Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Kenapa Anak Sering Sakit Kepala?

Kenapa Anak Sering Sakit Kepala?

Ketika anak sering sakit kepala orang tua tentu akan merasa khawatir mengenai latar belakang penyebabnya. Bagi anak kecil, keluhan sakit kepala akan sering terjadi dan merupakan yang kejadian yang cukup umum. Oleh karenanya wajar bila orang tua seringkali merasa tidak yakin kapan waktu untuk bersikap tenang, dan kapan harus khawatir saat anak sering sakit kepala.

Menurut penelitian, anak-anak hingga remaja merasakan sakit kepala setidaknya sekali dalam satu tahun. Sakit kepala pada anak bisa disebabkan oleh hal-hal yang bersifat umum hingga tanda-tanda penyakit akut. Yuk cari tahu lebih lanjut mengenai penyebab anak sering sakit kepala agar orang tua dapat mengambil langkah yang tepat untuk menyikapinya.

Penyebab Anak Sering Sakit Kepala

Sakit kepala pada anak dapat disebabkan oleh berbagai macam masalah. Berikut adalah beberapa penyebab yang paling umum menjadi latar belakang anak sering sakit kepala.

  1. Dehidrasi

    Kurang minum adalah salah satu penyebab paling umum anak sering sakit kepala. Tubuh tidak akan bekerja secara optimal saat anak kekurangan cairan. Hal ini semakin banyak ditemukan terlebih ketika cuaca sedang terik dan anak banyak menghabiskan waktu diluar rumah.

    Saat Mum kecil, kemungkinan Mum akan memperhatikan bahwa orang tua seringkali menyarankan untuk banyak minum saat Mum mengeluh sakit. Hal ini dikarenakan pemenuhan cairan merupakan salah satu faktor paling penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Jika anak sering sakit kepala, cobalah terlebih dahulu untuk memberinya minum yang cukup untuk memastikan anak tidak dehidrasi.

  2. Masalah pada diet

    Tidak hanya terjadi pada anak, orang dewasa yang tidak makan dalam waktu yang cukup lama juga pasti akan merasakan sakit kepala. Melewatkan waktu makan seperti sarapan atau makan siang dapat membuat anak sering sakit kepala. Oleh karenanya penting bagi orang tua untuk memastikan pola makan yang teratur terhadap anak.

    Selain pola makan yang teratur, orang tua juga perlu memastikan terpenuhinya kebutuhan gizi anak. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan pola sajian empat sehat lima sempurna dalam setiap menu makan anak.

  3. Stress

    Stress merupakan hal yang wajar terjadi pada manusia dari anak kecil hingga orang dewasa. Dari waktu ke waktu banyak hal yang dapat membuat kita stress. Jika anak merasa kelelahan saat belajar di sekolah, menghadapi situasi soal yang menantang, atau menghadapi perubahan yang cukup besar kemungkinan akan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan anak sering sakit kepala.

    Oleh karena itu saat anak mengeluh sakit kepala orang tua baiknya juga menanyakan jika ada hal tertentu yang sedang mengganggu mereka. Anak sering sakit kepala tidak hanya disebabkan oleh faktor kesehatan fisik namun juga dapat disebabkan oleh faktor kesehatan mental.

  4. Kurang tidur

    Anak kecil membutuhkan waktu tidur 10 hingga 12 jam setiap harinya. Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi dengan baik apalagi secara terus menerus, mereka akan merasakan perubahan dalam tubuh mereka dan membuat anak sering sakit kepala.

  5. Masalah pada penglihatan

    Jika anak sering sakit kepala dan mengeluh bahwa mereka tidak dapat melihat dengan baik, cobalah untuk memeriksakan kesehatan mata anak. Anak sering sakit kepala dapat disebabkan karena pandangan mereka tidak bekerja dengan baik sehingga mereka akan merasa pusing saat melihat benda yang terlalu dekat/jauh atau memperhatikan sesuatu dalam waktu yang cukup lama.

  6. Faktor Genetik

    Anak sering sakit kepala juga bisa disebabkan oleh faktor genetik yang diturunkan oleh orang tua. Jika Mum memiliki riwayat sering merasakan sakit kepala sebelumnya, ada kemungkinan anak juga akan sering merasakan sakit kepala. Dalam hal warisan genetik semacam ini Mum dapat mengkonsultasikannya ke dokter apakah anak sering sakit kepala tersebut perlu mendapatkan penanganan medis.

Macam-Macam Sakit Kepala

Jika anak sering sakit kepala, Mum sebagai orang tua dapat memperhatikan sesering apa keluhan itu terjadi. Terdapat beberapa macam sakit kepala yang kemungkinan memiliki pola-pola sakit tertentu. Setiap tipe sakit kepala perlu mendapatkan penanganan yang berbeda. Oleh karenanya jangan ragu untuk mengkonsultasikannya kepada dokter juga anak sering sakit kepala dirasa terlalu berlebih.

  1. Sakit Kepala Karena Tegang

    Anak sering sakit kepala karena tegang dapat ditandai dengan rasa sakit kepala yang ringan hingga moderat di bagian depan atau kedua bagian sisi kepala. Sakit kepala dikarenakan tegang akan disertai dengan sensasi tertekan atau ketat di bagian kepala secara melingkar. Selain sakit kepala anak juga biasanya akan merasakan sakit di bagian leher dan merasa lelah. Anak sering sakit kepala dikarenakan tegang disebabkan karena merasa stress atau kelelahan.

  2. Migrain

    Anak sering sakit kepala karena migrain dapat ditandai dengan rasa sakit kepala pada kepala di salah satu bagian kepala. Sakit kepala migrain dirasakan anak entah bagian kanan, atau bagian kiri kepala. Saat migrain anak biasanya juga akan memiliki keluhan perubahan pandangan yang menjadi kabur, garis terlihat melengkung, atau sinar cahaya terlihat silau.

  3. Sakit kepala karena pilek

    Sakit kepala karena pilek ditandai dengan rasa sakit dan tekanan di atas sinus, belakang mata, dan tulang pipi. Sakit kepala ini juga sering membuat bagian di atas alis terasa tegang. Sakit bisa dirasakan di satu atau kedua bagian wajah/kepala. Tentunya sakit kepala ini akan disertai dengan tersumbatnya saluran hidung si anak.

  4. Sakit kepala karena penggunaan obat berlebihan

    Penggunaan obat yang berlebihan dapat memberikan efek samping. Salah satu efek samping yang cukup umum adalah rasa sakit kepala. Sakit kepala karena penggunaan obat yang berlebih ditandai dengan rasa sakit di bagian belakang mata dan bergerak ke depan kepala, atau nyeri tumpul di sekitar dahi. Sakit kepala ini biasa dirasakan setelah efek obat pereda sakit mulai memudar. Sakit kepala ini juga dapat dikarenakan konsumsi kafein dalam soda atau minuman energi yang berlebihan.

  5. Sakit kepala setelah cedera

    Setelah cedera anak juga kemungkinan akan merasa sakit kepala. Sakit kepala ini ditandai oleh rasa sakit seperti tekanan di bagian dalam kepala, pusing, mual, hingga menurunya pandangan dan ketidakstabilan mood.

Jika anak sering sakit kepala, segera berikan perawatan yang sesuai dan jangan memperlakukannya secara berlebihan. Jika sakit kepala terasa ringan, orang tua bisa memberikan minum dan makanan yang bernutrisi untuk kembali memulihkan kebugaran anak. Istirahat yang cukup juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit kepala anak.

Bagi rasa sakit kepala yang terasa lebih menengah dan lama, orang tua dapat membantu menghilangkan rasa sakitnya dengan obat penenang/pereda sakit yang ditujukan secara khusus untuk anak-anak. Jika rasa sakit kepala pada anak dirasakan secara berulang kali dalam waktu yang cukup lama, apalagi belum sembuh sampai 15 hari kedepan, maka sebaiknya orang tua mengkonsultasikannya secara langsung kepada dokter.

Untuk membantu mencegah anak sering sakit kepala, Mums dapat memberikan susu Friso Gold 4 kepada anak. Susu Friso Gold 4 memiliki nutrisi yang lengkap, serta teknologi Locknutri menjaga kualitas nutrisi susu tetap dalam keadaan alami sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang