Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Cara Mengajar Anak TK yang Baik dan Menyenangkan

Cara Mengajar Anak TK yang Baik dan Menyenangkan

Anak-anak memiliki cara berpikir yang unik dan beragam. Seperti halnya anak-anak TK (taman kanak-kanak) yang memiliki cara sendiri untuk mempelajari apa yang ada di sekitarnya. Oleh karenanya, masa TK adalah masa pendidikan awal anak yang tidak boleh sembarang.

Banyak sekali cara mengajar anak TK efektif yang diterapkan di instansi pendidikan resmi. Di masa pertumbuhan dan perkembangan anak, orang tua harus memaksimalkannya dengan memfasilitasi pendidikan yang tepat sesuai usia mereka.

Ketika anak memasuki usia TK (4-6 tahun), maka akan ada banyak hal baru yang mereka temukan. Bagi seorang guru TK, tentu bukanlah perkara mudah untuk mengajarkan ilmu-ilmu baru kepada anak-anak. Apalagi anak TK terbilang masa anak sedang aktif-aktifnya dan mudah sekali merasa bosan ketika duduk belajar di kelas.

Oleh karena itu, banyak sekali sekarang ini yang mulai mempelajari cara mengajar anak TK yang efektif agar anak tidak mudah bosan dengan pelajaran tersebut. Berikut ini beberapa cara mengajar anak TK yang mudah sekali untuk diterapkan.

Menggunakan media bergambar yang beragam

Cara mengajar anak TK usia 4-6 tahun bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi harus mengajar membaca anak TK, bukan perkara yang mudah. Namun, dengan menggunakan media bergambar anak-anak akan tertarik dengan apa yang Mum ajarkan.

Sediakan gambar-gambar yang kreatif yang berwarna, agar anak bisa dengan mudah memahami apa yang coba Mum ingin sampaikan. Warna-warni pada gambar juga bisa menjadi salah satu cara mengajar anak TK yang efektif. Mum bisa membuat gambar itu sendiri, atau sediakan gambar yang ada di buku-buku bergambar.

Ajak anak agar aktif berbicara

Anak-anak cenderung mudah bosan dengan hanya mendengarkan saja. Mengajak anak-anak berinteraksi bisa menjadi salah satu cara mengajar anak TK yang efektif dan juga bisa memicu anak untuk aktif berbicara dengan menjawab apa yang Mum bicarakan. Berikan kesempatan anak-anak untuk lebih interaktif, agar suasana belajar lebih menyenangkan.

Bermain karakter

Cara mengajar anak TK yang menyenangkan adalah dengan bermain karakter. Jangan selalu menjadi pengajar yang hanya itu-itu saja. Anak- anak TK mudah bosan dengan pelajaran yang itu-itu saja, apalagi taman kanak-kanak merupakan masa-masa bermain. Jadi, Mum bisa menggunakan cara mengajar anak TK dengan bermain karakter.

Caranya, Mum bisa hadir sebagai pengajar dengan meniru gaya salah satu tokoh karakter yang kebanyakan anak-anak sukai. Bisa juga dengan kostum agar lebih menarik perhatian anak-anak. Dengan begitu, seluruh perhatian anak-anak di kelas tertuju kepada Mum, dan pelajaran apapun yang Mum ajarkan akan terasa menyenangkan untuk anak-anak.

Gunakan media boneka tangan

Jika cara mengajar anak TK di atas sulit untuk Mum lakukan, ada alternatif lain yang bisa Mum terapkan, yaitu dengan menggunakan media boneka tangan. Mengajar dengan metode ini bisa dibilang seperti mendongeng. Mum bisa selipkan pelajaran-pelajaran anak TK di cerita boneka tangan yang Mum mainkan. Cara mengajar anak TK dengan media boneka tangan ini sangat sederhana dan efektif untuk menarik perhatian anak-anak.

Ciptakan permainan atau games seru

Cara mengajar anak TK itu seperti mengajaknya bermain namun permainan yang dibawakan berisi edukasi untuk perkembangan otak anak. Jadi, tidak ada salahnya jika menggunakan games seru untuk menjadi cara mengajar anak TK.

Misalnya, mengajak anak-anak bermain puzzle yang bertujuan untuk meningkatkan cara anak untuk memecahkan masalah. Jadi, dengan games-games edukatif ini Mum bisa menarik perhatian anak-anak untuk bermain sambil belajar. Cara mengajar anak TK seperti ini efektif untuk meningkatkan kreativitas anak.

Menggambar dan melukis

Usia anak TK kisaran 4-6 tahun, yang di mana anak usia tersebut merupakan usia yang ingin bebas berkreasi dan serba ingin tahu. Oleh sebab itu, cara mengajar anak TK yang efektif dengan membebaskan mereka untuk berkreasi, salah satunya menggambar dan melukis.

Cara mengajar anak TK ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak dalam mengenal warna-warna dan bentuk. Jadi, Mum hanya perlu menyediakan media menggambar atau alat lukis, dan bebaskan anak-anak menggambar dan melukis di kerta bergambar.

Memberikan Hadiah

Tidak ada salahnya menggunakan hadiah sebagai cara mengajarkan anak TK yang efektif. Hadiah diartikan sebagai penghargaan untuk anak-anak yang bisa melakukan sesuatu. Selain itu, memberikan hadiah juga bertujuan untuk memberikan motivasi kepada anak-anak untuk lebih giat lagi dalam mencapai sesuatu.

Menyanyi

Cara mengajar anak TK lainnya yaitu dengan mengajak anak-anak untuk bernyanyi bersama. Selain menyanyi bersama, Mum juga bisa menciptakan lagu bersama. Anak TK sangat mudah mengingat lagu. Ciptakan lagu dengan lirik yang berisikan ilmu atau pelajaran yang ingin Mum sampai ke anak-anak. Dengan begitu, anak TK bisa dengan mudah mengingat pelajaran yang Mum berikan.

Ajak Belajar di luar ruangan

Kebanyakan anak TK memiliki karakter yang mudah bosan. Dengan begitu, Mum bisa menggunakan cara mengajar anak TK dengan mengajaknya belajar di luar ruangan. Metode ini disebut juga outing atau bisa juga study tour. Jadi, jadwalkan perjalanan anak TK ke sebuah tempat yang memberikan pengetahuan. Dengan cara mengajar anak TK seperti itu, dijamin anak-anak akan lebih giat belajar karena lebih banyak beraktivitas di luar yang meningkatkan kreativitas mereka dan pengetahuan belajar anak.

Bebaskan Anak untuk lebih banyak bermain

Usia 4-6 tahun adalah usia anak-anak lebih banyak bermain. Kalau metode mengajar Mum membosankan, anak-anak juga tidak akan tertarik dengan apa yang Mum bicarakan. Membebaskan anak untuk lebih banyak bermain daripada belajar menjadi cara mengajar anak TK yang efektif.

Tetapi, bermain anak TK ini disediakan mainan-mainan yang juga mendukung perkembangan otak mereka. Oleh sebab itu, ruangan di kelas TK itu selalu dibuat lebih berwarna dan disediakan juga banyak permainan. Hal tersebut membuktikan bahwa usia 4-6 tahun atau anak yang duduk di TK ini lebih diberikan banyak waktu main.

Itulah 10 cara mengajar anak TK yang efektif untuk perkembangan otak anak. Usia kebanyakan anak TK cenderung lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain. Sebagai orang tua Mum juga perlu memilih TK yang sesuai dengan usia anak Mum. Jika belum mencapai usia 4-6 tahun (usia masuk TK sesuai peraturan pemerintah), Mum bisa memilih PAUD sebagai alternative mengenalkan bangku sekolah ke anak.

Cara mengajar di atas juga sangat efektif melawan rasa bosan anak dalam belajar. Selain peran pengajar di sekolah TK, Mum sebagai orang tua juga perlu berperan menanamkan pemahaman soal sekolah yang akan dilalui oleh anak. Oleh karena itu, dalam menentukan TK anak, orang tua sangat turut andil paling besar selain soal biaya dalam menentukan sekolah mana yang sesuai dengan usia dan karakter anak Mum. Nah, sebagai bentuk dukungan untuk si Kecil di masa-masa sekolahnya, Mums bisa memberikan Friso Gold 4. Friso Gold 4 dengan teknologi Locknutri menjaga kualitas nutrisi dalam keadaan alami sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang