Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Penyebab Utama Anak Malas Sekolah

Penyebab Utama Anak Malas Sekolah

Setiap orang tua pasti khawatir ketika mendapati anak malas sekolah. Terlebih ketika hal tersebut terjadi secara tiba-tiba. Oleh karena itu sangat penting bagi Mum untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab anak malas sekolah.
Meskipun sudah dibujuk, dirayu, diiming-imingi, bahkan dipaksa, namun jika anak tetap menolak sekolah, maka bisa dipastikan ada yang tidak beres dengan keadaan tersebut. Mum harus jeli melihat penyebabnya, namun tak diperbolehkan untuk memarahi atau menghukum anak. Alih-alih anak mau kembali sekolah, justru anak semakin membenci sekolah bahkan trauma dengan sekolah.
Lantas faktor apa saja sih yang menjadi penyebab anak malas sekolah?

Lingkungan sekolah nyaman

Faktor utama anak malas sekolah adalah karena lingkungan sekolah yang tidak nyaman bagi anak. Misalnya, guru yang galak, teman yang jahil, atau hal-hal lain yang memicu ketidaknyamanan. Padahal, lingkungan yang nyaman sangat diperlukan bagi anak untuk menunjang semangat belajarnya.

Konsultasikan dengan guru dan psikolog jika ini terjadi, jangan sampai lingkungan yang tidak nyaman membuat si kecil membenci sekolah selamanya. Segera cari solusi ya, Mums!

Bullying di sekolah

Anak malas sekolah juga bisa dipicu oleh bullying. Bisa jadi si kecil merupakan korban bullying teman-temannya, dan ia merasa terancam akan hal itu. Mum perlu mencari tahu apakah anak benar-benar menjadi korban bullying dan bekerjasama dengan pihak sekolah untuk mengatasi hal tersebut.

Tidak percaya diri

Faktor lain yang menyebabkan anak malas sekolah adalah anak tidak percaya diri atau rendah diri. Tidak semua anak merasa percaya diri, Mums. Dan jika ini terjadi, ia akan malas untuk bergaul, berinteraksi, dan melakukan hal positif lain di sekolah. Akibatnya, anak menjadi semakin malas untuk sekolah.

Sulit bergaul

Anak memiliki tipikal yang berbeda-beda, ada yang pandai bergaul, namun ada juga yang sulit untuk berinteraksi dengan teman-temannya. Bisa jadi si kecil merupakan pribadi yang sulit bergaul dan bersosialisasi, sehingga ia menolak untuk menjalin pertemanan dengan teman sebaya. Inilah yang membuat ia merasa sekolah merupakan tempat yang tidak menyenangkan bagi anak.

Tuntutan orang tua

Terkadang tanpa sadar orang tua kerap memberikan beban dan tuntutan yang terlampau besar pada anak. Anak harus juara, rangking 1, dan sejenisnya yang membuat anak tertekan. Karena beban tersebut, anak menjadi tidak enjoy di sekolah.

Terlebih jika orang tua masih memberikan les tambahan di luar jam sekolah yang membuat si kecil semakin enggan untuk belajar. Bagaimanapun kehidupan sosial dan belajar anak harus seimbang. Jangan sampai hanya karena dituntut belajar dan menjadi juara, anak menjadi lupa cara bermain.

Orang tua kurang perhatian

Terkadang orang tua terlalu pasrah kepada pengasuh, termasuk urusan sekolah anak. Mulai dari menyiapkan baju, bekal, hingga antar jemput sekolah, semuanya diserahkan pada pengasuh. Padahal, anak juga membutuhkan perhatian dari orang tuanya mengenai sekolah. Untuk itulah, Mum perlu memberikan perhatian lebih mengenai sekolah anak agar ia lebih semangat pergi ke sekolah.

Jarak sekolah terlalu jauh

Anak malas sekolah juga bisa disebabkan oleh jarak antara rumah dengan sekolah yang terlalu jauh. Jarak tersebut membuat anak menjadi enggan dan malas untuk berangkat ke sekolah. Anak sudah terlanjur lelah di jalan dan tidak fokus mengikuti pelajaran. Oleh sebab itu, tak heran jika ia malas-malasan untuk sekolah.

Tidak suka dengan mata pelajaran tertentu

Terkadang anak malas sekolah juga disebabkan oleh mata pelajaran yang tidak menyenangkan di mata anak. Misalnya anak tidak menyukai pelajaran matematika namun harus dihadapkan dengan pelajaran tersebut setiap harinya. Hal ini membuat anak tertekan dan tidak bergairah untuk belajar di sekolah.

Gaya belajar tidak sesuai

Setiap anak memiliki gaya belajar sendiri yang tidak bisa disamakan satu sama lain. Ada tipe belajar anak dengan auditori, kinestetik, visual, serta menulis dan membaca. Permasalahannya, gaya belajar yang diberikan di sekolah jika tidak sesuai dengan gaya belajar anak, akan membuat anak menjadi malas belajar. Orang tua harus peka akan hal ini dan berkonsultasi dengan guru terkait agar menemukan solusi yang tepat untuk anak.

Proses belajar bermasalah

Ada juga masalah atau gangguan belajar pada anak yang menyebabkan ia malas sekolah. Si kecil mengalami kesulitan menangkap serta memahami informasi yang diberikan, itulah yang membuat anak tidak enjoy di sekolah.

Jenis gangguan tersebut umumnya adalah ADHD dan disleksia. Kedua gangguan tersebut ditandai dengan sulitnya konsentrasi, perilaku impulsif, dan hiperaktif yang mengganggu proses belajar.

Emosi terganggu

Gangguan lain penyebab anak malas sekolah adalah emosi anak yang terganggu, misalnya depresi atau perasaan cemas yang berlebihan. Depresi serta rasa cemas bisa mengganggu proses belajar anak hingga menyebabkannya malas sekolah.

Trauma dengan guru

Trauma dengan perlakuan guru yang tidak menyenangkan serta kurang memberikan motivasi dalam belajar juga merupakan salah satu faktor penyebab anak malas sekolah. Terlebih jika anak merupakan tipe anak yang mudah trauma dengan sesuatu.

Takut berpisah dengan orang tua

Pada anak yang lebih kecil, penyebab anak malas sekolah bisa disebabkan oleh rasa takut berpisah dengan orang tuanya. Misalnya si kecil pada awal sekolah selalu ditemani oleh orang tua, namun karena alasan tertentu, orang tua tak boleh lagi menemani si kecil di sekolah. Biasanya anak akan merasa ditipu dan akhirnya tidak mau sekolah lagi.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan anak malas sekolah. Jika hal tersebut terjadi pada anak Mum, segeralah mencari solusi yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Beberapa cara berikut ini bisa menjadi pencerahan bagi orang tua yang mendapati anaknya malas sekolah.

  1. Berikan waktu istirahat cukup

    Anak membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk mengembalikan energinya yang terbuang di sekolah. Ketika waktu tidurnya cukup, mood untuk belajar kembali muncul dan ia akan lebih bersemangat pergi ke sekolah.

  2. Antar ke sekolah

    Motivasi dan dukungan orang tua sangat penting bagi anak. Oleh sebab itu Mum perlu mendukung kegiatan sekolah si kecil dengan meluangkan waktu untuk mengantarkan anak pergi ke sekolah. Perhatian orang tua mampu meningkatkan semangat anak ke sekolah.

  3. Dengarkan anak

    Bantu anak untuk dapat menceritakan kegiatan dan keluh kesahnya di sekolah. Ketika orang tua dapat menjadi pendengar yang baik bagi anak, maka ia dapat menemukan kembali semangatnya untuk bersekolah.

  4. Konsultasi dengan psikolog

    Jika tingkat kemalasan anak dirasa sudah akut, ada baiknya Mum segera mencari pertolongan psikolog. Terlebih jika anak mendapati bullying dan kekerasan di sekolah. Psikolog akan membantu anak mengatasi masalahnya di sekolah.

Agar si kecil kembali bersemangat ke sekolah jangan lupa untuk selalu memberikan energi terbaik untuk si kecil. Salah satunya dengan memberikan Friso Gold 4 yang memiliki nutrisi yang mendukung tumbuh kembang fisik dan otak si Kecil. Friso Gold 4 dilengkapi dengan teknologi Locknutri yang tetap menjaga kualitas alami susu karena diproses tanpa pemanasan berlebih, yang mudah dicerna oleh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.

Selamat mencoba, Mums!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang