Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mencuci Tangan, Kebiasaan Sederhana dengan Manfaat Luar Biasa

Mencuci Tangan, Kebiasaan Sederhana dengan Manfaat Luar Biasa

Tahukah Mums jika kegiatan bermain dan belajar si Kecil yang melibatkan barang atau benda di sekitarnya bisa berisiko menyebabkan si Kecil sakit? risiko ini muncul bukan karena kegiatan tersebut, melainkan barang dan benda yang dipegang si Kecil ketika bermain. Tentu saja kebiasaan sederhana seperti mencuci tangan bisa jadi langkah efektif yang mudah untuk mengurangi risiko ini. Namun bagaimana cara mengajarkan si Kecil langkah sederhana ini?

Mencuci tangan merupakan prosedur sederhana yang idealnya dilakukan oleh si Kecil, atau orang dewasa, setelah melakukan kegiatan dan sebelum makan. Banyak benda dan barang yang disentuh oleh si Kecil memiliki bakteri atau kuman, yang jika masuk ke dalam pencernaan si Kecil dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Namun demikian, masih banyak Mums yang belum benar melakukan hal ini. Mencuci tangan yang benar memerlukan sabun dan waktu yang tidak sebentar, sehingga proses cuci tangan benar-benar dapat menghilangkan bakteri dan kuman yang ada di bagian tangan si Kecil. Mungkin jika Mums belum memiliki bayangan, bagian selanjutnya dapat memberikan sedikit gambaran bagaimana cara mencuci tangan yang benar.

Mencuci Tangan yang Benar

Mencuci tangan yang benar tidaklah sulit, hanya memerlukan sedikit kesabaran saja. Berikut cara cuci tangan yang baik.

  • Basahi tangan dengan air mengalir.
  • Bubuhkan sabun cuci tangan pada telapak tangan si Kecil.
  • Usap lembut hingga menjangkau seluruh permukaan tangan si Kecil, mulai dari ujung-ujung jari, sela jari, hingga batas pergelangannya.
  • Setelah semua bagian rata oleh sabun, perlahan-lahan gosok tangan si Kecil agar sabun dapat bekerja lebih optimal.
  • Bilas dengan air mengalir hingga bersih, sembari menggosok tangannya.
  • Pastikan setiap bagian tangan bersih, terutama bagian kuku si Kecil.

Setelah selesai, keringkan tangan si Kecil dengan handuk bersih.

Mudah dan sederhana bukan Mums? Jika cuci tangan dilakukan dengan benar, tangan si Kecil akan terbebas dari kuman dan bakteri jahat kurang dari 5 menit. Satu hal yang terpenting adalah tidak terburu-buru dan memastikan setiap bagian tangannya terkena sabun dan digosok hingga bersih.

Setelah mengetahui cara dan langkah mencuci tangan, mungkin Mums juga ingin menjadikan hal ini sebagai kebiasaan si Kecil. Ada beberapa tips yang bisa Mums perhatikan untuk menanamkan kebiasaan baik ini. Jika Mums juga belum melakukan kebiasaan ini, Mums juga bisa membiasakan diri, sekaligus mengajari si Kecil.

Tips Jitu Menanamkan Kebiasaan Membersihkan Tangan

Setidaknya ada 3 tips yang dapat Mums coba.

Berikan Contoh

Pertama dan utama, Mums harus dapat memberikan contoh yang baik pada si Kecil. Ketika hendak mencuci tangan, pastikan si Kecil melihat apa yang Mums lakukan. Tidak ada salahnya juga menceritakan proses ini agar si Kecil dapat lebih tertarik untuk mencobanya. Lakukan dengan wajah yang gembira sehingga si Kecil akan terbawa oleh suasana hangat yang tercipta.

Ingatkan si Kecil

Tips kedua adalah selalu mengingatkan si Kecil untuk mencuci tangan dengan rutin. Setelah berkegiatan apapun, pastikan Mums menyampaikan nasehat agar si Kecil tak lupa mencuci tangannya. Mungkin dalam waktu dekat akan sedikit membosankan, namun hal ini penting agar kegiatan sehat seperti ini dapat terus diingatnya hingga si Kecil bertambah dewasa.

Jelaskan Alasannya

Ketika si Kecil telah bertambah usia dan mulai dapat memahami alasan dibalik suatu hal, Mums bisa memberikan alasan mengapa hal ini perlu dilakukan. Berikan penjelasan secara perlahan sehingga si Kecil dapat memahami alasan utamanya. Ketika si Kecil memahami alasan mengapa ia harus mencuci tangan, ia juga akan dapat menyebarkan pesan dan kebiasaan positif ini kepada teman-temannya.

Lakukan dengan Rutin

Terakhir, tidak ada kebiasaan baik yang dapat tertanam jika tidak dilakukan dengan rutin. Selalu mengingatkan si Kecil harus disertai dengan ajakan untuk mencuci tangan. Meski mungkin Mums sudah mencuci tangan, tidak ada salahnya mendampingi si Kecil untuk mencuci tangan agar si Kecil merasa mendapat dukungan. Si Kecil merupakan peniru yang handal, ketika ia dibiasakan untuk melihat dan melakukan hal baik, maka hal tersebut akan tertanam dalam dirinya.

Menjaga kebersihan dan menanamkan kebiasaan sehat mungkin jadi dua hal utama yang harus Mums lakukan pada si Kecil. Pada usia dini, si Kecil lebih mudah menerima pesan dan mengingatnya untuk jangka waktu lama. Lakukan secara terus menerus dan secara rutin agar setiap kebiasaan baik dapat diingat oleh si Kecil.

Mencuci tangan merupakan kebiasaan baik yang sangat sederhana, namun membawa manfaat luar biasa besar untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan. Kebiasaan seperti ini akan dapat memberikan manfaat optimal jika Mums juga memberikan asupan nutrisi yang cukup sehingga daya tahan tubuh si Kecil menjadi kuat. Berikan si Kecil Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan tidak mudah terserang gangguan pencernaan sehingga tumbuh kembangnya optimal.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang