Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Apa Saja Makanan Anak Usia 1 Tahun?

Apa Saja Makanan Anak Usia 1 Tahun?

Ketika anak sudah menginjak usia 1 tahun, biasanya anak-anak lebih pemilih dalam menentukan makanan dan juga gemar mengemut makanan di mulut. Perubahan kebiasaan makan anak 1 tahun banyak sedikit dipengaruhi oleh pergantian menu makanan setiap harinya. Di usia 1 tahun, anak sudah lebih mahir mengunyah berbagai macam makanan padat. 

Sebagai orang tua, tugas Mum adalah mendampingi dan mendukung setiap langkah perkembangannya. Tidak luput juga Mum harus memperhatikan pilihan makanan anak 1 tahun agar tetap mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Umumnya, anak usia 1 sampai 2 tahun membutuhkan sekitar 1000-1400 kalori per hari. Selain dari ASI, jumlah kalori tersebut bisa Mum dapatkan dari makanan sehari-harinya, seperti sayuran, buah-buahan, sumber karbohidrat, dan sumber protein hewani dan nabati, serta susu.

Jumlah pemberian ASI untuk anak usia 1 tahun tidak sebanyak saat usianya di bawah 1 tahun (ASI Eksklusif). Namun, hal tersebut tidak berarti anak bisa lepas begitu saja dari ASI. Sebaiknya ASI tetap diberikan sampai anak genap usia 2 tahun. 

Jika memang tidak memungkinkan, Mum bisa konsultasikan hal tersebut ke dokter terkait pemberian susu formula pada anak. Sementara itu, menurut UNICEF berikut ini adalah berbagai variasi makanan anak 1 tahun yang sebaiknya diberikan. Rekomendasi makanan anak 1 tahun berikut ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. 

Makanan bersumber dari karbohidrat

Sumber makanan anak 1 tahun yang pertama bersumber dari karbohidrat. Anak usia 1 tahun sudah bisa mengonsumsi makanan padat, namun tetap dalam pengawasan orangtua. Sumber karbohidrat merupakan zat gizi utama yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tubuh kita mendapatkan energi untuk beraktivitas dengan cara membakar karbohidrat yang kita dapat dari makanan. Seperti halnya anak usia 1 tahun, anak-anak terbilang aktif dalam beraktivitas, oleh karena itu makanan anak 1 tahun yang bersumber dari karbohidrat ini bisa menghasilkan untuk energy aktivitas anak. Berikut ini beberapa sumber karbohidrat yang bisa menjadi pilihan makanan anak 1 tahun:

  • Nasi

    Pilihan makanan anak 1 tahun adalah nasi yang disandingkan dengan lauk pauk. Nasi menjadi sumber karbohidrat orang Indonesia, begitu juga dengan anak-anak yang sudah dikenali nasi sebagai sumber karbohidrat. Makanan anak 1 tahun sudah bisa mengonsumsi makanan padat, namun jika Mum belum mau memberikan makanan padat, nasi bisa disandingkan dengan kuah atau dijadikan bubur.

  • Umbi 

    Selain nasi, makanan anak 1 tahun juga bisa diganti dengan umbi-umbian, seperti ubi, singkong, kentang, dan talas. Ini bisa menjadi alternatif pilihan makanan anak 1 tahun. Seperti merebus singkong dan dijadikan pure. Bisa juga menjadikan umbi-umbian sebagai cemilan sehat anak. kandungan karbohidrat pada umbi-umbian ini sangat tinggi, jadi kebutuhan energy anak akan tercukupi dan anak juga tidak akan mudah lemas.

  • Gandum 

    Selanjutnya ada gandum yang menjadi sumber karbohidrat makanan anak 1 tahun. Gandum ini bisa dalam bentuk biscuit anak atau roti. Kandungan serat dalam gandung juga sangat baik untuk pencernaan anak. selain itu, kandungan serat dalam gandum membuat anak merasa kenyang lebih lama. Cocok dijadikan cemilan anak saat bepergian.

Makanan bersumber  Protein Hewani

Pilihan makanan anak 1 tahun bisa juga bersumber pada protein hewani. Apa saja sumber protein hewani yang baik untuk anak 1 tahun? Daging merah, daging ayam, ikan, dan hati sapi. Ini bisa menjadi pilihan tambahan untuk makanan anak 1 tahun. Daging merah terdiri dari daging sapi dan daging kambing. Dari sumber protein hewani ini, Mum bisa mengelolanya menjadi lauk-pauk teman makan agar anak lebih tertarik untuk makan. Dari sumber protein hewani ini, Mum bisa membuat sop ayam atau sup daging, ikan goreng sedikit minyak, dan lainnya. 

Sumber protein hewani ini mengandung banyak protein yang dibutuhkan anak. Daging merah selain kaya akan protein, terdapat juga sumber vitamin B12. Tidak hanya daging merah, daging ayam juga memiliki protein yang kaya. Pilihlah daging ayam bagian dada, karena bagian tersebut tidak mengandung banyak lemak. Protein hewani lainnya juga ada pada daging ikan. Selain mengandung protein yang dibutuhkan anak, daging ikan juga kaya akan omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung anak.

Makanan bersumber protein Nabati

Selain itu, ada juga makanan bersumber protein nabati yang juga bisa menjadi pilihan alternatif menu makanan anak 1 tahun. Protein nabati ini berasal dari tanaman atau berbagai jenis olahannya. Berikut ini beberapa makanan protein nabati yang perlu Mum ketahui: 

  • Tahu & tempe
  • Kacang kedelai
  • Kacang polong

Ketiga protein nabati di atas, bisa menjadi alternative menu makanan anak 1 tahun. Seperti Mum bisa membuat sop ayam ditambah dengan kacang polong. Atau bisa juga menyediakan tempe dan tahu yang sudah digoreng atau direbus sebagai pendamping nasi. Selain itu, Mum juga bisa mengolah kacang kedelai menjadi susu kacang kedelai yang banyak disukai anak-anak.

Sayur dan buah-buahan

Sebagai orang tua, Mum harus menyajikan makanan anak 1 tahun dengan sayur-sayuran dan buah-buahan. Kedua makanan tersebut bisa dibilang wajib untuk ada di setiap hari dalam memenuhi nutrisi anak 1 tahun. Dalam sayuran dan buah-buahan terdapat banyak kandungan vitamin, mineral, dan serat yang di mana sumber-sumber tersebut bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak untuk perkembangan anak hingga dewasa. 

Sebagai ibu, sayur dan buah-buahan bisa menjadi pilihan variasi makanan anak 1 tahun. Misalnya, Mum bisa membuat sayur sop yang di dalamnya tidak hanya ada protein hewani, tapi juga sayur-sayuran seperti wortel, kol, kentang, dan bayam. Untuk buah-buahan juga hal wajib Mum sajikan untuk anak 1 tahun. Mengapa? Nutrisi dan vitamin di buah bisa membantu perkembangan anak. jangan malas untuk memberikan anak buah-buahan setiap hari. Minimal 1 hari Mum memberikan satu menu buah untuk cemilan sore anak.

Produk Turunan Susu

Terakhir pilihan makanan anak 1 tahun yaitu produk turunan susu. Sebagai penyempurna nutrisi anak, Mum tetap harus memberikan asupan ASI atau susu formula untuk anak hingga usia 2 tahun. Namun, dengan begitu Mum juga memberikan variasi rasa untuk asupan wajib susu dengan beberapa produk turunan susu, seperti keju, yogurt, dsb. 

Misalnya Mum bisa mengelola keju, susu, dan makaroni yang dijadikan menu cemilan makanan anak 1 tahun. Hal tersebut bertujuan, untuk menarik perhatian anak agar tetap mau makan dan tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

Makan sehat untuk anak harus bisa Mum tanamkan sejak dini. Intinya, sebagai orang tua jangan malas untuk menyajikan berbagai menu makanan anak 1 tahun. Hal tersebut bertujuan agar anak tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja yang pada akhirnya berakhir dengan jajan sembarangan. Usahakan untuk mengelola makanan anak 1 tahun sendiri. 

Jadi, penuhi perut anak dengan makanan yang sehat, bukan hanya makanan yang  memenuhi perut tanpa bisa memenuhi kebutuhan gizi anak. Lengkapi juga kebutuhan nutrisi anak dengan susu pertumbuhan Friso Gold 3. Susu Friso Gold 3 ini diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil usia 1-3 tahun. 

Nutrisi seperti ALA, LA, Probiotik, Vitamin A,C, dan E, serta Zinc dan zat besi merupakan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Selain itu, Friso Gold 3 hadir dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi tidak berubah saat proses pemanasan, sehingga lebih mudah diserap oleh si kecil.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang