Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Demi Keamanan Pangan, Cukupkah Hanya Memperhatikan Label Makanan di Kemasan?

Demi Keamanan Pangan, Cukupkah Hanya Memperhatikan Label Makanan di Kemasan?

Dalam membeli produk makanan atau minuman dalam kemasan, pernahkah Mums memperhatikan label makanan yang dicantumkan oleh produsen? Ya, kotak kecil yang biasanya terletak di salah satu sisi kemasan (baik berupa karton atau botol plastik) ini memuat setiap informasi kandungan nutrisi yang ada dalam makanan tersebut. Namun apakah memperhatikan hal ini saja sudah cukup dalam rangka menerapkan food safety?

Nyatanya, informasi mengenai kandungan nutrisi, jumlah sajian per kemasan dan jumlah per sajian saja belum cukup untuk memenuhi konsep food safety yang kini tengah menjadi bahasan hangat. Memang ketiga hal tersebut penting untuk mengetahui apa saja yang terkandung dalam produk makanan, berapa banyak jumlah makanan atau minuman tersebut disajikan dalam satu kemasan, dan berapa jumlah ideal per sajian bahan pangan tersebut.

Namun yang tidak kalah penting adalah untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa serta informasi mengenai asal produk tersebut. Dua hal ini juga tidak boleh dilewatkan ketika memperhatikan informasi pada label makanan yang akan Mums beli di pasar swalayan. Ketika Mums sudah dapat mencermati informasi ini, maka setidaknya Mums sudah mengupayakan untuk menerapkan food safety pada tahap pembelian produk.

Informasi Gizi dan Nutrisi yang Dapat Mums Peroleh

Dalam setiap kemasan bahan pangan yang dijajakan di pasar atau tempat umum, sudah menjadi syarat untuk mencantumkan label makanan terkait informasi gizi dan nutrisi yang dikandung dalam bahan pangan tersebut. Tidak main-main, hal ini merupakan ketentuan dari negara untuk menjamin agar masyarakat mendapatkan informasi lengkap mengenai bahan pangan yang akan dibelinya.

Tentu informasi ini harus dicermati supaya Mums dapat mengetahui apa saja nutrisi yang ada dalam bahan pangan tersebut. Apakah nutrisi tersebut dibutuhkan si Kecil dalam proses tumbuh kembangnya? Apakah nutrisi yang dikandung dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya? Apakah bahan pangan tersebut memiliki manfaat untuk si Kecil secara keseluruhan?

Pertanyaan ini dapat dijawab dengan penjelasan yang disajikan dalam label makanan tersebut. Setidaknya, Mums dapat melihat terlebih dahulu kandungan apa saja yang ada dalam makanan tersebut, berapa jumlah takaran per sajian yang disarankan, nutrisi apa yang akan didapatkan si Kecil ketika mengkonsumsi makanan tersebut dan sebagainya. Demi kecukupan nutrisi harian si Kecil, Mums tidak boleh melewatkan informasi yang satu ini.

Tidak Kalah Penting : Tanggal Kadaluarsa

Yang tidak boleh dilewatkan dalam memastikan food safety atau keamanan pangan adalah tanggal kadaluarsa produk. Tentu saja ini penting, sebab jika Mums tidak cermat, bisa jadi produk yang dijajakan pada tempat perbelanjaan sudah melewati masa kadaluarsa. Hal ini tidak jarang terjadi ketika pengelola tempat perbelanjaan melakukan kelalaian, sehingga dapat beresiko untuk konsumen secara langsung.

Produk yang sudah kadaluarsa sudah tidak lagi dapat dikonsumsi dengan aman. Tanggal kadaluarsa yang dicantumkan adalah ukuran ideal dimana produk dapat dikonsumsi secara aman dan menjamin bahwa belum ada perubahan pada produk yang dijajakan. Ketika tanggal kadaluarsa terlewati, maka produk tersebut biasanya sudah mengalami perubahan tertentu yang membuat makanan tak lagi dapat dikonsumsi.

Efeknya ketika dikonsumsi? Tentu gangguan kesehatan yang berbahaya bagi kondisi si Kecil. Efek keracunan bisa ditimbulkan, mulai dari pusing, mual, diare, muntah, hingga akibat fatal yang lain. Ini mengapa memperhatikan tanggal kadaluarsa produk sangat diperlukan, agar Mums memperoleh bahan pangan yang masih dalam kondisi baik dan aman dikonsumsi.

Pada periode pergantian tahun dan hari besar seperti ini, temuan makanan kadaluarsa banyak terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa waktu lalu di Gresik, Diskoperindag menemukan beberapa makanan yang sudah melewati batas kadaluarsa dimasukkan ke dalam bingkisan dan dijual bebas. Tentu Diskoperindag Gresik kemudian menindak tegas hal ini dan menyita barang tersebut.

Pastikan Kondisi Kemasannya ya Mums!

Yang harus diperhatikan lagi dalam memastikan keamanan pangan yang dibeli adalah kondisi kemasan dan asal bahan pangan tersebut. Tentu untuk kondisi kemasan, Mums harus memastikan bahwa kemasan produk tidak mengalami kerusakan atau kecacatan, sebab jika terjadi hal demikian bisa jadi produk yang ada di dalamnya tak lagi higienis dan aman dikonsumsi.

Memang tidak selalu demikian, namun ada baiknya untuk memastikan kondisi kemasan produk dalam kondisi baik atau sempurna. Selanjutnya mengenai asal produk pangan tersebut. Misalnya produk susu bubuk dalam kemasan, pastikan susu tersebut berasal dari peternakan yang dikontrol ketat kualitasnya, memiliki proses pengolahan yang juga berstandar tinggi, serta memperhatikan benar kualitas produk yang dipasarkan pada konsumen.

Jika dilihat, memperhatikan label makanan saja tak cukup untuk memastikan keamanan pangan pada bahan pangan dalam kemasan yang Mums beli di tempat perbelanjaan. Tanggal kadaluarsa, kondisi kemasan serta sumber produk atau asal produk tersebut juga harus dipastikan, demi mendapatkan produk terbaik untuk si Kecil.

Label makanan merupakan syarat untuk makanan dalam kemasan yang dipasarkan di Indonesia. Informasi gizi dan nutrisi yang jelas dapat menjadi acuan bagi Mums, sehingga dapat mengupayakan pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk si Kecil. Produk yang memenuhi kriteria tersebut salah satunya adalah Friso Gold 3/4. Berasal dari tempat pengolahan susu yang berkualitas dan memiliki standar tinggi, produk Friso Gold 3/4 memiliki jaminan keamanan pangan yang tinggi pula, sehingga aman dikonsumsi si kecil dan dapat mendukung tumbuh kembangnya dengan optimal.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang