Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Anak Susah Gemuk, Bagaimana Mengatasinya?

Anak Susah Gemuk, Bagaimana Mengatasinya?

Anak susah gemuk dapat menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orang tua. Di saat masa perkembangan, orang tua pastinya ingin memastikan anaknya tumbuh dengan sehat dan optimal. Hingga beranjak dewasa, anak pasti akan mengalami beberapa tahap dalam masa perkembangan, yang dapat diperhatikan melalui pertumbuhan fisik mereka. Bagi orang tua, kadang cukup susah memperhatikan apakah pertumbuhan anak sudah optimal atau belum.

Salah satu tanda apakah anak sudah tumbuh optimal sesuai dengan usianya dapat dilihat pada ukuran bajunya. Jika anak Mum masih cukup mengenakan baju yang seharusnya diperuntukkan pada anak yang usianya jauh lebih kecil, Mum mungkin harus berkonsultasi dengan dokter anak untuk mengetahui lebih lanjut tentang pertumbuhannya.

Selain itu, saat mandi, atau saat di kolam renang, perhatikan apakah Mum dapat melihat tulang rusuk anak Mum. Tulang rusuk yang menonjol atau terlihat jelas adalah tanda bahwa anak Mum mungkin kekurangan berat badan.

Dalam banyak kasus, anak susah gemuk atau susah bertambah tinggi karena kebutuhan nutrisinya tidak tercukupi.

Anak susah gemuk merupakan salah satu permasalahan yang cukup umum dialami oleh anak. Dalam kasus anak susah gemuk, biasanya tanda-tandanya dapat diperhatikan oleh orang tua ataupun oleh dokter. Anak pada umur tertentu tentunya memiliki standar pertumbuhan yang dapat menjadi acuan bagi orang tua untuk mengawasi anaknya. Saat anak tumbuh di bawah standar pertumbuhan maka bisa jadi anak memiliki kebutuhan nutrisi yang tidak tercukupi.

Nah, perlu diperhatikan lho bagi orang tua. Anak susah gemuk dapat mempengaruhi pertumbuhan mereka menuju ke masa dewasa. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas mengenai mengapa anak susah gemuk dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Anak Susah Gemuk

Jika orang tua memperhatikan pertumbuhan anak, orang tua akan menyadari bahwa dalam fase-fase tertentu akan terjadi penurunan pada berat dan tinggi badan anak. Anak kecil misalnya, akan kehilangan berat badannya saat mereka mulai memasuki masa-masa aktif bergerak. Namun tidak perlu takut, yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah perbedaan dalam waktu kurun waktu tertentu. Orang tua tidak perlu terlalu takut pada perubahan yang terjadi temporal dalam satu waktu tertentu. Kecuali tentunya perubahan tersebut dinilai terlalu signifikan, yang dalam kasusnya, perlu mendapat perhatian lebih lanjut dari dokter.

  1. Kurangnya asupan kalori

    Salah satu alasan yang paling umum menyebabkan anak susah gemuk adalah kurangnya asupan kalori. Hal ini biasanya karena anak tidak tertarik dengan makanan, yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Selain itu, kurang asupan kalori juga bisa terjadi karena ketidakpahaman orang tua mengenai kebutuhan asupan gizi sang anak. Anak yang mulai aktif biasanya membutuhkan asupan yang lebih banyak dari sebelumnya. Oleh karena itu, orang tua perlu memastikan anak memiliki asupan yang cukup.

  2. Masalah di sistem pencernaan anak

    Alasan kedua anak susah gemuk juga dapat disebabkan oleh adanya permasalahan dalam sistem pencernaannya. Meskipun anak memiliki asupan yang cukup, namun jika mereka memiliki kapasitas pankreas yang buruk maka yang dapat terjadi adalah anak susah gemuk. Kapasitas pankreas yang buruk biasanya ditandai dengan buang air yang lebih besar dari ukuran normal, berbusa, longgar, berbau busuk, dan berminyak.

    Selain gangguan pada pankreas, anak susah gemuk juga bisa disebabkan karena adanya gangguan pada lapisan usus. Penyakit celiac dan penyakit crohn yang menyerang usus dapat menyebabkan anak memiliki perkembangan berat badan yang buruk. Dalam beberapa situasi, seorang anak dapat membakar terlalu banyak kalori jika dia memiliki kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Seorang anak dengan gangguan jantung yang menyebabkan gagal jantung mungkin juga tidak makan dengan baik jika mereka bekerja terlalu keras untuk bernapas.

  3.  Pengaruh genetik

    Selain itu, anak susah gemuk juga bisa disebabkan oleh pengaruh genetik. Dalam kasus tertentu, genetik yang diwariskan oleh orang tua membuat anak susah gemuk meskipun asupan makanan mereka sudah dirasa sesuai takarannya. Bila ini terjadi pada anak Mum, maka sebaiknya Mum konsultasi kepada ahlinya untuk memastikan bahwa anak tidak kekurangan nutrisi yang dibutuhkannya dalam masa pertumbuhan.

Mengatasi Anak Susah Gemuk

Hal yang pertama kali dapat diperhatikan untuk membantu mengatasi anak susah gemuk adalah tentunya dengan memastikan pemenuhan kebutuhan asupan kalorinya. Berikut merupakan tips untuk meningkatkan kalori anak:

  1.  Beri anak makan secara konsisten. Hal yang paling penting untuk diperhatikan orang tua adalah waktu makan anak. Jangan melewatkan makan, jika makan terlewat, anak akan kehilangan kalori penting yang diperlukan untuk mencapai pertumbuhan optimal mereka. Setiap hari, anak Mum perlu sarapan, makan siang, cemilan siang, makan malam, dan cemilan malam.
  2. Hidangkan lebih banyak makanan dari porsi normalnya. Untuk meningkatkan kalori anak, Mum dapat menggandakan porsi makannya, susunya, dan cemilannya. Pastikan makanan anak Mum mengandung karbohidrat (contoh: nasi, kentang, roti, pasta) dan protein (contoh: ikan, telur, ayam, daging). Ikan sangat baik untuk asupan protein dan minyak anak, usahakan anak Mum mendapat dua porsi ikan setiap minggunya.
  3. Beri jus dan susu rendah lemak. Salah satu trik untuk menaikkan berat badan anak adalah dengan menukar air putih dengan susu atau jus. Jika anak haus, berilah susu rendah lemak dan rendah gula atau jus buah untuk memuaskan dahaganya. Jika anak Mum intoleransi laktosa, Mum dapat memberinya alternatif susu, seperti susu kedelai, susu almond, atau susu oat. Namun, bukan berarti anak tidak boleh minum air putih. Anak dari umur 2 tahun membutuhkan setidaknya 6-9 gelas air sehari.
  4. Tambahkan selai kacang, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun di makanan atau cemilannya. Makanan-makanan ini kaya akan lemak sehat, dan bisa menjadi tambahan gizi anak yang sedang aktif-aktifnya.

Selain kalori, orang tua juga perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi-nutrisi lainnya. Anak yang kedapatan malnutrisi akan susah berkembang dengan normal dan dapat terhambat pertumbuhannya, baik secara fisik maupun secara mental.

Sebagai orang tua, Mum dapat memberikan asupan tambahan seperti suplemen dan vitamin agar kebutuhan anak tercukupi. Semua anak berusia antara 6 bulan dan 5 tahun direkomendasikan untuk diberi vitamin A, C dan D tetes. Ini sangat penting untuk anak-anak yang kekurangan berat badan, yang mungkin tidak makan makanan yang cukup bervariasi untuk menyediakan semua nutrisi yang mereka butuhkan.

Selain itu, pastikan hidangan yang disantap oleh anak merupakan hidangan empat sehat lima sempurna. Orang tua juga perlu mengecek atau mengkonsultasikan kondisi anak secara rutin dan berkala. Cek berkala ini dapat dilakukan dengan mengikuti program seperti posyandu, atau secara langsung mengunjungi dokter anak jika dirasakan perlu.

Meski hampir semua anak susah gemuk atau bahkan turun berat badan saat mereka mulai aktif bergerak, tetap biarkan mereka aktif. Itu karena, aktif secara fisik penting bagi tumbuh kembang mereka. Agar tumbuh kembang si Kecil tetap optimal, pastikan si Kecil meminum susu Friso Gold 3 ya Mum. Friso Gold 3 yang dibuat dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas alami nutrisi sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan selalu sehat.

Aktivitas fisik membantu mereka mengembangkan tulang dan otot yang kuat dan sehat. Itu adalah bagian penting dari cara mereka belajar tentang diri mereka sendiri dan lingkungan sekitarnya.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang