Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Menyembuhkan anak sakit kepala dengan apa?

Menyembuhkan anak sakit kepala dengan apa?

Sekitar 40 persen anak hingga usia 7 tahun pernah mengalami sakit kepala. Nyeri pada bagian kepala ini biasanya gejala dari penyakit ringan seperti pilek, sakit gigi, atau infeksi pada bagian tubuh tertentu. Anak sakit kepala bisa jadi karena kelelahan, dehidrasi, atau bahkan benturan di area kepala. Namun Para orang tua juga harus waspada karena rasa sakit pada bagian kepala bisa jadi tanda tumor otak atau meningitis. Tentunya penyakit berat ini juga disertai  dengan gejala lainnya tak hanya sakit kepala saja. Para orang tua tentu bertanya menyembuhkan anak sakit kepala. Karena bisa dibilang anak-anak sangat sulit menceritakan rasa sakitnya sehingga penanganan yang efektif tak pernah diupayakan.

Apa saja yang membuat anak sakit kepala?

Ada beberapa faktor pemicu anak sakit kepala dan para orang tua tentunya harus mengenali tanda-tanda ini mulai dari apa yang anak lakukan sebelumnya sehingga diagnosis dan penanganan secara mandiri bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. Berikut ini beberapa sakit kepala yang terjadi pada anak yang bisa dikenali oleh para orang tua.

Migrain

Migrain merupakan sakit kepala turun temurun di keluarga dan pada anak, biasanya terjadi pada usia 5 hingga 8 tahun. Sakit kepala ini terjadi pada satu sisi kepala dan semakin memburuk saat melakukan aktifitas fisik. Jika anak sakit kepala karena migrain, kulit akan terlihat pucat, penglihatan kabur, nafsu makan bertambah atau berkurang sama sekali, dan kadang disertai dengan demam dan muntah. Pada kondisi tertentu, anak akan sensitif pada cahaya dan mendapatkan gambaran garis bergelombang pada penglihatannya.

Otot tegang

Sakit kepala yang terjadi karena otot tegang, biasanya dirasakan seperti ikatan ketat di sekitar kepala. Rasa sakitnya juga tidak terlalu tajam dan masih bisa ditahan oleh anak meskipun terlihat mengganggu aktifitas. Anak sakit kepala karena otot tegang ini dipicu oleh stress dan rasa cemas yang berlebihan. Namun sakit kepala ini bisa hilang ketika anak bermain atau merasakan rileks.

Meningitis

Sepertinya Meningitis adalah penyakit yang paling ditakuti saat anak sakit kepala. Penyakit ini terjadi karena peradangan pada membrane menutupi otak dan cairan spinal menekan otak dan mengurangi cairan spinal. Tapi penyakit ini juga disertai dengan gejala lainnya seperti demam, mual, sensitif pada cahaya, dan sering mengantuk.

Tumor otak

Salah satu penyakit yang dipicu oleh sakit kepala adalah tumor. Meski terjadi 1 kasus untuk setiap 40.000 anak sakit kepala, tentu tindak lanjutnya harus dengan penanganan medis. Biasanya sakit kepala ini terjadi di awal pagi dan membuatnya terbangun dari tidur.

Chronic Daily Headache

Istilah sakit kepala ini sangat jarang didengar oleh masyarakat umum namun menjadi salah satu sakit kepala yang sering terjadi. Chronic Daily Headache atau CDH ini adalah istilah sakit kepala karena migrain atau otot menegang yang terjadi lebih dari 15 hari dalam sebulan hingga 3 bulan. Anak sakit kepala jenis ini disebabkan oleh infeksi, sering minum obat pereda sakit, atau bahkan cedera kepala ringan akibat benturan.

Yang harus dilakukan saat anak sakit kepala

Meski ada banyak jenis sakit kepala dan pemicunya, biasanya anak sakit kepala karena otot tegang dan migrain. Hal ini merupakan gejala ringan dari sakit lainnya seperti demam, pilek, infeksi telinga tengah, bahkan sinusitis. Untuk sakit kepala ringan ini, Mum masih bisa merawat secara mandiri dan melakukan pencegahan agar anak sakit kepala tidak kambuh beberapa waktu mendatang. Berikut ini beberapa hal yang bisa Mum lakukan untuk menyembuhkan anak sakit kepala.

1. Minum banyak air

Jika sakit kepala pada anak diikuti dengan demam, maka solusi paling tepat adalah memberikan minum sebanyak mungkin. Pada saat demam, tubuh menjadi dehidrasi dan anak harus minum lebih banyak air putih dari biasanya agar panas reda dan sakit kepala hilang. Tak haru selalu air putih, Mum bisa memberikan makanan berkuah seperti jus, sup, atau susu.

2. Makan tepat waktu

Bisa jadi anak sakit kepala karena telat makan atau bahkan melewatkan waktu makan harian. Selain mengatur jam makan, asupan gizi yang tidak seimbang juga bisa menyebabkan anak sakit kepala. Hindari makan-makanan dengan micin karena bisa memicu sakit kepala dan terjadi berulang-ulang. Atur gizi seimbang dengan menambahkan buah dan sayur setiap hari.

3. Berendam air hangat

Saat anak sakit kepala, cara yang cukup efektif untuk meredakannya adalah berendam di air hangat. Melakukan kompres handuk hangat di bagian kening juga bisa meredakan anak sakit kepala. Suasana rileks karena berendam di air hangat bisa mengendurkan otot yang tegang.

4. Tidur cukup

Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga akan merasakan pusing saat waktu tidurnya tidak terpenuhi. Pastikan anak mendapatkan tidur yang cukup karena kurang tidur menjadi salah satu pemicu sakit kepala. Perhatikan juga aktivitas fisik di luar ruangan agar anak tidak terlalu lelah dan menghindari paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Apalagi jika anak tidak terbiasa berada di luar ruangan dalam waktu lama. Selain waktu tidur yang cukup, pastikan anak merasa nyaman dan nyenyak karena sering terbangun di malam hari juga akan mempengaruhi kualitas tidur dan juga pertanda gangguan tidur yang harus dibenahi.

Kapan perlu penanganan dokter?

Penanganan mandiri yang tepat tentu sudah bisa menyembuhkan anak sakit kepala. Namun tentu jika masih belum reda, penanganan medis sangat diperlukan untuk mengantisipasi gejala yang lebih membahayakan. Jadi kapan sebenarnya anak sakit kepala dibawa ke dokter?

Sebelum para orang tua panik karena penanganan mandiri tidak membuahkan hasil, Mum perlu memperhatikan beberapa gejala lanjutan dari sakit kepala anak untuk ditindaklanjuti oleh dokter.  Beberapa gejala lain yang diikuti oleh sakit kepala pada anak yang perlu diwaspadai adalah:

  • Penglihatan memburuk, tentu ini butuh kerjasama dengan anak untuk memberitahukan perihal penglihatannya.
  • Muntah, bisa diobservasi secara visual berapa kali muntah dalam sehari saat anak mengeluhkan sakit kepala.
  • Otot dan sendi melemah, bisa dilihat bagaimana anak beraktifitas seperti jalan ata mengangkat tangan.
  • Sakit kepala terjadi di bagian belakang kepala, bisa jadi terjadi hal serius pada otak bagian belakang karena sakit kepala ringan terjadi di kepala bagian depan.
  • Sulit tidur, bisa dilihat bagaimana kondisi tidur anak di malam hari jika tidak nyenyak dan sering terbangun bisa jadi penanganan lebih lanjut sangat dibutuhkan.

Observasi lebih lanjut yang dilakukan dokter akan lebih akurat jika dibantu dengan informasi dari anak dan juga orang tua yang merawat untuk memahami gejala dan penyakit yang menyebabkan anak sakit kepala. Biasanya pemberian resep obat yang tepat sudah cukup membantu dalam menyembuhkan anak sakit kepala jika tidak ada gejala yang lebih serius.

Selain itu jaga kesehatan serta imunitas anak dengan memberikan nutrisi terbaik. Salah satunya dengan memberikan Friso Gold 4 untuk si Kecil. Friso Gold 4 yang dilengkapi dengan teknologi Locknutri menjaga kualitas alami susu tetap terjaga, sehingga mudah dicerna oleh si Kecil dan membantunya selalu kuat dari dalam!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang