Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Simak Manfaat dan Tips Memandikan Bayi, Lakukan dengan Cermat ya Mums!

Simak Manfaat dan Tips Memandikan Bayi, Lakukan dengan Cermat ya Mums!

Memandikan bayi mungkin terdengar sebagai satu kegiatan rutin yang Mums lakukan setiap hari. Tujuan utama dari hal ini tentu adalah menjaga agar tubuh si Kecil tetap bersih dan terhindar dari kuman dan bakteri. Namun tahukah Mums ternyata kegiatan ini juga memiliki manfaat yang sangat baik baik kesehatan, tumbuh kembang dan kedekatan emosional Mums dengan si Kecil?

Artikel ini kemudian tidak hanya akan memberikan Mums informasi mengenai manfaat, namun juga tips dari memandikan bayi agar terasa lebih menyenangkan dan dapat dilakukan dengan baik. Tanpa berlama-lama lagi, simak bagian selanjutnya ya Mums!

Manfaat Memandikan Bayi

Setidaknya ada beberapa poin manfaat yang akan Mums dan si Kecil dapatkan.

Kesehatan Kulit

Dengan memandikan bayi secara rutin, kebersihan kulitnya akan senantiasa terjaga. Ini akan membantu si Kecil terhindar dari masalah dan penyakit kulit sehingga kulitnya akan tetap sehat dan bersih. Dengan demikian si Kecil akan merasa nyaman serta sehat.

Tidur Nyenyak

Dengan mandi rutin waktu tidur si Kecil dapat menjadi lebih maksimal dan bermanfaat. Mengapa? Karena ketika si Kecil dimandikan, Mums secara alami akan mengusap setiap bagian tubuhnya, yang memberikan efek relaksasi pada ujung sarafnya. Waktu istirahat yang optimal berarti tumbuh kembang yang baik untuk fisiknya.

Waktu Berkualitas

Waktu memandikan si Kecil merupakan waktu intim berdua yang akan Mums dapatkan. Hubungan emosional akan makin erat seiring dengan intensitas memandikan yang Mums lakukan. Tentu ini akan baik untuk hubungan Mums dan si Kecil kedepannya.

Bermain dengan Air

Tidak hanya membersihan diri, si Kecil juga dapat bermain air dan membuatnya merasa bahagia. Bermain air menjadi salah satu permainan favorit banyak anak. Memandikannya dapat menjadi momen bermain serta membersihkan badan si Kecil dalam waktu yang bersamaan.

Itu tadi 4 poin manfaat yang akan Mums dapatkan ketika Mums memandikan si Kecil secara langsung.

Tips Memandikan Bayi Baru Lahir

Lalu bagaimana tips untuk memandikan bayi dengan baik, apalagi bayi yang baru lahir dan belum dapat menopang tubuhnya sendiri? Tak perlu khawatir, Mums, simak tips berikut!

  • Persiapkan baju ganti yang akan dipakai si Kecil.
  • Siapkan semua perlengkapan mandi, dan tempatkan pada posisi yang mudah Mums jangkau.
  • Pangku si Kecil dan buka baju si Kecil secara perlahan.
  • Usap bagian wajah si Kecil dengan waslap basah secara lembut dan perlahan, usap juga bagian telinga si Kecil agar bersih.
  • Balurkan sabun pada bagian leher, dada, ketiak, lengan, jari, paha, lipatan lutut, kaki serta area kelamin secara perlahan.
  • Ketika membersihkan punggung dan bagian pantat, secara perlahan Mums bisa membalikkan tubuh si Kecil, pegang tubuh si Kecil dengan tangan kiri Mums, dan usapkan sabun dengan tangan kanan.
  • Untuk bagian rambut, bersihkan dan usap perlahan. Upayakan untuk menghindarkan bagian mata atau mulut si Kecil dari sabun atau sampo yang digunakan.
  • Setelah selesai, bilas hingga bersih secara perlahan.
  • Usapkan handuk bersih untuk mengeringkan si Kecil.
  • Agar hangat, bungkus tubuh si Kecil sembari menyiapkan perlengkapan seperti minyak dan bedak setelah mandi.
  • Setelah semua siap, baringkan si Kecil pada tempat tidur, usapkan minyak telon dan berikan bedak secara merata. Ketika membalurkan minyak, Mums juga bisa memberikan pijatan lembut agar si Kecil dapat merasa rileks.
  • Setelah semua selesai, pakaikan pakaian si Kecil satu per satu hingga si Kecil merasa nyaman dan hangat.

Cukup mudah dan sederhana bukan Mums? Tips ini bisa Mums ikuti agar si Kecil merasa nyaman dan tetap rileks. Yang perlu Mums ingat adalah bahwa Mums dianjurkan untuk rileks ketika memandikan bayi, karena biasanya si Kecil akan dapat merasakan emosi Mums dari sentuhan yang diberikan. Ketenangan juga akan membuat Mums menjadi lebih hati-hati dan dapat benar-benar mengontrol setiap gerakan yang Mums lakukan ketika memandikannya.

Memandikan si Kecil memang menjadi rutinitas yang selalu akan dilakukan hingga sampai saat si Kecil bisa mandi sendiri. Setelah mengetahui manfaat dan tips yang sudah dijelaskan, diharapkan Mums dapat memandikan bayi dengan baik sehingga mendapatkan manfaat penuh dari kegiatan ini baik secara psikologis maupun rangsangan tumbuh kembangnya.

Tidak sedikit kegiatan rutin yang sebenarnya membawa banyak manfaat untuk si Kecil dan Mums. Namun demikian, tidak banyak yang menyadari hal ini dan terkesan melakukan hal-hal tersebut dengan alakadarnya. Padahal jika dilakukan dengan cermat, manfaat akan didapatkan oleh Mums dan si Kecil secara optimal.

Semoga informasi seputar memandikan bayi ini dapat bermanfaat untuk Mums terapkan bersama si Kecil, ya!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang