Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

3 Jenis Permainan untuk 3 Fase Tumbuh Kembang si Kecil

3 Jenis Permainan untuk 3 Fase Tumbuh Kembang si Kecil

Dalam setiap masa tumbuh kembangnya, si Kecil memerlukan rangsangan yang tepat agar dapat tumbuh dengan optimal. Tentu,  permainan bayi yang dilakukan juga menyesuaikan usia si Kecil. Misalnya ketika usianya 0 hingga 3 bulan, tentu permainan yang diberikan tidak sama dengan ketika usianya hampir 1 tahun atau 12 bulan. Secara mendasar permainan yang diberikan dibedakan menurut kemampuan fisik si Kecil pada usianya.

Tentu Mums paham betul jika ketika berumur 0 hingga 3 bulan si Kecil cenderung banyak menghabiskan waktu untuk beristirahat dan menyusu. Berbeda dengan ketika si Kecil berusia 10 bulan misalnya, ia sudah memiliki kemampuan fisik dan bisa menanggapi hal-hal di sekitarnya. Pada bayi usia 10 bulan, permainan yang diberikan jelas bisa lebih bervariasi.

Namun demikian, apa lalu pada usia 0 hingga 3 bulan si Kecil tidak bisa diajak bermain? Tentu tidak. Berbagai permainan bayi digolongkan berdasarkan usia si Kecil, dapat Mums lihat pada poin-poin di bawah ini. Simak baik-baik ya Mums!

Menepukkan Tangan, Mengayuh Kaki serta Menggenggam Benda Kecil

Ketiga permainan ini dapat Mums lakukan ketika si Kecil berusia 0 hingga 3 bulan. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, memang pada usia ini si Kecil banyak menghabiskan waktu untuk tidur dan menyusu. Bukan tanpa sebab, karena pada usia ini kemampuan fisik si Kecil memang baru dapat melakukan kedua hal tersebut.

Dengan menepukkan tangan si Kecil secara perlahan, mengayuhkan kaki mungilnya serta meletakkan benda kecil yang bisa digenggamnya, dapat menjadi permainan sederhana yang bisa merangsang perkembangan fisik dan otaknya. Meski nampak sederhana, gerakan dan permainan bayi yang Mums lakukan dapat mengaktifkan banyak bagian di otak si Kecil dan menjadi bekal untuknya tumbuh di tahap berikutnya.

Latihan menggenggam juga memiliki efek baik berupa latihan kekuatan tangan si Kecil. Semakin sering latihan ini dilakukan, si Kecil akan semakin cepat menguasai koordinasi bagian tubuh, yang artinya ketika si Kecil menginjak usia beberapa tahun ia akan lebih mudah menguasai berbagai gerakan dan milestone untuk usianya. Modal awal yang baik bukan Mums?

Memegang Benda dan Menyebutkan Namanya

Permainan ini bisa dilakukan ketika si Kecil menginjak usia 4 bulan hingga sekitar 7 bulan. Hal ini dapat dilakukan karena si Kecil telah memiliki kemampuan fisik serta emosional yang lebih berkembang dibandingkan pada saat usianya 0 hingga 3 bulan. Tentu, dengan fisik yang sudah tumbuh dan kemampuan emosional yang berkembang, ia akan dapat memberikan respon lebih baik juga.

Permainan ini dilakukan dengan cukup sederhana, dekatkan beberapa benda ke arah si Kecil kemudian sentuh benda tersebut sembari menyebutkan namanya. Agar lebih menarik dan seru, Mums bisa menyetelkan lagu atau musik sehingga si Kecil lebih bisa menikmati permainan bayi tersebut. Ketika bermain, Mums mungkin saja akan mendapati si Kecil membuat suara seolah ia menirukan apa yang Mums katakan.

Manfaat utama dari permainan ini sebenarnya adalah memberikan bekal pada si Kecil, sehingga ia memiliki perbendaharaan kata yang lebih banyak. Tidak kemudian harus memahami artinya, setidaknya ketika ia banyak mendengar berbagai nama benda si Kecil akan memiliki memori mengenai kata tersebut. Saat ia sudah dapat berbicara, kata tersebut lebih mudah diucapkan karena sudah bukan kata yang asing lagi.

Rangsangan Gerak Aktif untuk Usia 1 Tahun

Mendekati usia 1 tahun, si Kecil memiliki kemampuan fisik yang jauh berkembang dibandingkan tahap awal kehidupannya. Si Kecil biasanya sudah dapat belajar berjalan, atau merangkak dengan aktif serta menggenggam berbagai benda di sekitarnya. Selain itu si Kecil juga mulai dapat merespon rangsangan yang diberikan baik berupa panggilan atau suara tertentu.

Nah, di sini Mums dapat melakukan permainan seperti petak umpet, atau memberikan permainan menemukan benda yang tersembunyi, menyusun balok beberapa tingkat serta mengajaknya menari dan bernyanyi mengikuti lagi dan musik yang disetelkan. Pada usia ini si Kecil akan sangat aktif, karena telah memiliki fisik yang jauh lebih kuat dan penguasaan terhadap koordinasi bagian tubuhnya.

Bermain bersama si Kecil sejak masa awal kehidupannya dinilai penting untuk memberikan interaksi yang hangat. Hal ini berdampak langsung pada kemampuannya menyerap rangsangan, karena ketika ia merasa nyaman maka rangsangan yang diberikan akan lebih cepat diserap dan memberikan hasil yang optimal untuk tumbuh kembangnya.

Jangan lupa, permainan bayi yang disarankan untuk Mums di atas harus dibarengi dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi harian. Dengan makanan bergizi dan bernutrisi tinggi, fase tumbuh kembang si Kecil akan dapat berjalan optimal. Selalu konsultasikan dengan dokter anak kepercayaan Mums untuk hal ini, agar didapatkan rekomendasi terpercaya dan valid demi optimalnya tumbuh kembang si Kecil.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang