Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

6 Jenis Makanan Sehat untuk Anak yang Membantu Tumbuh Kembangnya

6 Jenis Makanan Sehat untuk Anak yang Membantu Tumbuh Kembangnya

Masa emas pertumbuhan si Kecil harus benar-benar dioptimalkan. Tidak hanya dengan stimulus berupa gerakan dan latihan kecerdasan, namun juga harus dibarengi dengan asupan makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi. Makanan sehat untuk anak nyatanya benar-benar dapat mendukung tumbuh kembang fisik dan kecerdasan si Kecil lho Mums.

Variasi makanan dengan berbagai sumber dan jenis akan menjadi kunci utama menu makanan yang memiliki nutrisi seimbang dan tepat. Tentu beberapa nutrisi memang bisa didapatkan dari dalam tubuh si Kecil, namun tidak sedikit pula nutrisi yang harus diberikan melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi si Kecil setiap harinya. Untuk mendapatkan gambaran mengenai jenis makanan yang mengandung nutrisi penting demi tumbuh kembang yang optimal, berikut daftarnya untuk Mums.

Susu dan Produk Olahannya

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa susu dan produk olahannya memiliki kandungan Kalsium yang sangat tinggi. Selain itu, susu juga memiliki kandungan Protein yang kaya, dua nutrisi ini sangat baik untuk pertumbuhan tulang si Kecil sehingga dapat menunjang penambahan tinggi badan dan kekuatan tulang anak.

Olahan susu dapat diberikan setiap hari sebagai konsumsi harian. Baik dalam bentuk cair seperti susu atau dalam bentuk padat seperti keju. Namun demikian, tidak semua anak-anak dapat mengkonsumsi produk olahan susu. Mums harus mewaspadai hal ini dengan memastikan bahwa si Kecil tidak memiliki alergi susu dan produk olahannya pada dokter kepercayaan Mums.

Minyak Ikan

Tidak sedikit jenis asam lemak yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh si Kecil. Maka dari itu, perlu adanya asupan asam lemak yang berasal dari luar tubuh, yakni berasal dari makanan yang dikonsumsi si Kecil. Lemak sendiri memiliki fungsi sebagai penjaga fungsi otak dan penunjang perkembangan otak si Kecil.

Jenis makanan yang mengandung lemak baik sebenarnya mudah didapat, misalnya jenis ikan salmon, ikan tuna dan sarden. Ketiga jenis ikan ini memiliki kandungan minyak ikan yang kaya akan asam lemak sehingga dapat mendukung perkembangan otak dan kecerdasan si Kecil sekaligus menghindarkannya dari resiko gangguan perhatian defisit.

Wortel

Kandungan Vitamin A yang terdapat pada wortel sangat baik untuk menunjang perkembangan dan menjaga kesehatan mata si Kecil. Selain itu, kandungan betakaroten dalam wortel juga dapat membantu melindungi selaput lendir dan mencegah infeksi bakteri yang senantiasa mengancam si Kecil.

Mums bisa menjadikan wortel sebagai jus yang segar dengan campuran berbagai bahan lain. Mums juga bisa mengolah wortel sebagai salah satu isian dalam sup lengkap dengan jagung, kentang dan segala topping lain. Dengan begini, asupan nutrisi Vitamin A dapat terjamin dan dapat dikonsumsi dengan rasa yang nikmat.

Kacang-Kacangan

Selain jadi camilan yang nikmat, beragam jenis kacang-kacangan dapat menjadi sumber nutrisi yang sangat baik untuk si Kecil. Kacang-kacangan banyak mengandung vitamin, karbohidrat serta lemak dan antioksidan yang diperlukan untuk tumbuh kembang mental dan fisik si Kecil.

Beberapa jenis kacang-kacangan yang sangat baik untuk camilan antara lain adalah almond, walnut, kacang mete dan pistachio yang kaya akan Fitonutrien dan zat besi yang dapat mencegah penyakit kritis.

Gandum Utuh

Konsumsi Karbohidrat juga menjadi salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh anak-anak. Mengapa demikian? Karena Karbohidrat merupakan sumber energi yang sangat diperlukan untuk kegiatan si Kecil sehari-hari. Dengan asupan energi yang cukup, si Kecil dapat beraktivitas dengan penuh semangat dan antusias.

Salah satu sumber makanan yang kaya akan Karbohidrat adalah makanan dengan kandungan gandum utuh. Misalnya saja, roti gandum, biji-bijian dan sebagainya. Konsumsi gandum utuh juga dapat membantu si Kecil memiliki pencernaan yang lancar sehingga terhindar dari gangguan pencernaan yang dapat menghambat penyerapan nutrisinya.

Buah-Buahan

Yang tidak mungkin lepas dari daftar makanan sehat untuk anak adalah buah-buahan. Seperti dipahami bersama, buah-buahan merupakan sumber vitamin dan serat yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang si Kecil. Misalnya saja, buah Kiwi dengan kandungan Vitamin C yang kaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu penyerapan Zat Besi dalam tubuh.

Setiap buah memiliki warna, rasa dan tekstur serta kandungan yang berbeda. Namun demikian, hampir setiap buah memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, pertumbuhan serta perkembangan si Kecil. Untuk itu, buah-buahan harus selalu dimasukkan ke dalam menu makanan sehat untuk anak setiap hari.

Memberikan menu makanan sehat untuk anak menjadi hal yang krusial untuk mendukung tumbuh kembangnya. Nah, untuk membantu Mums dalam menjamin kecukupan nutrisi harian, Mums dapat memberikan Friso Gold 4 sebagai pelengkap asupan nutrisi. Dengan teknologi Locknutri yang melindungi nutrisi dalam kondisi alami selama proses produksi susu, tanpa pemanasan berlebih, kualitas nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini membantu si Kecil kuat dari dalam dan lebih mudah menyerap stimulus yang diberikan padanya.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang