakukan secara rutin, maka tubuh Mum akan semakin kuat dalam menghadapi trimester berikutnya. Berikut tiga posisi stretching yoga ringan yang bisa Mum terapkan di pantai.

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Persiapan

    Sebelum merencanakan yoga di pantai, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau instruktur yoga. Jika Mum memiliki luka di bagian tubuh tertentu, lapisi dulu dengan plester agar tidak mengganggu aktivitas ini

  2. Siapkan Perlengkapan

    Siapkan perlengkapan yang bisa mendukung Mom untuk melakukan aktivitas yoga dipantai nanti, di antaranya baju olahraga yang nyaman, matras, dan air minum.

  3. Warrior Pose

    Warrior Pose

    Posisi stretching ini dilakukan dengan berdiri tegak. Buka kaki lebih lebar dari bahu. Lalu, angkat kedua tangan lurus dan sejajar, sambil menengok ke kanan. Manfaat yang diperoleh dari posisi ini yaitu melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan stamina, serta melatih keseimbangan.

  4. Cat Pose

    Cat Pose

    Pertama-tama, bungkukkan badan dengan telapak tangan dan lutut menyentuh matras. Tarik napas sambil menarik kepala ke atas, dan lepaskan napas dengan menundukkan kepala dan membuat huruf U dengan punggung Mum. Posisi ini bermanfaat untuk melemaskan punggung, serta meningkatkan fleksibilitas dan menguatkan tulang belakang.

  5. Staff Pose

    Staff Pose

    Awali dengan duduk di matras dengan tubuh belakang menempel pada tembok untuk menjaga punggung dan leher tetap tegak. Luruskan kedua kaki dengan telapak kaki ke atas menunjuk ke atas. Pose ini bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh, agar siap menghadapi persalinan nanti.

  6. Abadikan Momen Ini

    Ketika melakukan yoga nanti, ajak juga Dad atau kerabat lainnya untuk menemani Mum. Biarkan mereka mengabadikan momen seru ini, ya. Kemudian, share foto dan videonya ke FB page Friso Indonesia atau twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments sebagai inspirasi untuk Mums lainnya.

Manfaat Bagi Mum

Risiko sakit pada bagian pundak dan punggung yang rentan dialami oleh ibu hamil, dapat dikurangi dengan melakukan stretching yoga secara teratur. Melalui aktivitas ini, Mum juga dapat mengontrol berat badan supaya lebih proporsional.Stretching yoga yang dilakukan di atas pasir pantai mampu melancarkan peredaran darah, serta mengusir stres yang melanda Mum saat ini.

Manfaat Bagi Si Kecil

Si Kecil pun turut menikmati manfaat dari stretching yogayang Mum sedang lakukan. Rutin melakukan olahraga ringan selama hamil, membuat detak jantung si Kecil lebih stabil saat proses kelahiran nanti. Menurut penelitian, olahraga yang Mum lakukan selama 20 menit dapat memengaruhi otak si Kecil supaya lebih aktif. Jika Mum sehat, tentu si Kecil juga ikut sehat.

Info Nutrisi

Pada trimester kedua ini, Mum perlu asupan nutrisi tambahan, terutama protein dan karbohidrat. Protein baik untuk pembentukan sel janin, sementara karbohidrat berperan penting dalam kinerja otak. Pilih asupan nutrisi tepat yang dapat memenuhi kebutuhan Mum, agar daya tahan tubuh Mum selama kehamilan selalu terjaga. Sumber karbohidrat bisa Mum dapatkan dari beras, kentang, jagung, atau gandum. Sedangkan protein bisa diperoleh dari daging ayam maupun daging merah, ikan, telur, kacang-kacangan, dan susu.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Mum setiap hari, Frisomum Gold diperkaya dengan protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Baiknya lagi, Friso diproduksi dengan Single Process di mana susu tidak diproses dan dipanaskan secara berlebih sehingga kualitas nutrisinya tetap terjaga serta dapat mudah diserap tubuh. Dengan begitu, Mum bisa menikmati manfaat nutrisinya dengan optimal hingga proses persalinan yang paling dinanti.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang