Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Kenali Tanda Bayi Sakit Perut dan Penyebabnya!

Kenali Tanda Bayi Sakit Perut dan Penyebabnya!

Gangguan kesehatan paling sering terjadi pada bayi, dan juga paling umum, adalah sakit perut. Ketika bayi sakit perut, memang bukan hal mudah untuk mendeteksinya. Jika ia sudah dapat berbicara, mungkin sangat mudah mendeteksi hal ini. Namun cara komunikasi bayi ketika ia merasa tidak nyaman adalah menangis dan rewel. Tapi bagaimana cara mengenalinya? Apakah ada tanda yang dapat terlihat ketika si Kecil sakit perut?

Sakit perut pada bayi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari pola makan yang tidak teratur hingga infeksi virus atau bakteri yang menyerang bagian pencernaannya. Beberapa penyebab sakit perut, sebelum masuk pada tanda yang diberikan pada si Kecil, adalah sebagai berikut.

Penyebab Sakit Perut pada Bayi

  • Kolik

    Kolik merupakan kondisi dimana sakit perut disebabkan oleh tangisan yang terus menerus dan berkepanjangan. Tangisan ini secara langsung akan berpengaruh pada kondisi kesehatan perutnya. Ketika tangisan si Kecil tidak kunjung berhenti, rasa tidak nyaman akan dirasakan si Kecil, dan tentu saja tangisannya akan semakin intens.
    Kolik dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai mood yang tidak enak, rasa tidak nyaman akibat cuaca, rasa sakit yang diderita si Kecil di bagian tubuh tertentu dan lain sebagainya. Untuk dapat mengetahui penyebab tangisan si Kecil, cara paling ampuh adalah melakukan observasi pada kondisi fisiknya secara menyeluruh dan menemukan keanehan yang nampak.

  • Kembung

    Kondisi ini muncul karena adanya gas yang terperangkap dalam organ pencernaan si Kecil, terutama pada bagian lambungnya. Rasa tak nyaman akan dialami si Kecil secara terus menerus hingga gas ini keluar baik lewat sendawa atau buang gas dari bagian belakang. Kondisi kembung bukan masalah yang berat, karena biasanya disebabkan oleh belum optimalnya kerja organ pencernaan yang belum terbentuk secara utuh.
    Salah satu solusi untuk mengatasi kembung pada si Kecil adalah dengan mengusap bagian punggungnya secara melingkar. Cara lain bisa dilakukan dengan menggerakkan kaki si Kecil dengan gerakan seperti mengayuh sepeda. Cara ini dapat dikatakan cukup ampuh, karena akan membantu posisi si Kecil untuk dapat mengeluarkan gas lebih mudah.

  • Sembelit

    Hal ini terjadi ketika si Kecil mengalami kekurangan asupan serat atau masa awal pengenalan MPASI. Organ pencernaan si Kecil yang mungkin belum terbentuk sempurna, mengalami kesulitan dalam mencerna makanan yang masuk sehingga ketika selesai dicerna si Kecil akan kesulitan mengeluarkan sisa-sisa proses pencernaan dari tubuhnya.
    Solusi paling umum mungkin adalah dengan memberikan asupan serat, baik dari buah atau sayuran, agar kerja organ pencernaannya dapat terbantu. Selain itu, Mums juga harus memilah-milah makanan yang tepat untuk MPASI, biasanya dengan tekstur yang lebih lembut, sehingga lebih mudah dicerna dan nutrisi yang ada lebih mudah diserap tubuh si Kecil.

  • Perjalanan Panjang

    Efek mabuk perjalanan juga dapat menyebabkan sakit perut pada si Kecil. Rasa sakit ini merupakan bentuk adaptasi si Kecil pada suasana perjalanan yang dirasakannya di dalam kendaraan. Mabuk perjalanan, sama halnya seperti yang terjadi pada orang dewasa, terjadi pada perjalanan dengan kendaraan di darat, di laut dan juga di udara.
    Efek ini akan menghilang dengan sendirinya seiring intensitas perjalanan yang dilakukan si Kecil. Semakin ia terbiasa melakukan perjalanan, efek sakit perut yang dirasakannya akan berkurang secara beretahap hingga akhirnya bahkan bisa menghilang sepenuhnya. Kesabaran adalah hal terpenting untuk menghadapi hal ini, dan berikan kenyamanan agar efek perjalanan dapat berkurang.

Tanda yang Tampak pada si Kecil

Ketika merasakan sakit perut, biasanya ada tanda-tanda pada fisik si Kecil yang dapat diamati dengan kasat mata. Ketika rasa sakit perut melanda, biasanya perut si Kecil akan nampak buncit, tegang dan membesar. Si Kecil juga akan memberikan respon tangisan atau rengekan ketika perutnya disentuh, bahkan secara lembut sekalipun.
Jika hal ini tidak terdeteksi, dan si Kecil mengalami muntah, Mums juga patut menduga ada yang salah dengan bagian pencernaan si Kecil. Muntahan yang keluar dari si Kecil, dapat dilihat warnanya. Akan sangat kentara ketika warna muntahannya tidak wajar, misal berwarna coklat tua, hijau atau bahkan berdarah. Ketika hal ini terjadi sangat disarankan untuk membawa si Kecil ke rumah sakit.

Pola makan yang teratur, jenis makanan yang ramah organ pencernaan serta higienitas makanan dapat menjadi hal sederhana yang bisa Mums lakukan untuk menghindari terjadinya sakit perut pada bayi. Biasanya, organ pencernaan bayi secara bertahap akan semakin kuat seiring bertambahnya usia. Proses adaptasi pada makanan dengan tekstur lebih keras mungkin akan memberikan efek sakit perut, namun hal ini wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.
Konsultasi rutin dengan dokter dapat menjadi kegiatan yang Mums lakukan untuk selalu dapat memonitor tumbuh kembang dan menghindari bayi sakit perut. Asupan ASI penuh nutrisi serta kasih sayang yang Mums berikan secara maksimal dapat membantu si Kecil tumbuh dengan baik. Secara berkala, selalu cek kondisi kesehatan si Kecil ke dokter atau POSYANDU terdekat

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang