Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ide Kreatif 4 Permainan Anak di Luar Ruangan

Ide Kreatif 4 Permainan Anak di Luar Ruangan

Mengajak si Kecil bermain di luar rumah merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Kegembiraan dengan bermain bersama teman-teman serta interaksi yang terjalin, dapat berefek baik untuk periode tumbuh kembang si Kecil. Permainan anak yang dapat dilakukan di luar rumah juga sangat beragam, sehingga si Kecil tidak akan cepat bosan dengan permainan yang ada.

Dalam artikel ini, Mums dapat menemukan sedikitnya 4 permainan yang dapat dilakukan di luar ruangan. Sebagian besar akan berfokus pada pengembangan dan pemberian stimulus pada fisik si Kecil karena melibatkan banyak gerakan. Namun demikian, pada beberapa permainan juga akan mengasah fokus dan konsentrasi si Kecil, sehingga dapat dikatakan permainan luar ruangan yang akan dijelaskan berikut ini akan menjadi stimulus yang seimbang untuknya.

Masuk dan Keluar Lingkaran

Permainan ini merupakan salah satu permainan sederhana yang dapat dimainkan oleh beberapa orang anak sekaligus, sangat cocok untuk si Kecil dan teman-temannya. Konsepnya adalah si Kecil dan teman-temannya harus mendengarkan arahan yang disampaikan oleh Mums atau orang lain, untuk masuk atau keluar ke dalam lingkaran dengan melompat secara bersama-sama.

Pertama buatlah lingkarang dengan tongkat kayu pada area halaman, atau bisa juga dengan menggunakan alat bantu lain. Nantinya, si Kecil dan teman-temannya akan berdiri di sekitar lingkaran. Mereka harus mendengarkan dengan cermat arahan yang diberikan. Ketika arahan yang diberikan adalah ‘Masuk’ maka mereka harus melompat masuk ke dalam lingkaran, begitu pula sebaliknya ketika arahan yang diberikan adalah ‘Keluar’.

Permainan ini dapat melatih konsentrasi si Kecil dan fokusnya pada arahan yang diberikan. Selain itu, fisik bagian bawah si Kecil juga akan terlatih dengan lompatan maju dan mundur berulang kali. Mums dapat menyetelkan lagu untuk membuat permainan ini lebih seru dan mengasyikkan.

Petak Umpet

Salah satu permainan tradisional populer yang mungkin sudah ada sejak jaman Mums masih kanak-kanak, permainan petak umpet sangat seru jika dimainkan dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Caranya sederhana, satu anak ditugaskan sebagai penjaga dan pencari teman-temannya, sementara anak lain bertugas bersembunyi. Nantinya si penjaga akan menutup mata dan menghitung untuk memberikan kesempatan teman-teman lain bersembunyi, dan begitu hitungan selesai ia bertugas mencari semua temannya.

Permainan ini dapat mengajarkan si Kecil pengenalan spasial pada lingkungan disekitarnya. Selain itu, si Kecil juga akan terlatih untuk mengingat pakaian apa yang digunakan teman-temannya. Ketika ia berperan sebagai pihak yang bersembunyi, ia akan belajar menemukan titik yang sulit dideteksi, baik dengan area yang memiliki warna serupa atau area gelap yang tidak mudah terlihat.

Berburu Harta Karun

Permainan ini sangat populer di Eropa dan Amerika ketika tengah merayakan hari raya Paskah, di mana orang tua akan menyembunyikan telur untuk ditemukan oleh anak-anaknya. Ketika diadaptasi di kultur Indonesia, Mums dapat mengganti telur dengan makanan kecil atau mainan yang disembunyikan di satu area tertentu kemudian menugaskan si Kecil mengumpulkan sebanyak mungkin barang yang disembunyikan.

Sederhananya, anak dengan barang atau makanan kecil terbanyak akan memenangkan permainan ini. Permainan anak berburu harta karun ini cocok untuk dimainkan bersama teman-teman si Kecil dan orang tua lain ketika misalnya acara ulang tahun. Tentu saja, karena melibatkan banyak orang, permainan akan makin seru. Permainan ini akan melatih kepekaan si Kecil pada detail dan ketajaman penglihatannya secara bersamaan.

Lari Estafet

Permainan olahraga ini dapat menjadi salah satu pilihan permainan jika si Kecil bermain dengan banyak temannya. Mums dapat membagi anak-anak dalam beberapa kelompok, dan menempatkan mereka pada titik dengan jarak tertentu, katakanlah setiap 30 meter. Nantinya, anak-anak pada urutan pertama harus berlari dengan membawa sebatang kayu (atau apapun) untuk diberikan ke anak berikutnya. Begitu seterusnya hingga anak terakhir mencapai garis finish.

Permainan ini selain dapat mengasah kemampuan fisik si Kecil juga dapat berlatih mengkoordinasikan gerakan tangan, gerakan mata dan gerakan kakinya. Ketika berlari, kakinya akan terlatih, kemudian ketika memberikan tongkat kepada temannya, si Kecil akan memperkirakan jarak yang tepat dan paling sesuai, sehingga dapat memberikan tongkat tepat waktu.

Bermain permainan anak di luar ruang sangat direkomendasikan untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil agar semakin optimal. Aktivitas luar ruang ini juga berguna untuk mengimbangi aktivitas si Kecil yang menggunakan gadget, yang kini menjadi tren baru di kalangan anak-anak modern.

4 jenis permainan anak di atas dapat menjadi referensi Mums dalam mengajaknya bermain di luar ruang. Selain rangsangan berupa permainan, Mums juga harus memastikan kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi dengan memberikannya makanan bergizi dan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri yang melindungi nutrisi dalam kondisi alami selama proses produksi susu, tanpa pemanasan berlebih, kualitas nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini membantu si Kecil kuat dari dalam dan lebih mudah menyerap stimulus yang diberikan padanya.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang