Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Membiasakan Bayi Berenang, Simak 4 Manfaatnya Berikut Ini

Membiasakan Bayi Berenang, Simak 4 Manfaatnya Berikut Ini

Salah satu aktivitas yang sangat direkomendasikan untuk si Kecil ketika masih dalam usia bayi adalah berenang. Membiasakan bayi berenang dapat memberikan berbagai manfaat, tidak hanya untuk kesehatannya namun juga untuk tumbuh kembang fisik dan mentalnya. Tentu Mums juga dapat merasakan, bahwa berenang untuk orang dewasa juga membawa banyak manfaat bukan? Nah, pada bayi, manfaatnya dapat lebih baik karena berefek pada jangka panjang.

Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa si Kecil dapatkan ketika pada usia bayi dibiasakan berenang. Mulai dari manfaat untuk tumbuh kembang fisik dan kecerdasan serta kepercayaan dirinya, simak penjelasan poin-poin berikut ini ya Mums!

Kekuatan Otot Seluruh Tubuh

Karena berenang akan menggerakkan seluruh otot di tubuh si Kecil, maka secara langsung akan melatih kekuatan otot di seluruh tubuhnya. Tak hanya bagian tangan dan kaki saja, namun juga bagian punggung, perut dan lehernya akan terlatih. Hal ini karena gerakan yang dilakukan di dalam air memerlukan usaha yang lebih besar sebab air kepadatannya lebih tinggi daripada udara.

Kepadatan air berada pada angka 1 gram per sentimeter kubik, 800 kali lebih padat daripada udara pada umumnya. Gerakan yang dilakukan oleh si Kecil memerlukan tenaga yang lebih besar. Namun demikian tekanan yang ada tidak membahayakan sendi sehingga benar-benar optimal untuk melatih kekuatan otot dengan resiko cedera yang minimal.

Kepercayaan Diri Karena Terlatih Menghadapi Air

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan, anak-anak yang sejak usia dini dibiasakan berenang memiliki tingkat kepercayaan diri lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak dikenalkan atau tidak bisa berenang sama sekali. Hal ini disebabkan karena si Kecil akan terbiasa menghadapi air dalam jumlah besar, dan ruang yang besar pula. Ini akan melatih mental serta kepercayaan dirinya untuk jangka waktu panjang.

Kebiasaan Bergerak = Berat Badan Ideal

Secara logika, gerakan yang dilakukan si Kecil di kolam renang akan membuat badannya terbiasa bergerak. Ketika dilakukan secara rutin, maka si Kecil akan memiliki pola gerak yang baik dan terbiasa untuk bergerak. Dengan begini si Kecil akan merasa tidak nyaman ketika tubuhnya kurang bergerak. Gerakan intens dapat membuat kalori yang masuk dan nutrisi digunakan secara optimal dan tidak terjadi penumpukan.

Dengan stimulasi gerakan yang dilakukan terus menerus, maka si Kecil akan memiliki pertumbuhan yang optimal. Di waktu yang sama, si Kecil akan terhindar dari obesitas, karena metabolisme tubuhnya akan terjaga dan berada dalam kondisi ideal. Akan sangat efektif jika kegiatan bayi berenang juga disertai dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi hariannya sehingga tubuh memiliki ‘bahan bakar’ yang cukup untuk terus tumbuh.

Nafsu Makan yang Baik serta Pola Tidur Lebih Teratur

Dengan aktivitas fisik yang intens, maka si Kecil juga akan memiliki nafsu makan yang baik karena secara alami tubuhnya akan ‘meminta’ asupan makanan yang lebih banyak. Kegiatan fisik juga akan menimbulkan efek lelah pada tubuh si Kecil, sehingga waktu tidur si Kecil akan jauh lebih teratur dan meminimalisir si Kecil terbangun di tengah malam dan rewel.

Mungkin Mums sudah dapat menduga, dengan pola makan, aktivitas fisik dan istirahat yang teratur, tumbuh kembang fisik serta kecerdasan si Kecil akan berjalan dengan optimal. Hal ini berdampak positif secara langsung pada metabolisme tubuh serta penyerapan nutrisi yang masuk ke tubuhnya.

Melihat beberapa manfaat tadi, Mums tentu dapat melihat bahwa membiasakan bayi berenang dapat berefek positif untuk tumbuh kembangnya. Nah untuk melengkapi informasi, berikut juga ada beberapa poin untuk tips agar si Kecil dapat berenang dengan aman.

  • Selalu gunakan pelampung pengaman untuk si Kecil agar terhindar dari resiko tenggelam.
  • Selalu berikan perhatian penuh dan dampingi si Kecil di dalam air untuk tindakan preventif sekaligus meningkatkan kualitas hubungan emosional dengan si Kecil.
  • Selalu gunakan pakaian yang mudah digenggam oleh si Kecil ketika mendampinginya berenang.
  • Pilih area kolam renang yang cukup lengang sehingga kegiatan bayi berenang dapat dilakukan dengan intim.

Demikian tadi manfaat dan tips yang dapat Mums pahami sebelum mengajak si Kecil untuk berenang. Dalam rangka mengoptimalkan masa tumbuh kembang si Kecil, berbagai stimulus dan nutrisi perlu selalu diberikan sehingga semua berjalan dengan baik. 

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang