Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Kembang Kol sebagai MPASI untuk si Kecil, Nikmat dan Kaya Manfaat!

Kembang Kol sebagai MPASI untuk si Kecil, Nikmat dan Kaya Manfaat!

Kembang kol, apa yang pertama Mums pikirkan ketika mendengar nama salah satu sayuran ini? Membuat sup? Membuat camilan? Atau makanan lain? Sayuran ini memang cukup populer untuk diolah menjadi berbagai makanan yang lezat. Dan lagi, kembang kol juga ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk dijadikan MPASI. Tahukah Mums mengenai fakta ini?

Pengenalan MPASI memang dapat dilakukan setelah si Kecil melewati masa ASI eksklusif pada usia 6 bulan. MPASI di sini akan berperan untuk mendukung kecukupan nutrisi harian si Kecil, agar si Kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Tentu makanan yang diberikan juga harus memperhatikan tekstur, mengingat kondisi organ pencernaan si Kecil juga belum terbentuk dengan sempurna.

Nah, salah satu makanan yang cocok untuk diberikan pada si Kecil sebagai MPASI adalah kembang kol. Bukan tanpa sebab, pemberian salah satu jenis sayuran yang mirip dengan brokoli ini disebabkan oleh beberapa hal. Apa saja hal tersebut? Yuk Mums simak penjelasannya di bawah ini. Selalu berikan makanan bernutrisi agar tumbuh kembangnya optimal ya Mums!

Kulit si Kecil Tetap Sehat dan Segar

Ketika membawa si Kecil beraktivitas di luar rumah, tentu paparan sinar matahari akan menjadi ‘sahabat’ barunya. Di Indonesia sendiri, budaya ‘menjemur’ si Kecil ketika masih bayi sudah menjadi hal yang biasa. Sinar matahari ini akan menerpa si Kecil bersamaan dengan sinar ultraviolet yang memliliki efek buruk untuk kulit si Kecil.

Konsumsi kembang kol sebagai MPASI untuk si Kecil dapat membantu si Kecil bertahan dari efek buruk terpaan sinar ultraviolet ini Mums. Nutrisi yang terkandung dapat membantu mengurangi resiko peradangan, kerusakan sel hingga kanker kulit. Ini mengapa konsumsi sayuran yang satu ini disarankan, agar kulit si Kecil tidak mudah mengalami iritasi atau gangguan kesehatan.

Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Salah satu kandungan nutrisi dalam kembang kol adalah Vitamin C. Selain dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil, VItamin C juga dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang si Kecil. Dengan konsumsi yang cukup, tulang si Kecil akan terlindung karena tubuh dapat meningkatkan produksi Kolagen yang melindungi tulang dari peradangan atau kerusakan.

Selain VItamin C, nutrisi yang dapat menjaga kualitas tulang seperti kepadatan dan volumenya, adalah Vitamin K. nah, Vitamin K ini juga terkandung dalam kembang kol. Tentu, untuk menjaga kualitas tulang juga diperlukan konsumsi makanan dan minuman kaya dengan Kalsium dan sebagainya, namun konsumsi sayuran ini untuk MPASI dapat menjadi tambahan yang baik.

Serat Tinggi = Pencernaan Sehat

Apalagi yang paling umum terkandung dalam sayuran? Serat, ya, salah satu nutrisi ini sangat penting untuk tumbuh kembang si Kecil pada masa awal usianya. Asupan serat yang cukup diperlukan agar kondisi organ pencernaan si Kecil tetap bersih dapat mengolah berbagai makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Di waktu yang sama, pencernaan yang sehat juga akan membuat penyerapan nutrisi semakin optimal.

Konsumsi kembang kol dalam jumlah yang cukup juga akan membantu tubuh si Kecil mengendalikan pertumbuhan bakteri dalam organ pencernaan. Seperti yang diketahui bersama, bahwa bakteri ini yang berperan besar dalam mengurai nutrisi dan menyerapnya untuk diproses di dalam tubuh dalam rangka mendukung tumbuh kembang.

Merawat Kesehatan Jantung serta Kardiovaskular

Tidak berhenti disitu saja, manfaat kembang kol juga dapat ditemukan pada kesehatan jantung serta kardiovaskular. Kandungan nutrisi yang turut berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan kardiovaskular adalah sulforaphane. Selain itu, kandungan Vitamin K dan glucoraphanin juga turut membantu menjalankan peran ini.

Sirkulasi darah yang lancar perlu selalu dipastikan. Hal ini penting sebab setiap nutrisi yang diserap oleh tubuh akan diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah, jadi ketika aliran darah si Kecil lancar logikanya nutrisi akan dapat ditransfer ke setiap bagian tubuh dengan baik. Dengan asupan nutrisi yang cukup, si Kecil dapat tumbuh dengan optimal dan sesuai dengan milestone usianya.

Sebenarnya setiap sayuran dan buah memiliki manfaat yang sangat baik jika dijadikan MPASI. Namun demikian, Mums harus selalu memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi sebagai MPASI memiliki tekstur yang cukup lembut sehingga tidak membuat organ pencernaan si Kecil bekerja terlalu berat. Pilih MPASI yang tepat sehingga proses pengenalan makanan padat dapat berjalan dengan lancar.

Untuk membantu Mums dalam mencukupi nutrisi harian dan mendukung pengenalan MPASI, Mums dapat mengandalkan Friso Gold 3. dengan kandungan nutrisi yang lengkap serta dilengkapi teknologi Locknutri yang dapat menjaga kualitas alami susu, si Kecil akan mendapat setiap nutrisi yang diperlukan dalam tumbuh kembangnya. Kombinasikan olahan kembang kol di menu MPASI si Kecil dan konsumsi susu Friso Gold 3 untuk tumbuh kembang yang optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang