Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Anak Tidur Gelisah, Mengatasinya Bagaimana?

Anak Tidur Gelisah, Mengatasinya Bagaimana?

Anak tidur gelisah akan membuat mereka terjaga saat malam. mums tentu memiliki kegelisahan sendiri bila sang anak tidak dapat tertidur dengan lelap. Selain khawatir akan kesehatan mereka, anak tidur gelisah juga membuat mums harus lebih banyak menghabiskan waktu di tengah malam untuk menemani anak agar tetap tenang. Apabila ini berlangsung terus menerus dalam waktu yang lama maka anak tidur gelisah akan memberikan dampak kesehatan yang buruk kepada anak dan kepada mums.

Anak tidur gelisah dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari anak takut akan tempat yang gelap, anak takut tidur sendiri, hingga ketakutan lain seperti akan ada orang jahat yang datang atau monster yang mengganggu saat mereka tidur. Mencari tahu masalah utama mengapa anak tidur gelisah menjadi jalan utama untuk mengatasinya. Jika anak tidak dapat tidur, maka Anda sebagai juga mums juga tidak dapat tidur. Maka dari itu masalah tidur bagi anak merupakan masalah serius dalam keluarga yang sebaiknya dicari jalan keluar dengan segera.

Mencari Sumber Kegelisahan

Anak membutuhkan waktu tidur dari sepuluh hingga dua belas jam setiap harinya. Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi maka kemungkinannya anak tidak akan berfungsi di siang hari. Mereka menjadi kurang aktif karena tidak mendapatkan energi yang cukup. Selain itu kurang tidur juga menyebabkan anak memiliki emosi yang kurang stabil. Anak yang kurang tidur biasanya akan lebih mudah ngambek, marah, merasa gelisah, bahkan merasa depresi.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan permasalahan kesehatan pada anak. Anak yang kebutuhan tidurnya tidak tercukupi akan memiliki tingkat konsentrasi yang lemah. Mereka menjadi pribadi yang susah belajar hal baru dan malas-malasan. Kurang tidur juga mungkin menjadi penyebab sakit kepala dan sakit perut pada anak.

Oleh karenanya, bergantung pada usia yang anak Anda miliki mums dapat memperkirakan permasalahan apa yang membuat anak tidur gelisah. Bagi anak yang masih berusia dibawah dua tahun, kemungkinannya adalah bahwa mereka belum dapat membedakan realita dan khayalan. Anak yang terlalu banyak menonton hal-hal yang bersifat menakutkan seperti film-film monster, badut-badut, atau tokoh-tokoh bermuka seram mungkin tidak dapat menyadari bahwa karakter yang mereka saksikan tidaklah nyata. Faktor ini dapat menimbulkan ketakutan pada diri anak. Yang pada akhirnya akan membuat mereka khawatir saat malam hari saat waktu istirahat datang, dan membuat anak tidur gelisah.

Menyadari faktor diatas, kita dapat memperkirakan bahwa salah satu kemungkinan besar yang menjadi penyebab anak tidur gelisah adalah ketakutan. Ketakutan tersebut bisa dikarenakan beberapa hal yang berbeda. Beberapa anak tidur gelisah karena mereka takut akan gelap. Faktor lain yang menyebabkan anak tidur gelisah juga adalah ketakutan terhadap khayalan mengerikan seperti monster atau hantu seperti yang dijelaskan sebelumnya. Ketakutan-ketakutan tersebut akan semakin menyebabkan anak tidur gelisah jika mereka harus tidur sendiri atau terpisah dari mums. 

Selain karena takut, anak tidur gelisah juga bisa disebabkan karena dinamika yang terjadi di dalam keluarga. Misalnya, jika anak terlalu sering mendapatkan perlakuan yang keras dari mums. Anak yang sering dibentak, dimarahi, atau bahkan dipukul akan menyebabkan mental anak tidak berkembang dengan baik. Anak yang merasa tertekan secara mental akan banyak memikirkan bagaimana hari-hari mereka berlangsung di malam hari dan menyebabkan anak tidur gelisah. Dinamika keluarga lain yang dapat menyebabkan anak tidur gelisah juga tidak mesti yang secara langsung terjadi kepada anak. Contohnya adalah jika mums kedapatan sering bertengkar didepan anak, atau disebabkan oleh anggota keluarga yang pergi, sakit, atau bahkan meninggal. Anak tidur gelisah juga bisa disebabkan karena adanya anggota baru di keluarga seperti saat mereka mendapatkan adik baru.

Bagi anak yang sudah sekolah atau banyak menghabiskan waktu dengan teman-temannya di luar rumah. Bullying dapat menjadi faktor yang menyebabkan anak tidur gelisah. Anak yang menjadi korban bullying akan sering merasa sedih, takut, dan tidak nyaman yang terus terbawa sampai saat mereka tidur.

Mengatasi Anak Tidur Gelisah

Untuk mengatasi anak tidur gelisah, mums dapat menerapkan beberapa langkah berikut yang diharapkan dapat membantu anak untuk tidur dengan lebih tenang dan lelap.

  1. Temani anak sebelum tidur

    Salah satu yang cukup efektif diterapkan untuk mencegah anak tidur gelisah adalah dengan menemaninya sebelum mereka tidur. Jika waktu tidur sudah tiba, hampirilah anak dan ajak mereka mengobrol sebelum mereka tidur. mums juga dapat menerapkan beberapa rutinitas baik yang dapat dilakukan bersama sebelum tidur seperti sikat gigi, mencuci kaki, atau berganti baju tidur. mums juga dapat membacakan kisah-kisah sebelum tidur kepada anak untuk menenangkan hati anak. Melalui obrolan sebelum tidur mums dapat membantu anaknya menyuarakan kekhawatiran dan kegelisahan yang mereka rasakan sehari-hari.

  2. Membatasi tontonan anak di malam hari

    Untuk mencegah anak tidur gelisah, mums dapat membatasi konsumsi media elektronik anak utamanya sebelum mereka tidur. Disarankan agar mums bisa menghentikan segala macam konsumsi elektronik baik itu bermain hape maupun menonton tv minimal satu jam sebelum anak tidur. Dengan membatasi konsumsi elektronik anak sebelum tidur, mums dapat mencegah anak menonton hal-hal yang dapat mengganggu mentalitas anak dan menyebabkan anak tidur gelisah. Selain itu, layar kaca juga memancarkan sinar biru yang menghalangi produksi melatonin di tubuh. Terlalu banyak menonton tv atau layar hape akan mengganggu proses tidur anak yang pada akhirnya membuat anak tidur gelisah.

  3. Membantu Produksi Melatonin

    Melatonin adalah hormon yang secara natural memberitahu tubuh kita kapan waktunya untuk tidur. Oleh karenanya salah satu cara mums dapat mengantarkan anak tidur dengan tenang adalah dengan memberi anak sesuatu yang dapat mendorong produksi melatonin mereka. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mendorong produksi melatonin adalah dengan menutup ruangan dari sinar cahaya alami langsung dan memadamkan lampu. Jika anak takut akan gelap, mums dapat memberikan lampu redup untuk membantu mereka tidur. Selain itu mums juga dapat memberikan susu hangat sebelum tidur. Susu hangat sebelum tidur tidak hanya bagus untuk membantu anak tidur dengan nyenyak namun juga memiliki kandungan beragam yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan anak.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh mums untuk membantu mengatasi anak tidur gelisah. Bagi proses tumbuh kembang anak, kebutuhan tidur yang tercukupi merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk memastikan kesehatan fisik dan mental anak. Sebagai orangtua kita tentu dapat merasakan ketentraman tersendiri apabila bisa melihat anak tertidur lelap di malam hari. Sebelum tidur, Mum dapat memberikan susu Friso Gold 4 hangat untuk si Kecil agar tidur lebih nyenyak. Friso yang dibuat dengan teknologi Locknutri tetap menjaga kualitas alami nutrisi sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari. Nah Mum, selain itu, jangan takut untuk berkonsultasi dengan tenaga medis atau dokter jika kondisi tidur gelisah anak berlangsung terus-menerus ya.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang