Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Milestone Perkembangan Bayi 3 Bulan, Simak Selengkapnya ya Mums!

Milestone Perkembangan Bayi 3 Bulan, Simak Selengkapnya ya Mums!

Ketika baru lahir, si Kecil tentu masih menghabiskan banyak waktunya untuk beristirahat dan menyusu. Namun menginjak usia 3 bulan, si Kecil idealnya sudah memiliki kemampuan fisik yang lebih baik. Perkembangan bayi 3 bulan, secara ideal, dapat dilihat dari beberapa hal. Acuan ini kemudian disebut dengan milestone, yang dapat Mums temukan di banyak sumber baik secara langsung maupun online.

Namun demikian, perkembangan ideal ini juga tetap harus didukung dengan berbagai hal lain. Pemberian ASI eksklusif misalnya, serta berbagai rangsangan lain yang dapat mendorong si Kecil terus berkembang dan tumbuh dengan optimal. ASI merupakan asupan nutrisi terbaik untuk si Kecil hingga usia kurang lebih 6 bulan. Baru setelah melewati usia tersebut, si Kecil dapat dikenalkan dengan makanan pendamping ASI yang lebih padat.

Artikel ini akan menginformasikan pada Mums mengenai milestone apa saja yang idealnya sudah dicapai oleh si Kecil. Selain itu, juga beberapa cara memberikan rangsangan agar si Kecil dapat melewati fase tumbuh kembang dengan optimal. Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak selengkapnya dalam beberapa poin berikut ini.

Milestone Perkembangan Bayi 3 Bulan

Terdapat beberapa hal yang bisa menjadi acuan normalnya tumbuh kembang si Kecil pada usia 3 bulan. Diantaranya adalah mengangkat kepala, kemampuan tersenyum dan mengenali suara Mums, meraih benda yang berada di depannya, serta berinteraksi dengan orang lain yang ada di sekitarnya. Setiap milestone ini dapat dipenuhi jika si Kecil mendapat stimulus dan nutrisi yang cukup.

Ekspresi Senyum

jika Mums perhatikan, mulai usia 3 bulan si Kecil akan dapat tersenyum ketika melihat Mums dan menirukan ekspresi lainnya. Selain itu, ia juga dapat mengeluarkan suara sederhana yang ia tujukan untuk berkomunikasi dan merespons apa yang Mums lakukan. Hal ini bisa Mums rangsang dengan mengajak si Kecil berkomunikasi dan memberikan respons atas apa yang dilakukannya.

Mengangkat Kepala

Ketika awal si Kecil hadir ke dunia, mungkin refleks pertama Mums adalah menyangga bagian kepala agar tetap berposisi ideal. Pada usia ini, si Kecil telah memiliki kemampuan dan kekuatan untuk menjaga posisi kepalanya. Ketika dalam posisi tengkurap ia akan secara otomatis mengangkat kepala dan sedikit bagian dada sehingga terlihat seperti posisi push-up.

Interaksi dengan Orang Lain

Kemampuan pengamatan si Kecil juga sudah jauh meningkat. Ia mulai dapat mengamati lingkungan sekitarnya dan mencoba berinteraksi dengan orang atau benda yang dekat dengannya. Jika Mums ingin membuktikan hal ini, Mums dapat mengajak si Kecil menghadap cermin. Mums akan melihat rasa ingin tahu serta upaya si Kecil dalam berinteraksi dengan bayangannya. Meski tentu, pada usia ini si Kecil belum paham jika yang dilihatnya adalah bayangannya sendiri.

Meraih Mainan

Ada baiknya Mums sering memposisikan si Kecil dalam keadaan tengkurap kemudian meletakkan beberapa mainan di hadapannya. Rasa ingin tahu si Kecil akan membuatnya berusaha meraih mainan tersebut, dan merangsang kemampuannya dalam bergerak dan menggenggam benda kecil sekaligus meningkatkan sensitivitasnya pada perkiraan jarak.

Stimulus untuk Menunjang Perkembangan Bayi 3 Bulan

Beberapa milestone di atas dapat dipenuhi tepat waktu, atau secara wajar, jika Mums memberikan stimulus yang juga intensif. Sederhana, tujuannya agar fase tumbuh kembang si Kecil dapat berjalan optimal. Berikut beberapa stimulus yang dapat Mums berikan pada si Kecil.

Membiasakan Menopang Kepala si Kecil

Membiasakan menopang bagian kepala si Kecil agar tetap dalam posisi tegak bisa jadi stimulus yang baik. Ketika si Kecil terbiasa dalam posisi ini, maka milestone mengangkat kepala dapat lebih cepat dicapai oleh si Kecil.

Gerakan Halus

Stimulus yang kedua adalah dengan ‘memancing’ si Kecil agar terus bergerak dengan memberikan berbagai mainan warna-warni di sekitarnya. Ketika si Kecil tertarik pada benda tersebut, ia akan secara otomatis berusaha menggapainya. Pastikan area tempat si Kecil bermain aman dan mainan yang digunakan juga aman ya Mums!

Interaksi dan Kemampuan Berbicara

Hal paling sederhana yang dapat Mums lakukan adalah dengan terus berinteraksi dengan si Kecil dan mengajaknya berkomunikasi seolah si Kecil sudah dapat berbicara. Paparan berbagai kata, ekspresi, gerak wajah dan sebagainya yang diterima si Kecil dapat membantunya dalam meningkatkan kemampuan berinteraksi dan kelak dalam berbicara atau menulis (bahasa). Lakukan secara rutin pada setiap kesempatan, sehingga si Kecil akan semakin terbiasa.

Nah, untuk mendukung optimalnya perkembangan bayi 3 bulan, Mums dapat memberikan stimulus yang disebutkan di atas. Selain tentu saja, Mums tetap harus mencukupi kebutuhan nutrisi dengan ASI eksklusif. ASI, dalam hal mendukung tumbuh kembang si Kecil pada usia di bawah 6 bulan, merupakan asupan terbaik untuk si Kecil. Kaya nutrisi, mudah diolah oleh organ pencernaan serta higienis, menjadi 3 poin penting dalam rangka mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil pada awal kehidupannya.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang