Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Pemicu anak rewel di tengah malam

Pemicu anak rewel di tengah malam

Dambaan setiap orang tua mendapati anaknya tidur dengan nyenyak dan tenang setiap malam. Namun kadang kala anak bisa terbangun di malam hari. Tidak hanya sekedar bangun, tapi juga anak rewel tengah malam yang membuat seisi rumah panik dan gelisah. Jam tidur terganggu dan tentu saja semua merasa tidak nyaman. Kondisi ini ternyata kerap terjadi pada anak dan merupakan salah satu gangguan tidur. Meski sudah berada di kamar dan kasur yang nyaman, ternyata alam bawah sadar anak menjadi terganggu sehingga anak rewel tengah malam. Bagi orang tua yang sering mengalami kasus ini, tentu mencari pemicu anak rewel di tengah malam bisa membuat solusi efektif untuk kedepannya.

Penyebab anak rewel tengah malam

Pada usia balita, anak rewel tengah malam mungkin disebabkan oleh popok yang basah atau haus sehingga membutuhkan perhatian dari ibunya untuk merasa nyaman kembali. Namun pada usia yang lebih dewasa, anak rewel tengah malam dipicu oleh beberapa hal seperti:

  1. Kelelahan

    Jangan dikira anak kelelahan setelah beraktivitas seharian akan membuat tidurnya semakin nyenyak. Justru kekacauan akan terjadi karena tidurnya lebih cepat dan akan terbangun di malam hari karena merasa lelah tak biasa. Ini bisa terjadi jika anak yang terbiasa tidur siang melewatkan jam tidur siang, atau aktifitas fisik yang tak pernah dilakukan sebelumnya. Alam bawah sadar akan memberontak tentang rasa lelah yang dialami di hari itu. Sangking lelahnya, anak akan terbangun dan menangis. Anak rewel tengah malam disertai menangis karena kelelahan tidak bisa dikendalikan. Peluk dan damping anak kembali tidur hingga terlelap.

  2. Mengalami perubahan dalam hidup

    Anak-anak membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Jika selama ini tidurnya sangat nyenyak namun berubah menjadi horor di tengah malam, bisa jadi ada hal-hal baru yang dirasakan. Hal baru tersebut bisa jadi pindah rumah, mengalami sesuatu hal yang baru seperti mulai tidur sendiri, ditinggal ibu bekerja, pengasuh baru, atau bahkan suasana dekorasi kamar yang baru. Rasa kaget dengan perubahan dalam hidup terbawa hingga alam bawa sadarnya sehingga membuat anak rewel tengah malam. Jika rencana perubahan ini telah disepakati jauh-jauh hari, tak ada salahnya bagi orang tua untuk mengajak anak berdialog dan mempersiapkan perubahan tersebut. Orang tua juga bisa mendampingi anak sebelum tidur untuk mendapatkan waktu berkualitas dan memastikan bahwa semua perubahan ini akan baik-baik saja kedepannya.

  3. Mimpi buruk

    Semakin anak bertambah usia, maka imajinasi dalam pikirannya juga semakin berkembang. Banyak hal-hal yang dulu tidak dipikirkan, kini menjadi ketakutan dan imajinasi sebelum tidur. Tak heran jika mimpi buruk mulai sering terjadi. Mulai dari tontonan di televisi, atau cerita-cerita seram yang didengar dari teman-temannya. Mengalami mimpi buruk membuat anak rewel tengah malam karena ketakutan dan tidak tahu tentang apa yang baru saja dialaminya.

  4. Lapar

    Percaya atau tidak, tidur dalam keadaan lapar akan membuat tidur tidak nyenyak. Ini yang membuat anak rewel tengah malam. Rasa lapar yang mengganggu tidur membuat kondisi tidak nyaman apalagi itu bukanlah waktu makan. Jika anak sudah bisa mengutarakan perasaannya, maka orang tua bisa memberikan buah atau makanan ringan untuk menghilangkan rasa lapar. Bisa juga dengan minum air putih atau susu.

  5. Kurang sehat

    Kondisi tubuh yang kurang sehat juga bisa menjadi salah satu pemicu anak rewel tengah malam. Beberapa hal yang membuat anak rewel tengah malam karena kondisi tubuh yang tidak nyaman seperti tumbuh gigi, batuk, perut kembung, atau suhu ruangan yang panas. Orang tua harus bijak dan teliti dalam melihat gejala-gejala jika anak merasa kurang nyaman terhadap tubuhnya atau kondisi di sekitarnya untuk memberikan solusi agar anak bisa tidur nyenyak kembali.

Mencegah anak rewel tengah malam

Jika anak rewel tengah malam terjadi sekali dua kali, mungkin orang tua bisa memakluminya. Namun jika kondisi ini menjadi kebiasaan dan mengganggu aktivitas seluruh anggota keluarga, maka perlu dilakukan pencegahan agar anak rewel tengah malam bisa diatasi. Beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk menghadapi anak rewel tengah malam seperti:

  1. Jangan membangunkan anak

    Anak rewel tengah malam memiliki waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10-15 menit. Mum tidak perlu membangunkan anak untuk membuatnya tenang karena bisa jadi jika dibangunkan, anak akan sulit tidur kembali. Perhatikan apa yang terjadi dengan anak sesuai dengan beberapa kondisi di atas. Jika anak rewel karena mimpi buruk, biasanya akan tidur kembali. Tapi jika kondisi lapar atau suhu udara panas, Mum bisa langsung mengambil solusi akan hal tersebut.

  2. Tidur cepat

    Jika anak terlambat tidur, maka hal ini akan semakin berpotensi untuk rewel di tengah malam. Sebaiknya tegas terhadap jam tidur anak karena tidur terlalu malam akan membuat tubuh kelelahan dan merasa tidak nyaman. Tidur tepat waktu akan membuat kondisi anak siap secara psikologis beristirahat. Ajak anak ke kamar dan lakukan aktifitas di ranjang untuk menstimulasi anak merasa mengantuk dan tidur. Tidur terlalu malam akan membuat anak rewel tengah malam.

  3. Hindarkan layar gawai

    Tak sedikit orang tua yang memberikan gawai pada anak di malam hari sebelum tidur. Ini adalah salah satu pemicu anak rewel tengah malam. Lebih baik hindari gawai di malam hari sebelum jam tidur agar anak merasa mengantuk. Ditambah lagi tontonan di gawai dan paparan radiasi layar akan mempengaruhi mood anak untuk bisa tidur nyenyak.

  4. 4.Pillow talk

    Memberikan rasa nyaman sebelum jam tidur bisa mengurangi rewel dan terbangun di malam hari. Mum bisa melakukan pillow talk atau berbincang di ranjang sebelum tidur. Aktivitas ini bisa membuat anak merasa nyaman dan aman, serta merasa dicintai oleh orang tuanya. Ceritakan hal-hal seputar kegiatan dan pengalaman sepanjang hari, atau membacakan buku cerita untuk mengantarkan anak menuju alam bawah sadarnya.

  5. Tidur dengan anak

    Anak yang mengalam rewel tengah malam biasanya sudah tidur sendiri dan berpisah dari ranjang orang tua. Sesekali orang tua bisa ikut tidur bersama di ranjang anak atau anak berada di ranjang orang tua. Saat momen tidur bersama ini, berikan pemahaman bahwa tidak ada yang perlu ditakuti saat malam sehingga anak akan merasa nyaman dan kebiasaan anak rewel tengah malam perlahan akan hilang.

Efek negatif yang terjadi saat anak rewel tengah malam

Meski terlihat sederhana, tapi anak rewel tengah malam terus menerus akan menimbulkan efek negatif. Tidak hanya masalah pada anak, tapi juga masalah terhadap orang tua. Beberapa efek negatif akan muncul jika kondisi ini tidak segera diatasi.

  • Penurunan jam tidur dan kualitas tidur buruk
  • Jadi sering mengantuk di siang hari
  • Kesehatan menurun
  • Psikologis terganggu

Ada baiknya kondisi ini harus segera diatasi untuk menghindari efek negatif yang mungkin dialami oleh anak dan juga orang tua. Berkonsultasi dengan dokter tentang perilaku anak rewel tengah malam yang mungkin terjadi karena trauma atau kondisi internal lainnya.

Dan jangan lupa untuk selalu memberikan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan anak seperti Friso Gold 4 yang dilengkapi dengan teknologi Locknutri yang mampu menjaga kualitas nutrisi dalam susu, sehingga mudah dicerna oleh si Kecil dan mampu memaksimalkan potensi pertumbuhan dan membuatnya kuat dari dalam. Anak yang sehat dan kuat tidak akan mudah rewel dan relatif mudah ditenangkan. Semangat, Mum!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang