Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Makanan Berserat Tinggi untuk si Kecil, Ini 6 Rekomendasinya

Makanan Berserat Tinggi untuk si Kecil, Ini 6 Rekomendasinya

Makanan berserat tinggi telah lama dikenal dapat menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Dengan konsumsi  makanan berserat yang cukup, kesehatan saluran pencernaan si Kecil akan terjaga, bersamaan dengan optimalnya penyerapan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan dengan pencernaan yang sehat, maka makanan yang masuk dapat diolah dengan optimal sehingga nutrisi yang terkandung bisa diserap oleh tubuh.

Buah dan sayur sendiri hingga saat ini masih menjadi pilihan utama untuk asupan utama serat. Ya, keduanya memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga berbagai nutrisi lain yang juga baik untuk pertumbuhan si Kecil. Ini kenapa buah dan sayur selalu harus dimasukkan ke dalam menu makanan si Kecil Mums, karena selain dapat menjaga kesehatan pencernaan, vitamin dan nutrisi lain juga akan mendukung tumbuh kembangnya.

Nah agar Mums memiliki referensi makanan berserat tinggi, berikut beberapa buah dan sayuran yang bisa Mums berikan. Kreasikan juga makanan dengan bahan di bawah ini agar si Kecil semakin lahap menyantapnya ya!

Ubi

Sebagian besar dari Mums tentu tahu apa itu ubi. Ya, keluarga umbi-umbian ini ternyata memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sekitar 2,5 gram per 100 gram penyajian dari ubi secara tepatnya. Tentu saja, ubi baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan serat harian si Kecil. Terlebih ubi juga mudah diolah menjadi berbagai makanan seperti donat atau olahan lainnya.

Selain mengandung serat yang tinggi, ubi juga memiliki kandungan lain lho Mums, seperti Beta Karoten dan VItamin B dan berbagai mineral lain yang diperlukan tubuh si Kecil untuk tumbuh dan berkembang. Jadi tunggu apalagi? Kreasikan ubi yang Mums miliki untuk menopang pemenuhan nutrisi harian si Kecil!

Wortel

Teksturnya cukup keras, rasanya khas serta warna yang mencolok, wortel termasuk dalam jenis  makanan berserat tinggi. Secara detil setiap 100 gram penyajian terkandung sekitar 2,8 gram kandungan serat. Tentu ini dapat membantu pemenuhan kebutuhan serat si Kecil setiap hari. Mums dapat menyajikannya dalam bentuk sup dan olahan lainnya.

Nutrisi lain yang juga terkandung dalam wortel antara lain adalah Vitamin K, Vitamin B6, Magnesium, Beta Karoten, Anti-Oksidan dan Vitamin A. Dengan kandungan nutrisi sebanyak ini, tidak heran jika wortel termasuk makanan sehat yang sangat direkomendasikan.

Brokoli

Well, mungkin sayuran yang satu ini akan cukup tricky disajikan sehingga dapat dikonsumsi si Kecil. Pasalnya, sayuran ini tidak banyak disukai karena bentuk dan rasanya. Padahal kandungan serat yang ada dalam brokoli cukup tinggi sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil.

Selain kandungan serat, ada juga kandungan Vitamin C, Vitamin K, Potasium, Zat Besi, Antioksidan hingga nutrisi pencegah kanker. Mums harus pandai-pandai mengolah sayuran yang satu ini, misalnya seperti dijadikan topping pada makanan yang disukai si Kecil atau dengan menggorengnya dengan tepung sehingga renyah dan nikmat.

Apel

Pada segmen buah, apel memiliki kandungan serat yang juga tinggi. Beruntungnya lagi, rasa apel mudah disukai anak-anak sehingga Mums tak perlu cemas untuk memberikan buah ini sebagai kudapan. Jika ingin berkreasi, buah ini juga cukup mudah dikreasikan, baik menjadi cake atau sebagainya.

Kandungan nutrisi lain yang juga diperlukan oleh tubuh si Kecil antara lain adalah Vitamin C yang berperan dalam membantu membentuk daya tahan tubuh si Kecil. Bayangkan, dengan konsumsi apel secara rutin,  pencernaan si Kecil akan terjaga sekaligus daya tahan tubuhnya menjadi kuat. Dua manfaat dalam satu buah, kenapa tidak?

Strawberry

Dalam 100 gram strawberry setidaknya terkandung 2 gram serat. Ini terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan buah lainnya. Selain itu, rasa serta tampilan buah yang segar dapat menggugah selera makan si Kecil. Buah ini adalah salah satu cara mudah memberikan asupan serat pada si Kecil yang mungkin tidak menyukai sayuran.

Selain itu, kandungan Vitamin C yang tinggi juga dapat bermanfaat untuk si Kecil dalam menjaga kondisi tubuh. Dalam musim pancaroba seperti sekarang ini, kondisi kesehatan selalu di uji karena cuaca yang tak menentu. Berikan buah ini sebagai kudapan yang nikmat dan segar untuk mendukung aktivitas si Kecil.

Alpukat

Buah yang satu ini mengandung setidaknya 6,7 gram serat dalam setiap 100 gram penyajian. Jumlah yang sangat besar bukan? Selain itu, kandungan nutrisi lain (Vitamin C, Kalium, Magnesium, Vitamin E) juga diperlukan tubuh untuk terus tumbuh dan berkembang.

Dari enam bahan makanan berserat tinggi di atas, Mums dapat mengkreasikan dan melakukan variasi dalam penyajian. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya, berikan juga Friso Gold 4. Dengan metode Single Process, susu yang menjadi bahan utama tidak dipanaskan secara berlebih sehingga terjaga nutrisinya. Selain itu, teknologi Locknutri yang dimiliki juga dapat menjaga kualitas alami nutrisi sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Berikan makanan sehat serta Friso Gold 4 setiap hari, agar si Kecil tumbuh sehat dan cerdas!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang