Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Apakah Anak Autis Bisa Sembuh?

Apakah Anak Autis Bisa Sembuh?

Bagi orang tua yang memiliki buah hati yang diketahui mengidap autisme, jangan pernah menyerah untuk terus memberi dukungan kepadanya dengan mencurahkan kasih sayang dan perhatian agar mereka tidak merasa sendirian. Kondisi ini mungkin mengkhawatirkan bagi Mum para orang tua, akan tetapi sebenarnya anak autis bisa sembuh meskipun tidak bisa sembuh dengan sepenuhnya.

Autisme atau gangguan spektrum autis adalah kelainan perkembangan saraf yang mempengaruhi perilaku dan cara seseorang berkomunikasi. Anak autis cenderung kesulitan untuk menuangkan pikiran dan mengekspresikan diri, baik dengan kata-kata, gerak tubuh, ekspresi wajah, dan sentuhan.

Kondisi anak penderita autis juga cenderung kesulitan untuk memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain. Mereka sangat sensitif sehingga lebih mudah terganggu, bahkan tersakiti oleh suara, sentuhan, bau, atau pemandangan yang tampak normal bagi orang lain.

Anak dengan autisme terlihat memiliki dunianya sendiri, mereka tidak peduli sekitar bahkan cenderung menghabiskan waktu seorang diri. Selain itu, umumnya mereka memiliki masalah dalam komunikasi nonverbal yakni bahasa tubuh, ekspresi wajah, kontak mata dan juga suara. Makanya tidak heran jika mereka bisa saja tidak sadar saat orang lain berbicara dengan mereka. Tentunya hal ini sangat mengkhawatirkan, apakah anak autis bisa sembuh atau tidak.

Seperti anak-anak pada umumnya, anak pengidap autisme bisa tertarik pada seseorang, tapi tidak tahu bagaimana cara bermain atau berbicara dengan orang tersebut. Ini karena mereka kesulitan memahami perasaan dan jalan pemikiran orang lain. Dalam hal ini sebagai orang tua Mum harus memiliki keyakinan jika anak autis bisa sembuh, meskipun sebenarnya Mum juga mengetahui jika anak autis tidak bisa sepenuhnya sembuh.

Tanda dan Gejala Autisme?

Memang anak autis bisa sembuh total, belum dapat dipastikan.  Karena dilihat dari kelainan neurologis dan perkembangan ini menimbulkan gejala autisme sangat beragam. Setiap anak mungkin memiliki gejala yang berbeda-beda, dengan tingkat yang ringan hingga berat. Akan tetapi, umumnya pada penderita menunjukkan beberapa gejala autis yaitu:

Gejala autisme pada bayi dan anak balita

  • Tidak memberi respons ketika namanya dipanggil
  • Menghindari kontak mata dengan orang lain
  • Tidak tersenyum, meskipun Mum memberikan senyum pada mereka
  • Melakukan gerakan berulang, seperti mengepakkan tangan, menjentikkan jari, atau mengayunkan tubuh
  • Cenderung pendiam, tidak banyak berceloteh seperti bayi kebanyakan
  • Sering mengulang kata atau frasa yang sama

Gejala autisme pada anak-anak

  • Menyukai rutinitas yang terstruktur dan sama. Mudah marah jika merasa terganggu
  • Sulit untuk menjalin pertemanan dan lebih suka menyendiri
  • Sering kali menjawab sesuatu yang tidak sesuai dengan pertanyaan. Alih-alih menjawab, mereka lebih sering mengulang apa yang dikatakan orang lain
  • Sulit mengungkapkan perasaan dan mengekspresikan emosi
  • Sulit mengerti apa yang diucapkan, dipikirkan, dan dirasakan orang lain
  • Memiliki minat tinggi pada suatu kegiatan sehingga terkesan obsesif dan melakukan suatu perilaku secara berulang.

Autis yang terjadi pada anak laki-laki dan perempuan memiliki sedikit perbedaan. Anak perempuan cenderung lebih tenang dan pendiam, sementara anak laki-laki cenderung lebih hiperaktif. Namun semua itu bisa ditangani dan anak autis bisa sembuh meskipun sebenarnya sembuh yang diinginkan bukan sembuh secara total.

Penyebab Autisme

Para ahli tidak tahu persis apa yang menyebabkan autisme. Saat ini, sebagian ahli medis dan perkembangan anak percaya bahwa kombinasi faktor genetik dan lingkungan dapat menyebabkan autisme. Namun, para ahli memiliki keyakinan bahwa anak autis bisa sembuh meskipun tidak dapat sepenuhnya sembuh.

Penelitian terbaru mengkonfirmasi kelainan genetik yang dapat mempengaruhi anak mengidap autism dengan melibatkan beberapa gen. Selain itu, mungkin ada sejumlah faktor metabolik dan biokimia yang dapat menyebabkan gangguan spektrum autisme ini.

Penelitian lain menganalisis faktor-faktor lingkungan, termasuk paparan virus tertentu. Namun, serangkaian studi yang komprehensif sebenarnya membantah dugaan hubungan antara vaksin dan ASD.

Ada peningkatan dramatis dalam jumlah kasus autisme didiagnosis di Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Para ahli tidak tahu apakah ini karena kelainan yang sebenarnya meningkat atau hanya diagnosa dokter semata.

Pestisida ternyata juga berhubungan dengan autisme. Beberapa studi telah menemukan bahwa pestisida dapat mengubah gen yang terlibat dalam sistem saraf pusat, kata Dr Alice Mao, profesor psikiatri di Baylor College of Medicine di Houston.

Para ilmuwan percaya bahwa bahan kimia dalam pestisida dapat mempengaruhi genetik dan cenderung memiliki autisme. Selain itu, bayi yang terpapar obat-obatan tertentu dalam kandungan, termasuk asam valproat dan thalidomide ditemukan memiliki peningkatan risiko autisme.

Thalidomide adalah obat yang pertama kali digunakan pada tahun 1950 untuk mengobati morning sickness, kecemasan dan insomnia. Obat itu ditarik dari pasar setelah dikaitkan dengan cacat lahir, tetapi saat ini diresepkan untuk gangguan kulit dan sebagai pengobatan untuk kanker.

Selain faktor-faktor lain yang menyebabkan autisme juga sering dikaitkan dengan kondisi hamil diusia 40 tahun. Perempuan yang hamil di atas usia 40 tahun memiliki peningkatan risiko 50 persen memiliki anak autis dibandingkan wanita yang hamil dalam rentang usia 20-29 tahun.

Namun, para peneliti tidak yakin mengapa usia orang tua dapat mempengaruhi risiko autisme, tetapi mungkin terkait dengan mutasi genetik yang terjadi pada sperma atau sel telur ketika orang tua sang anak bertambah tua.

Penyimpangan dalam tingkat neurotransmitter, seperti dopamin dan serotonin, juga terkait dengan autisme. Ada bagian tertentu dari otak, termasuk korteks otak dan otak kecil telah terlibat dalam autisme, yang dianggap otak yang bertanggung jawab untuk mengatur konsentrasi, gerakan dan suasana hati. Untuk mengatasi ini, lakukan pencegahan dengan memeriksakan kesehatan buah hati ke dokter karena jika ada indikasi autis, Mum harus siap menerima sang buah hati yang mengidap autis yang sampai saat ini metode yang menyebutkan anak autis bisa sembuh secara total.

Apakah Autis Bisa Disembuhkan?

Bila bicara faktanya, sebenarnya belum ada obat atau metode yang menyebutkan anak autis bisa sembuh secara total. Selain itu, tidak ada cara untuk mengobati gejala utamanya secara total. Seumur hidupnya, mereka harus hidup dengan autisme.

Akan tetapi, saat ini tersedia perawatan untuk membantu pengidap autisme menyesuaikan diri dengan kondisinya. Maka, sangat memungkinkan bagi anak anak autis bisa sembuh untuk hidup lebih baik dan mandiri. Seiring berjalannya waktu, mereka bisa menjadi lebih baik dengan perawatan yang tepat.

Sampai saat ini para peneliti masih terus mencari tahu atau menemukan metode, teknologi, atau pengobatan mutakhir agar anak autis bisa sembuh sepenuhnya. Namun tentunya hal ini memang bisa memakan waktu yang lama.

Pengobatan Pasien Anak-anak autis

Meskipun autisme adalah gangguan seumur hidup dan anak autis bisa sembuh meskipun tidak sepenuhnya, obat-obatan dan terapi dapat membantu mengurangi gejala autisme dan mendukung kapasitas fungsional.

Dokter merekomendasikan jenis terapi yang anak penderita autis perlukan. Karena kondisi autisme pada setiap orang berbeda, dan tingkat keparahan mereka. Anak Mum mungkin perlu terapi wicara atau terapi okupasi secara teratur. Anak-anak juga mungkin tidak perlu perawatan intensif, hanya membantu orang tua diperlukan di rumah dengan penuh keyakinan bahwa anak autis bisa sembuh walaupun tidak sepenuhnya bisa.

Namun, terdapat gejala-gejalanya bisa menjadi penghalang anak autis bisa sembuh. Misalnya, mereka tidak ingin berbicara dengan dokter atau yang tidak bisa duduk tenang. Dalam kasus tersebut, kesehatan fisik dan mental harus dipantau. Mum juga harus mencari dokter yang profesional dalam memperlakukan anak-anak dengan kebutuhan khusus.

Meskipun anak autis bisa sembuh namun tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, pengobatan dini dapat mengontrol gejala-gejalanya. Caranya dengan membantu sang anak yang menderita gangguan spektrum autisme untuk belajar keterampilan baru untuk mengatasi kesulitan mereka. Diagnosis autisme dan pengobatan harus dilakukan sesegera mungkin.

Kapan Anak Harus Periksa ke dokter?

Jika anak dirasa lambat berkembang, segeralah membawanya ke dokter guna pemeriksaan lebih lanjut. Beberapa gejala dapat dilihat dalam 2 tahun pertama. Tanda dan gejala yang menjadi pertimbangan Mum untuk membawa si Kecil ke dokter, antara lain:

  • Tidak merespon saat dipanggil
  • Perkembangan komunikasi lambat
  • Sulit bersikap dan berperilaku atau mengalami beberapa gejala seperti yang sudah disebutkan di atas

Jika Mum memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter. Namun jika memang anak Mum didiagnosa mengidap autisme, jangan patah semangat. Karena anak autis bisa sembuh secara bertahap walaupun tidak dapat sembuh secara total. Mum bisa berikan Friso Gold 3 untuk si Kecil guna memenuhi kebutuhan hariannya. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga nutrisi tetap alami sehingga mudah diserap tubuh si Kecil. Friso akan menjaga membantu si Kecil kuat dari dalam. Pastikan selalu lengkapi nutrisi si kecil dengan Friso Gold 3 ya Mum.

 

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang