Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Sejak Dini

Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Sejak Dini

Si Kecil yang berkarakter menjadi dambaan banyak orang tua. Karakter yang kuat membuat si Kecil menjadi pribadi yang percaya diri, memiliki kepemimpinan yang baik, serta lebih mudah bergaul dengan orang disekitarnya. Pendidikan karakter anak belakangan jadi topik yang banyak diperbincangkan, mengingat urgensinya dalam tumbuh kembang si Kecil sebagai seorang manusia.

Pribadi yang berkarakter sering kali disalah artikan sebagai pribadi yang selalu berbuat baik, selalu berbuat benar dan tidak pernah berbuat satu kesalahanpun. Padapah kenyataannya, pribadi yang berkarakter tidak selalu demikian. Ada kalanya sebagai seorang anak, si Kecil melakukan kesalahan baik kecil maupun besar.

Karakter kuat yang dimiliki si Kecil kemudian akan terlihat pada bagaimana si Kecil dapat menghadapi kesalahannya tersebut. Apa yang akan dilakukan selanjutnya, bagaimana si Kecil berusaha memperbaiki kesalahannya, bagaimana ia dapat mengakui kesalahannya dan meminta maaf, ini lah poin utama dari karakter kuat yang dimiliki oleh si Kecil.

Lalu Bagaimana Pendidikan Karakter Anak Diajarkan?

Beberapa waktu ke belakang, sempat muncul wacana bahwa pendidikan karakter anak harus masuk ke dalam salah satu mata pelajaran. Namun kemudian diputuskan bahwa pendidikan karakter tidak harus dipelajari dalam satu pelajaran khusus, melainkan diterapkan dalam lingkungan sekolah secara umum, dan lingkungan hidup si Kecil secara luas.

Penanaman karakter pada si Kecil disadari tidak dapat dilakukan pada waktu khusus saja. Penanaman karakter dapat diajarkan secara rutin dalam kegiatan yang dilakukan si Kecil. Misalnya di sekolah, guru harus menjadi panutan yang baik, harus dapat menunjukkan bagaimana cara meminta maaf, apa yang harus diputuskan untuk hal terbaik, dan sebagainya.

Ketika sampai di lingkungan rumah, tugas ini kemudian diemban oleh Mums dan anggota keluarga lainnya. Misalnya saja, mengajarkan si Kecil memberikan salam ketika masuk ke dalam rumah, atau meminta izin ketika akan meminjam barang, atau misalnya mengajarkan sikap mau berbagi dan membantu orang lain, dari sinilah karakternya akan tumbuh dan muncul menjadi satu hal yang kuat dan identik dalam diri si Kecil.

Karakter dan Kemampuan Berpikir Si Kecil

Kedua hal ini berkaitan erat, karena karakter yang baik akan tumbuh dengan dasar logika berpikir yang tepat. Seperti yang mungkin Mums pahami karakter yang baik akan berawal dari pengambilan keputusan yang tepat. Tidak selalu benar, namun tepat pada situasi dan kondisi saat itu. Nah, kemampuan mengambil keputusan ini kemudian berangkat dari kemampuan berpikir logis si Kecil.

Tentu hal ini harus dibiasakan dan diajarkan perlahan oleh Mums. Penerapan pola hidup disiplin, penanaman tanggung jawab yang baik serta rangsangan pola pikir logis jadi tiga hal yang sangat baik untuk membantu si Kecil mengambil keputusan yang tepat. Jika dilakukan dengan rutin dan secara bertahap, idealnya si Kecil akan memiliki karakter yang kuat dengan berbagai keputusan yang diambilnya.

Cara paling ampuh sebenarnya adalah dengan mencontohkannya secara langsung agar si Kecil dapat melihat secara nyata apa yang harus dilakukan. Misalnya ketika Mums melakukan kesalahan kepada orang lain dan tengah mengajak si Kecil, Mums bisa langsung meminta maaf pada orang tersebut dan membiarkan si Kecil melihatnya. Ini akan mengajarkan bahwa meminta maaf atas kesalahan yang telah terjadi tidak mengurangi hal apapun, dan akan menunjukkan bahwa meminta maaf adalah satu perbuatan terpuji yang dapat dilakukan orang berhati besar.

Dukungan Keluarga

Dalam memberikan pendidikan karakter anak yang juga tak boleh dilupakan adalah dukungan dan partisipasi dari lingkungan keluarga kecil Mums. Tentu si Kecil setiap hari akan berinteraksi dengan anggota keluarga. Jika ia terus menerus melihat perilaku yang menunjukkan karakter baik pada diri setiap anggota keluarga, maka itulah yang akan diingatnya.

Ketika hal ini tertanam, secara otomatis si Kecil akan berperilaku menyerupai apa yang dilihatnya. Ini mengapa partisipasi dari lingkungan keluarga penting karena paparan yang terus menerus maka nilai positif dan pembentukan karakter si Kecil dapat berjalan lebih mudah. Minta kakak, adik, Ayah dan saudara lain yang secara rutin bertemu si Kecil untuk terus berperilaku baik.

Pada akhirnya, perlu usaha yang amat besar untuk memberikan pendidikan karakter sehingga si Kecil menjadi pribadi yang berkarakter kuat. Tidak mudah memang, namun jika diupayakan, karakter yang terbentuk akan sangat kuat dan terbawa sepanjang hidup si Kecil. Ini juga akan memudahkannya dalam kehidupan dewasa.

Pendidikan karakter anak tidak bisa dipungkiri merupakan hal kompleks dan perlu ketekunan untuk mengajarkannya. Untuk membantu pembentukan karakter dengan dasar pemikiran logis, Mums bisa memberikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam sehingga perkembangan otaknya dapat berjalan lebih optimal.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang